Comscore Tracker

5 Produk Perbankan Paling Populer Selain Tabungan, Apa Saja? 

Ada kredit sampai online banking

Jakarta, IDN Times - Bank menjadi salah satu lembaga keuangan yang paling banyak digunakan masyarakat. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2021, tercatat ada sebanyak 107 bank dan 32.531 kantor bank di Indonesia.

Data tersebut menunjukkan besarnya minat dan kebutuhan masyarakat akan lembaga keuangan tersebut. Meski begitu, kebanyakan masyarakat hanya mengetahui tabungan sebagai produk yang dimiliki bank.

Padahal selain tabungan, ada beberapa produk lain yang dikeluarkan bank. Berikut daftar produk perbankan yang dilansir dari CINB Niaga.

Baca Juga: Perbankan Sambut Baik Konten YouTube Jadi Jaminan, tapi Ada Catatannya

1. Tabungan

5 Produk Perbankan Paling Populer Selain Tabungan, Apa Saja? Ilustrasi tabungan/sahabatpegadaian.com

Produk pertama merupakan produk yang paling umum dan banyak digunakan nasabah bank, yaitu tabungan. Tabungan menawarkan tempat yang aman bagi masyarakat untuk menyimpan uang. Selain itu, ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan, salah satunya fitur penarikan atau pengiriman uang.

Setiap dana yang disimpan di bank mendapatkan jaminan dari pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Dengan begitu, uang kamu tetap aman sekalipun bank mengalami masalah.

Secara umum, ada beberapa jenis tabungan, seperti tabungan haji, tabungan berencana, serta tabungan berjangka. Ketika kamu menggunakan tabungan, kamu akan mendapatkan kelengkapan berupa buku tabungan, kartu ATM, dan e-statement.

2. Kredit

5 Produk Perbankan Paling Populer Selain Tabungan, Apa Saja? Ilustrasi credit (IDN Times/Arief Rahmat)

Kredit adalah jenis produk perbankan yang merupakan salah satu dari tiga fungsi bank, yaitu memastikan dapat membantu masyarakat. Melalui produk ini, bank dapat membantu individu atau badan usaha untuk bisa membeli suatu barang dan membayarnya dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu, kredit juga memiliki manfaat dalam mendorong pertumbuhan dan perluasan ekonomi, mengurangi tingkat pengangguran, meningkatkan pendapatan masyarakat, menjadi modal usaha dan sumber dana pengembangan usaha, sekaligus memberikan rasa aman bagi penggunanya.

Baca Juga: Cara Daftar Jadi Nasabah Bank Jago, Super Gampang! 

3. Deposito

5 Produk Perbankan Paling Populer Selain Tabungan, Apa Saja? Pexels.com/Monstera

Produk perbankan selanjutnya adalah deposito. Produk ini juga menjadi salah satu produk perbankan yang umum digunakan masyarakat. Mirip seperti tabungan, deposito memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan uang.

Namun, produk perbankan ini memiliki tenggat waktu tertentu sebelum dana yang telah disalurkan ke dalam deposito diambil kembali. Jika kamu mengambil dana di luar tenggat waktu yang telah ditentukan, maka bisa-bisa kamu terkena penalti.

Secara umum, dana yang tersimpan dalam deposito berkisar dari 1 hingga 12 bulan.

4. Giro

5 Produk Perbankan Paling Populer Selain Tabungan, Apa Saja? Ilustrasi Giro (IDN Times/istimewa)

Sedikit berbeda dari produk tabungan lainnya, giro biasanya lebih banyak digunakan oleh badan usaha daripada individu. Produk tabungan satu ini hanya bisa dicairkan menggunakan cek atau bilyet yang dikeluarkan oleh pihak bank, sesuai dengan persetujuan dari pemilik rekening giro.

Sistem ini sebenarnya sangat praktis karena kamu hanya perlu membawa selembar cek saja dan tidak perlu membawa banyak uang. Selain itu, tidak ada limit tertentu dalam jumlah penarikan.

5. Layanan jasa

5 Produk Perbankan Paling Populer Selain Tabungan, Apa Saja? unsplash/Austin Distel

Di samping empat produk di atas, bank juga memiliki berbagai layanan jasa keuangan, salah satunya online banking. Online banking merupakan salah satu layanan jasa perbankan yang memberikan kemudahan untuk bertransaksi serta mengelola finansial nasabah di mana saja dan kapan saja.

Lewat online banking, nasabah bisa melakukan berbagai jenis transaksi, seperti transfer online, membayar tagihan, hingga membeli pulsa. Ada 3 jenis online banking di Indonesia, yaitu SMS banking, internet banking, dan mobile banking melalui aplikasi.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya