Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Menabung dari Sekarang, agar Bisa Senang-senang!

Hidupmu jadi aman, damai, dan senang

Saat mendapat gaji, pasti inginnya langsung belanja dan dibelikan berbagai keperluan serta keinginan. Untuk menyisihkannya, rasa-rasanya berat sekali.

Padahal, menabung ini sangatlah penting demi masa depan yang aman dan nyaman. Ada beberapa alasan kenapa kamu harus mulai menabung dari sekarang. Apa saja?

1. Persiapan ketika ada kejadian tak terduga

5 Alasan Kamu Harus Menabung dari Sekarang, agar Bisa Senang-senang!ilustrasi bengkel motor (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ada banyak kejadian tak terduga, yang di luar rencana, dan jika kamu gak mempersiapkan dengan baik, bisa bikin hidup jadi susah. Di sinilah pentingnya menabung, untuk mengantisipasi hal tak terduga yang mungkin terjadi sewaktu-waktu.

Misalnya saja, motor rusak. Padahal, motor ini kamu gunakan tiap hari untuk pulang pergi kantor. Kalau kamu gak punya tabungan, pasti repot, dan akhirnya harus pinjam sana-sini. Gak mau, kan?

2. Bisa bertahan hidup di situasi sulit

5 Alasan Kamu Harus Menabung dari Sekarang, agar Bisa Senang-senang!ilustrasi wanita di balik pagar besi (pexels.com/Ivan Oboleninov)

Mau kamu karyawan atau pengusaha, tetap saja menabung wajib kamu biasakan. Hal ini untuk memastikan bahwa tersedia dana darurat untuk memastikan kamu bisa bertahan hidup ketika tidak bekerja, atau pendapatan dari bisnis turun drastis.

Kamu bisa mengambil hikmah dari kejadian pandemi saat ini. Yang sudah mempersiapkan tabungan saja, masih kembang-kempis, mengingat pandemik yang ternyata berlangsung lama.

Apalagi yang gak punya tabungan sama sekali. Ketika tiba-tiba kena PHK, atau bisnis gulung tikar, pusing kepala dan menyesal, kenapa dulu gak mempersiapkan tabungan, ya!

Baca Juga: 5 Alasan yang Membuat Seseorang Sulit Sekali untuk Menabung, Apa Saja?

3. Hidup jadi lebih tenang

5 Alasan Kamu Harus Menabung dari Sekarang, agar Bisa Senang-senang!ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Los Muertos Crew)

Salah satu alasan kenapa kamu harus mulai menabung dari sekarang, agar hidupmu jadi lebih tenang. Meskipun kamu harus berhemat, dan menahan godaan dari belanja ini-itu, tapi semua itu harga dari sebuah kedamaian.

Ketika ada kondisi mendesak yang membutuhkan uang tidak sedikit, kamu sudah siap. Kamu gak sampai harus meminjam dengan bunga tinggi segala, saking butuh uang. Hidup jadi bebas hutang.

4. Bisa senang-senang

5 Alasan Kamu Harus Menabung dari Sekarang, agar Bisa Senang-senang!ilustrasi jalan-jalan (pexels.com/Artem Beliaikin)

Selain bertujuan menyiapkan dana darurat, jenis tabungan lain yang juga perlu kamu siapkan, adalah untuk rekreasi atau senang-senang. Untuk tujuan leisure seperti ini, sebaiknya jangan disatukan dengan tabungan dana darurat, karena peruntukkannya beda.

Hampir tiap hari kerja, pasti ingin dong, bisa kayak orang-orang, pergi jalan-jalan ke tempat yang jauh sekalian, misalnya ke luar negeri. Dan itu butuh dana gak sedikit. Sehingga, kamu butuh menabung dulu agar bisa melakukannya.

Untuk tujuan rekreasi seperti ini, hindari membayar dengan kredit, ya. Supaya senang-senangmu gak berakhir dengan kepala cenat-cenut akibat tiap bulan memikirkan cicilan. Sabar dan santai aja. Asal konsisten, nanti bakal terkumpul juga, kok, buat kamu pelesiran.

5. Bisa punya rumah sendiri

5 Alasan Kamu Harus Menabung dari Sekarang, agar Bisa Senang-senang!ilustrasi orangtua (pexels.com/cottonbro)

Bayangin, deh, usia masih muda, tapi kamu sudah punya rumah sendiri. Gak cuma bikin dirimu bangga, tapi juga orangtua. Wajah mereka pasti semringah sekali melihat anak mereka sudah mapan.

Supaya tujuan memiliki rumah sendiri bisa segera tercapai, makanya, jangan boros-boros. Atur keuanganmu, dan disiplin sisihkan uang gajian untuk bayar DP rumah. Lumayan, kan, alokasi uang untuk bayar kos bisa dialihkan buat bayar cicilan rumah.

 

Semoga dari uraian tadi, bisa semakin memotivasi kamu untuk memulai kebiasaan baik, yakni menabung, dari sekarang. Banyak banget manfaatnya, lho!

Baca Juga: 7 Cara Jitu Menabung biar Cepat Punya Hunian Idaman!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya