Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencatat Pengeluaranmu

Hayo, sudah melakukannya, belum?

Tentu saja setiap hari kamu perlu mengeluarkan uang, bukan? Setidaknya, kamu menggunakan barang atau jasa yang telah kamu beli. Coba cek dompet, rekening, dan dompet virtual kamu, berapa banyak yang kamu keluarkan? Kamu gak akan bisa jawab kalau gak mencatatnya.

Mungkin kamu bertanya, penting gak sih mencatat pengeluaran setiap hari? Kalau kamu adalah orang yang cermat, tentu jawabannya perlu. Meskipun buat berhemat atau gak, mencatat keuangan akan menjadi kebiasaan baik. Cek alasannya kenapa kamu perlu mencatat pengeluaranmu.

1. Biar tahu uangmu lari ke mana

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencatat PengeluaranmuIDN Times/Sukma Shakti

Sebanyak apa pun penghasilan yang kamu punya, kalau kamu gak teliti ke mana, dia lari pasti bakal habis gak bersisa. Kamu perlu mencatatnya setiap hari biar kamu tahu ke mana pengeluaranmu dialokasikan. Untuk membeli apa sajakah? Tujuannya biar kamu gak kaget ketika cek rekening, uangmu berkurang banyak, tapi bingung ke mana larinya.

2. Melatih kedisiplinan

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencatat PengeluaranmuIlustrasi Uang Kas (IDN Times/Arief Rahmat)

Disiplin bisa dimulai dari diri sendiri, bukan? Memang, mencatat pengeluaran akan berat kalau kamu gak terbiasa. Mulai catatlah dari pembelian yang ada notanya atau kamu beli di aplikasi. Kamu bisa memulainya dari pengeluaran yang umum dulu dan kamu ingat. Kalau sudah terbiasa, kamu bisa lanjutkan ke pengeluaran yang lebih detail.

Baca Juga: Menabung Hanya Selalu Jadi Wacana? 5 Tips Ini Bantu Kamu Mewujudkannya

3. Menjadi lebih teliti

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencatat PengeluaranmuIlustrasi Uang, Investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Uang kamu berkurang banyak hanya dalam hitungan minggu aja? Cek lagi catatan pengeluaran kamu. Siapa tahu, ada uang tak terduga yang kamu keluarkan. Dari sini, kamu bisa lebih teliti dan berhati-hati dalam mengeluarkan uang. Kalau gak penting-penting amat, gak perlu dibeli, kan?

4. Mengevaluasi pengeluaran

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencatat PengeluaranmuIlustrasi Uang Pokok (IDN Times/Arief Rahmat)

Di akhir bulan, kamu bisa mengecek di bagian mana uang kamu kebanyakan lari. Kamu bisa beli makanan, beli barang yang gak butuh amat, atau langganan layanan yang bahkan jarang kamu tonton.

Dari sini, kamu bisa mengecek bagian mana yang perlu dihemat, bahkan dihapus dari daftar. Kalau gak gini, kamu gak akan sadar di mana pengeluaran yang gak perlu, tapi harus kamu bayar.

5. Memetakan pengeluaran

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencatat PengeluaranmuIDN Times

Jika mulai mencatatnya, kamu bisa mengalokasikan dana untuk makan, sewa, beli bensin, atau uang asuransi dengan mudah. Kamu bisa mengecek kembali apakah jatah yang kamu siapkan melebihi atau sisa di akhir bulan. Kamu bakal kesulitan jika gak mencatatnya. Jatah yang seharusnya dipakai buat bayar tagihan bisa jadi malah kepotong buat beli snack.

Mencatat pengeluaran akan menjadi hal penting jika kamu mau mengelola keuangan dengan baik. Gak perlu muluk-muluk harus pandai pembukuan, kamu bisa menulisnya manual di buku atau menggunakan aplikasi.

Baca Juga: Menabung dari Sisa Gaji UMP, Begini Caranya

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya