Comscore Tracker

Waspada, 5 Kebiasaan Ini Bisa Membuatmu Auto Miskin Saat Masih Muda! 

Ada yang sedang kamu lakukan? 

Masa muda adalah masa gemilang bagi setiap orang dalam meraih mimpi, cita-cita hingga karier. Kerja keras membuatmu bisa sukses terutama dalam hal keuangan. Pundi-pundi tabunganmu meningkat dan membuatmu mulai tertarik untuk memiliki pola hidup yang berbeda.

Namun harus diwaspadai, beberapa hal berikut nyatanya akan membuat usaha dan kerja kerasmu dalam mengumpulkan uang menjadi sia-sia. Jangan sampai dilakukan, ya!

1. Punya kartu kredit di berbagai bank dengan limit yang tinggi

Waspada, 5 Kebiasaan Ini Bisa Membuatmu Auto Miskin Saat Masih Muda! unsplash.com/Stephen Phillips

Memiliki kartu kredit di saat tertentu memang cukup membantu, terutama saat sedang bepergian ke luar negeri. Tetapi harus diperhatikan jika kamu memiliki banyak kartu kredit, jangan sampai kamu pusing melihat tagihan bulanannya. Seringkali tergoda dengan promo kartu kredit di berbagai merchants, sehingga kerap lupa bahwa ada limit yang harus dipikirkan. Bisa-bisa gaji bulananmu hanya mampu untuk menutup tagihan, celakanya jika ternyata kamu tidak bisa membayar cicilan beserta bunganya.

2. Melupakan kebiasaan menabung 

Waspada, 5 Kebiasaan Ini Bisa Membuatmu Auto Miskin Saat Masih Muda! pexels.com/Maitree R

Bagaimanapun menabung itu sangat penting, kamu bisa mulai menabung dengan uang atau pun emas. Uang tabungan bisa digunakan pada saat genting dan tak terduga. Jika saat masih muda saja kamu tidak bisa menabung, lalu bagaimana bisa merencanakan keuangan di hari tua nanti? Kamu tentu tidak mau kan jika hasil kerja kerasmu di kantor terbuang sia-sia karena gaya hidup. Jangan sampai uang yang dihabiskan untuk gaya hidup lebih besar dari uang yang ditabung.

Baca Juga: 5 Tips Agar Kamu Tetap Konsisten Menabung, Biar Gak Miskin di Hari Tua

3. Suka mencoba investasi ini dan itu tetapi tidak punya ilmunya 

Waspada, 5 Kebiasaan Ini Bisa Membuatmu Auto Miskin Saat Masih Muda! unsplash.com/Alexander Mils

Investasi di era globalisasi seperti saat ini sedang naik daun dan digandrungi oleh banyak orang. Sehingga kamu pun ikut tertarik dan mulai menginvestasikan uangmu. Tetapi parahnya, kamu tidak punya pengetahuan sedikit pun tentang dunia investasi. Kamu tidak mengerti cara kerja pasar saham, mata uang asing, reksadana dan sebagainya.

Sama saja kamu membuang uangmu sia-sia, bukannya untung malah merugi besar jika salah berinvestasi. Terlebih lagi jika salah berinvestasi di investasi bodong yang menjanjikan return yang besar.

4. Koleksi barang-barang mewah hanya demi status 

Waspada, 5 Kebiasaan Ini Bisa Membuatmu Auto Miskin Saat Masih Muda! unsplash.com/Modern Affliction

Punya koleksi satu atau dua barang mewah sih tak mengapa, asal untuk kebutuhan pribadi. Jika membeli barang mewah hanya agar dipandang dan memiliki status sosial tinggi, maka tidak ada gunanya. Uangmu akan habis untuk memuaskan mata orang lain, bukan dirimu sendiri. Waktumu akan habis untuk memanjakan hasrat untuk pamer, dan tentunya uangmu juga akan habis demi membeli hal yang tidak berguna.

5. Ingin diterima dalam pergaulan hits yang menghabiskan banyak uang  

Waspada, 5 Kebiasaan Ini Bisa Membuatmu Auto Miskin Saat Masih Muda! pexels.com/Gustavo Fring

Kamu tahu tidak kalau kebiasaan nongkrong, belanja seperti shopaholic itu ngabisin uang banget. Memang rasanya uang yang dikeluarkan tidak terlalu besar, sebatas membeli kopi seharga 75 ribu. Tetapi coba kalau dikalkulasikan, dalam seminggu berapa kali nongkrong dan coba hitung. Kamu pasti akan tercengang melihat uang yang kamu keluarkan di setiap bulannya.

Jangan lakukan itu jika hanya ingin punya banyak teman dan dipandang gaul. Belanja dan nongkrong boleh saja asal tidak menjadi kebiasaan yang akan menghamburkan uangmu sia-sia.

Masa muda seharusnya digunakan dengan sebaik mungkin untuk persiapan di masa depan hingga hari tua. Jadi, jangan sia-siakan dengan tidak peduli terhadap kondisi keuanganmu, ya!

Baca Juga: 5 Cara Menata Keuangan dengan Mudah, Gak Pakai Ribet

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya