Comscore Tracker

Biar Mapan, Ini 5 Tips Persiapkan Masa Depan Keuangan ala Mahasiswa

Gak mesti nunggu kerja dulu, kok!

Tugas utama mahasiswa adalah belajar dengan rajin agar setelah lulus bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. Tapi, selain belajar secara akademik, waktu bertahun-tahun di bangku kuliah juga harus kamu manfaatkan untuk membangun masa depan keuangan yang mapan. Kalau gak mulai disiapkan dari sekarang, kamu pasti akan sulit dan kerepotan untuk merencanakannya kelak.

Lalu apa saja, sih yang bisa kamu lakukan untuk mulai mempersiapkan masa depan keuanganmu supaya mapan? Let's check it out!

1. Cermat mengelola keuangan pribadi

Biar Mapan, Ini 5 Tips Persiapkan Masa Depan Keuangan ala MahasiswaUnsplash.com/Dan Dimmock

Tips yang pertama adalah mengatur keuangan. Meskipun kamu masih mahasiswa, kamu harus mulai membiasakan diri untuk mengelola keuangan pribadimu, baik dari segi pemasukan maupun pengeluaran. Tujuannya agar jumlah uang yang akan kamu keluarkan gak melebihi budget yang kamu punya.

Nah, dengan begitu, kamu akan terbiasa juga untuk merencanakan keuanganmu dengan baik dan terarah. Percaya deh, kalau kamu udah terbiasa mengelola keuangan pribadimu dengan teratur, kelak kamu juga akan bisa mengelola keuangan yang lingkupnya lebih besar. Karena semua hal besar itu dimulai dari hal yang kecil, lho guys!

2. Bijak menggunakan uang

Biar Mapan, Ini 5 Tips Persiapkan Masa Depan Keuangan ala MahasiswaPexels.com/HutchRock

Selain kebutuhan kampus, mahasiswa juga punya banyak pengeluaran lain, kan? Bahkan, bisa saja gak berhubungan dengan kegiatan akademis, seperti misalnya belanja online, nongkrong, jalan-jalan, dan masih banyak lagi. Kalau semua keinginan itu kamu turuti, uang kamu pasti cepat habis.

Cara yang bisa kamu lakukan agar bijak menggunakan uang adalah dengan membuat skala prioritas untuk masing-masing kebutuhanmu. Utamakan memenuhi kebutuhan akademis lebih dulu, baru keperluan lainnya. Yang penting sesuai dengan porsinya masing-masing, ya!

Baca Juga: 5 Jenis Pekerjaan Freelance untuk Menambah Pundi Keuangan Millennial

3. Hindari perilaku boros

Biar Mapan, Ini 5 Tips Persiapkan Masa Depan Keuangan ala MahasiswaPexels.com/Alexandra Maria

Bisa dibilang, salah satu tantangan hidup di zaman ini adalah pemenuhan gaya hidup. Hal ini juga dialami oleh para mahasiswa. Kalau melihat apa saja yang lagi ngetrend, kita cenderung ingin mengikutinya, kan? Tujuannya pasti gak jauh-jauh dari keinginan untuk tampil hits di social media dan bikin feed instagram keren yang gak kalah dari orang lain.

Mengikuti gaya hidup orang lain gak akan ada habisnya, guys! Justru bisa bikin kamu terbiasa hidup boros. Percaya deh, kalau kamu udah kerja kelak dan punya penghasilan yang stabil, kamu pasti mampu memenuhinya dengan hasil keringatmu sendiri, kok! Tapi selagi kuliah, kamu harus bisa menahannya dulu. Bersikap hemat demi masa depan yang lebih baik, why not?

4. Melakukan kegiatan positif yang bisa menambah penghasilan

Biar Mapan, Ini 5 Tips Persiapkan Masa Depan Keuangan ala MahasiswaUnsplash.com/Thought Catalog

Untuk kamu yang kuliah sambil kerja pastinya udah punya penghasilan sendiri, kan? Tapi untuk kamu yang belum, bisa banget coba tips yang satu ini. Meskipun kamu kerjanya cuma belajar, gak ada salahnya memanfaatkan waktu luangmu untuk kegiatan yang menguntungkan. Gak harus melamar pekerjaan yang formal, kok! Apa saja bisa kamu lakukan, bahkan dari hobby kamu sekalipun. Asalkan tetap fokus dalam studimu, ya!

Berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan misalnya menjadi tutor, menulis artikel, menjadi penerjemah atau bahkan mulai berbisnis. Kegiatan ini pastinya membantu kamu belajar arti kerja keras, berusaha, dan bertanggung jawab.

5. Mulai menabung demi masa depan

Biar Mapan, Ini 5 Tips Persiapkan Masa Depan Keuangan ala Mahasiswabca.co.id

Tips yang satu ini gak boleh diabaikan karena merupakan rangkuman dari tips-tips sebelumnya. Menabung bisa menjadi sarana untuk mengelola dan memantau keuanganmu, bijak menggunakan uang, terhindar dari perilaku boros, dan menjadi tempat untuk menyimpan penghasilanmu, baik pemberian dari orangtua maupun dari usahamu sendiri.

Kegiatan menabung pun kini #DibikinSimpel kalau kamu Buka Tabungan di BCA Mobile, lho! Gak perlu repot-repot, buka tabungan di BCA Mobile Bisa di Mana Saja, bisa di kampus, kost-an, atau di mana pun tanpa harus datang ke bank. Bahkan bisa dilakukan di Tanggal Merah Sekalipun, lho!

Caranya, kamu tinggal download aplikasi BCA Mobile, melakukan pendaftaran menggunakan data diri dan dokumen pribadimu seperti e-KTP, dan melakukan verifikasi data dengan Customer Service Halo BCA melalui video call . Eits, proses verifikasinya juga mudah dan dapat disesuaikan dengan waktumu. Bisa dilakukan setiap hari atau tanggal merah pada jam 06.00 s/d 20.00. Cuma butuh sekitar 5-15 menit saja, kok! Simpel banget, kan?

So, jangan sampai ketinggalan. Yuk #JoinGenerasiSimpel dan #JoinGenerasiSimpelIDN demi masa depan yang lebih baik bersama para millennial dan Gen Z lainnya yang sudah bergabung!

Baca Juga: Millennial, Terapkan 5 Tips Keuangan Ini Agar Kamu Cepat Kaya

Martaria Yohana Photo Community Writer Martaria Yohana

a journey of a thousand miles begins with a single step :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You