Comscore Tracker

Budget: Pengertian dan Tujuannya

Budget adalah bagian penting dalam anggaran

Jakarta, IDN Times - Semua orang pasti sudah mengetahui apa itu budget, terlebih ketika ingin melakukan pembelian sebuah barang membutuhkan hal tersebut. Budgeting inilah salah satu cara membuat anggaran guna menjalankan bisnis sehingga pengeluaran dapat ditekan untuk kebutuhan yang tidak penting.

Budget itu merupakan persiapan anggaran dana untuk pengeluaran suatu hal. Nantinya pembelian atau biaya pengeluaran harus menyesuaikan dengan anggaran yang telah ditentukan tersebut.

1. Pengertian budget

Budget: Pengertian dan TujuannyaUnsplash.com/Joel Muniz

Budgeting merupakan dana yang telah disiapkan untuk menjadi biaya pengeluaran pada periode kedepan. Sehingga banyak perusahaan yang menekan kebutuhan dalam periode selanjutnya agar budget yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi.

Budgeting bisa dikatakan sebagai planning ketika ingin melakukan pembelian atau perjalanan. Dari situlah pasti membutuhkan biaya yang akan digunakan untuk membeli produk atau ketika perjalanan berarti harus menyiapkan transportasi dan akomodasinya.

2. Tujuan budgeting

Budget: Pengertian dan TujuannyaUnsplash

Setelah mengetahui apa itu budget, kita juga perlu memahami tujuan dibuatkannya anggaran tersebut. Pelaku bisnis pasti tidak melupakan budgeting pada setiap langkah terutama ketika mengeluarkan dana. Berikut tujuan penyusunan budgeting dalam menjalankan bisnis:

  1. Membantu setiap perusahaan untuk memberi batas dari dana yang akan dikeluarkan.
  2. Sebagai landasan yuridis formal guna menentukan dari mana sumbernya dana hingga investasinya.
  3. Membantu dalam memanajemen dalam mengawasi pergerakan rincian sumber dana serta investasi ke dalam anggaran.
  4. Membuat rasional sumber ataupun investasi dana pelaku bisnis.
  5. Bisa berguna untuk memperbaiki rencana yang telah dibuat.
  6. Memanajemen serta analisis pembuatan keputusan pada aktivitas operasionalnya bisnis.

3.Manfaat penerapan apa itu budget bagi perusahaan

Budget: Pengertian dan TujuannyaUnsplash/McCutcheon

Budgeting tidak hanya diterapkan pada perusahaan besar saja, namun perusahaan kecil juga membutuhkan budgeting dalam menjalankan operasionalnya. Penerapan penggunaan budgeting mempunyai manfaat guna memberikan pengaruh pada profitnya perusahaan.

Setelah semuanya mengetahui tujuannya perusahaan hingga budgeting maka akan mengetahui progresnya. Kelebihan akan mulai muncul dan terlihat ketika menerapkan budgeting dalam setiap periodenya.

4. Kelebihan anggaran menggunakan budgeting

Budget: Pengertian dan Tujuannyapexels.com

Budgeting ini merupakan langkah awal guna melakukan pekerjaan dalam kurun periode tertentu. Hal itu dijadikan sebagai acuan atau pedomannya terhadap pengeluaran biaya yang dibutuhkan.

Sehingga pihak pembuat anggaran ini mengetahui setiap langkah yang perlu dilakukan kedepannya. Adanya pedoman atau dasar yang telah dibuat dapat membawa dampak positif pada target, biaya pengeluaran hingga profitnya perusahaan.

Baca Juga: IDN Creator Network: Irit Budget, Hyperlocal Influencer Optimalkan ROI

5. Implementasi budgeting

Budget: Pengertian dan Tujuannya

Langkah selanjutnya dari mengenal apa itu budgeting hingga kelebihan yang bisa didapatkan. Maka kemudian perlu mempersiapkan tim guna melakukan penyusunan anggaran tersebut.

Pada perusahaan perlunya membentuk tim dari finance yang berguna sebagai pengawas keuangan di perusahaan serta memberikan saran pada setiap departemennya. Kepala departemen guna memberi data terkait dana anggaran yang kemungkinan besar akan dibutuhkan pada periode kedepan.

Baca Juga: Aturan Budget Cap Buka Peluang Alpine Suguhkan Kejutan di F1 2022

6.Karakteristik budgeting

Budget: Pengertian dan TujuannyaPexels/Breakingpic

Di dalam budgeting terdapat karakteristik yang dapat diaplikasikan ketika membuat rencana setiap periode. Sehingga keuangan bisa dikelola sebagaimana mestinya sesuai kebutuhan penting pada perusahaan. Inilah karakteristik budgeting yang sangat penting:

Budgeting Sifatnya Realistis
Realistis yang dimaksud bahwa budget menyesuaikan dengan kondisi sumber keuangannya perusahaan. Pembuat anggaran tidak memberikan kesengajaan dalam melebihkan budget guna mendapat ekspektasi lebih tinggi, padahal jika dilihat laporannya begitu rancu.

Budgeting Harus Fleksibel
Budget yang di anggar harus bisa bisa menyesuaikan kondisinya kala itu. Seperti halnya jika ada kenaikan dalam tagihan listrik ataupun air maka budget harus bisa dilakukan perubahan.

Namun sebelum merubah budget-nya itu, cek dan selidiki dulu setiap biaya yang dikeluarkan. Sehingga periode kedepan tidak terjadi tumpang tindih yang menyebabkan permasalahan.

Apa Itu Budget Bersifat Continued?
Dalam memperhatikan budget tidak hanya saat membuat anggaran guna satu periode saja. Namun hal itu juga harus diperhatikan lebih secara berkala untuk memastikan biaya dipergunakan pada kebutuhannya.

Sehingga tidak terjadi penyimpangan dalam memanfaatkan biaya dari anggaran yang ditentukan. Bukti dan hal yang terkaitnya harus sesuai dengan perkiraan awal serta laporan akhirnya.

Budgeting Perlu diKomunikasikan
Meskipun dalam budgeting membutuhkan angka, namun juga tidak bisa lepas oleh komunikasi. Komunikasi inilah kunci paling utama untuk bisa mensukseskan anggaran yang dibuat di dalam perusahaan.

Apabila terjadi kendala yang tidak dapat diatasinya sendiri terkait budget, maka perlunya pihak tersebut langsung mengkomunikasikan. Sehingga jika terjadi fraud serta setiap departemen tidak melakukan kesalahan dalam memanfaatkan anggaran.

Mendorong Partisipasi Semua Pihak
Semua pekerja di perusahaan harus turut berpartisipasi dalam membuat susunan budgeting, sehingga bisa memperoleh saran serta partisipan akan merasa terlibat. Hal itu bisa menambah semangat kerja para karyawan karena mempunyai rasa memiliki di dalam dirinya.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Uji Coba Sistem Global Budget di Rumah Sakit Klungkung

7. Penutup

Itulah tadi informasi mengenai apa itu budget di dalam operasional perusahaan. Bahwa budgeting mempunyai banyak manfaat dalam menjalankan bisnis dan meningkatkan profit.

Topic:

  • Kiki Amalia
  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya