Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Menyiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkin

Demi hari tua bebas beban finansial

Dana pensiun biasanya menjadi salah satu tujuan keuangan yang luput dari tujuan finansial. Padahal, keberadaannya sangat penting dalam perjalanan karir seseorang.

Semakin cepat dana pensiun disiapkan, maka kemungkinan kamu bisa pensiun dini akan semakin cepat pula. Menarik bukan? Berikut ini merupakan lima alasan penting kenapa dana pensiunmu harus disiapkan sedini mungkin.

1. Nilai mata uang akan mengalami inflasi

5 Alasan Kamu Harus Menyiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkinunsplash.com/Christine Roy

Inflasi nilai mata uang di antaranya disebabkan karena perputaran uang di suatu negara. Di mana pergerakan uang ini akan memengaruhi harga suatu produk.

Misal kamu membeli sebuah produk hari ini dengan harga 100 ribu rupiah, maka beberapa tahun kedepan produk tersebut pasti mengalami peningkatan harga. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki investasi agar nilai mata uangmu terus meningkat.

2. Kamu tidak bisa selamanya bekerja

5 Alasan Kamu Harus Menyiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkinunsplash.com/Maxima A

Jika kamu adalah seorang karyawan atau orang yang bekerja untuk orang lain, maka kamu harus pertimbangkan alasan ini. Kamu tidak bisa selamanya bekerja karena faktor usia, faktor kesehatan, dan berbagai alasan lainnya.

Belum lagi tingkat stres saat bekerja yang mungkin akan membuatmu ingin resign dari pekerjaan. Mau tidak mau, kamu harus sudah memiliki modal keuangan yang cukup untuk melanjutkan hidup.

Baca Juga: Tips Kumpulkan Dana Pensiun untuk Kamu yang Berpenghasilan Pas-pasan

3. Ancaman PHK bisa terjadi sewaktu-waktu

5 Alasan Kamu Harus Menyiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkinunsplash.com/Alex Radelich

Terlebih di masa pandemi, tak terhitung banyaknya perusahaan yang merumahkan para pekerjanya. Belum lagi tekanan ekonomi yang menyebabkan perusahaan gulung tikar.

Bukan tak mungkin pula ini juga terjadi padamu saat perusahaan memutuskan untuk merampingkan jumlah karyawannya. Oleh karena itu, kamu harus selalu siap untuk segala kemungkinan kedepannya.

4. Setelah pensiun kamu akan kebingungan harus apa

5 Alasan Kamu Harus Menyiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkinunsplash.com/Travis Essinger

Ada pepatah mengatakan 'sedia payung, sebelum hujan'. Ini berlaku pula untuk urusan menyiapkan dana pensiun. Semakin cepat kamu mulai mengumpulkan dana, maka akan semakin banyak dana yang didapat dan semakin cepat pula kamu bisa pensiun. 

Kamu bisa menetapkan berapa dana yang dialokasikan setiap bulannya untuk dana pensiun. Karena ini kebutuhan jangka panjang, kamu bisa memilih menginvestasikan uangnya di saham atau reksadana. Dengan begitu, uangmu akan bertumbuh dan tidak tergerus inflasi.

5. Agar kamu bisa menikmati hidup di hari tua

5 Alasan Kamu Harus Menyiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkinunsplash.com/Esther Ann

Alasan terakhir kamu harus segera menyiapkan dana pensiun adalah agar kamu bisa menikmati hari tua. Tentu menghabiskan hari tua dengan bebas beban finansial adalah impian setiap orang.

Kamu bisa tenang menikmati setiap jerih payah dari kerja kerasmu selama ini. Menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga tercinta dan tak perlu pusing urusan keuangan lagi.

 

Nah, itulah lima alasan mengapa penting sekali kamu menyiapkan dana pensiun sedini mungkin. Jadi, mulai sekarang jangan lupa alokasikan dana pensiunmu, ya!

Baca Juga: Cara Siapkan Dana Pensiun agar Masa Tua Kamu Sejahtera 

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya