Comscore Tracker

5 Akun YouTube Ini Bikin Kamu Melek Finansial, Biar Cerdas Kelola Dana

Mengelola uang perlu strategi, lho! #IDNTimesBusiness

Berbicara masalah keuangan atau finansial, pasti tidak lepas dari bagaimana cara kita mengelola pemasukan. Kalau selama ini kamu hanya bisa menyimpan uang pemasukanmu dalam tabungan, sudah saatnya kamu melek finansial dan atur keuanganmu lebih baik lagi. Pasalnya, selain menabung kamu juga harus bisa menjamin bahwa uangmu aman dari ancaman inflasi.

Seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak pula informasi tentang cara mengatur keuangan, salah satunya dari video YouTube. Berikut merupakan lima akun YouTube yang bisa membuatmu lebih melek finansial. 

1. Raditya Dika

https://www.youtube.com/embed/cXtSooTp_8o

Jika kamu hanya mengenal Raditya Dika sebagai seorang penulis atau stand up comedian, maka kamu juga harus tahu bahwa dirinya juga sangat tertarik soal finansial. Tak hanya membahas hal-hal lucu, akun YouTube-nya juga kerap mengedukasi jutaan follower untuk melek finansial. 

Mulai dari cara mempersiapkan dana pensiun dini, dana pendidikan anak, cara berinvestasi saham, reksadana dan masih banyak lainnya. Radit juga kerap mengajak kolaborasi para ahli di bidang investasi untuk menjelaskan secara lengkap dengan sangat menarik, lho!

2. Felicia Putri Tjiasaka

https://www.youtube.com/embed/nmCE2J1tcaM

Wanita muda yang satu ini pasti sudah sering kamu lihat jika kamu sering mencari informasi tentang keuangan di YouTube. Dirinya memang memiliki keahlian di bidang keuangan sehingga tak heran jika sejak tiga tahun lalu dirinya kerap mengedukasi para penonton di channel miliknya.

Kamu bisa menemukan informasi terkait berbagai jenis investasi, cara mengelola keuangan dengan gaji UMR, hingga review berbagai macam aplikasi investasi yang sedang booming di masyarakat.

Baca Juga: 7 Aplikasi Investasi Emas, Praktis dan Cocok untuk Pemula

3. RF Channel

https://www.youtube.com/embed/N-FRRBq6Obk

RF Channel merupakan akun miliknya Ryan Filbert, seseorang yang sudah tak asing lagi di kancah persahaman. Namanya sangat dikenal terutama karena dirinya menulis banyak sekali buku seputar investasi dan keuangan yang sering menjadi best seller.

Kebanyakan video miliknya memuat informasi seputar saham, namun ada juga yang membahas masalah cryptocurrency, forex hingga tentang pinjaman online. Bisa mengedukasi para penontonnya, nih!

4. Doddy Bicara Investasi

https://www.youtube.com/embed/V9GGU2bwhz4

Satu lagi channel yang bisa mengedukasi soal finansial adalah dosen yang satu ini. Melalui YouTube, dirinya banyak berbagi dan mengedukasi soal keuangan. Salah satu video dengan jumlah penonton terbanyaknya membahas mengenai keuntungan yang didapatnya selama satu tahun menggunakan salah satu aplikasi investasi.

Doddy juga banyak memberi gambaran bagaimana berinvestasi dengan gaji pas-pasan, cara mengatur portofolio dan masih banyak lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

5. Rivan Kurniawan

https://www.youtube.com/embed/Jnd91VD9tik

Jika kamu sering menonton channel YouTube-nya Raditya Dika pasti sudah sering melihat pria yang satu ini. Pada channel YouTube pribadinya, Rivan banyak membahas berbagai emiten yang sedang hype. Selain banyak mengedukasi dalam bidang investasi saham, Rivan juga kerap memberikan tips seputar bebas finansial, juga tentang dunia investasi agar kamu tidak terjebak dalam investasi bodong. 

Harus selalu diingat bahwa mengelola keuangan dibutuhkan pengetahuan dan tak boleh asal ikut-ikutan. Oleh karena itu, perbanyak membaca dan mencari infomasi sendiri seperti dengan mengikuti beberapa akun YouTube di atas, ya. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Buku Investasi Saham, Bahasanya Ringan buat Pemula

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya