Comscore Tracker

5 Cara Aman Finansial Sejak Muda, Demi Masa Tua Sejahtera 

Wajib terapkan mulai sekarang, guys! 

Usia 25 tahunan adalah masa di mana kedewasaan sudah mulai terbentuk. Di usia ini pula kamu mulai dituntut untuk bisa membuat keputusan-keputusan besar demi menentukan ke mana arah hidup.

Mungkin di usia ini kamu mulai menapaki karier pekerjaan dengan gaji yang menurutmu selalu saja kurang untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup. Padahal, sebesar apapun penghasilanmu, tanpa pengelolaan uang yang baik, pasti akan selalu terasa tidak cukup.

Di usia yang masih muda, fisik masih kuat, sehat dan produktif sehingga kamu perlu mulai menjaga kestabilan kondisi finansial. Semakin cepat kamu memulai, semakin cepat pula kamu bisa mandiri dan mapan secara finansial. Nah berikut ini cara-cara aman menjaga finansial sejak berusia muda. Yuk, simak!

1. Kamu masih muda, maka berhematlah dengan cara yang menyenangkan 

5 Cara Aman Finansial Sejak Muda, Demi Masa Tua Sejahtera unsplash.com/Kat Yukawa

Jika mendengar kata berhemat pasti sudah terbayangkan bagaimana kamu akan menderita karena harus memotong anggaran untuk makan dan bersenang-senang. Namun jika melihat sisi positif dari berhemat itu sendiri, kamu akan mampu melaluinya dengan baik. Misalnya membawa bekal untuk dibawa ke kantor. Selain hemat karena biaya makan berkurang, kamu bisa mulai belajar masak sendiri sebagai bekal kelak jika berkeluarga.

Cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu berangkat ke kantor dengan bersepeda supaya lebih sehat, atau naik angkutan umum untuk menambah kenalan di luaran sana. Selain itu, kamu juga bisa memulai dengan membuat tujuan jangka pendek, dalam sehari atau seminggu kira-kira kamu bisa berhemat berapa rupiah. Jika kamu berhasil mencapai target tersebut, kamu bisa menghadiahi dirimu sendiri.

2. Selagi ada kesempatan, manfaatkan fasilitas gratis yang tersedia  

5 Cara Aman Finansial Sejak Muda, Demi Masa Tua Sejahtera unsplash.com/Priscilla Du Preez

Salah satu kebiasaan kecil yang mampu membuat perubahan pada keuanganmu adalah dengan memanfaatkan beragam fasilitas gratis di sekitarmu. Jika kamu hobi membaca buku, kamu dapat melakukannya di perpustakaan atau download buku versi e-book daripada membeli.

Jika ingin men-download sesuatu, gunakanlah wifi gratisan di tempat-tempat umum atau kantor. Kurangi kebiasaan menonton di bioskop, dengan memanfaatkan wifi kantor kamu dapat men-download film untuk hiburan di waktu senggang.

Baca Juga: 5 Zodiak Kondisi Finansial Terbaik Agustus 2020, Dompet Tebal Euy!

3. Pisahkan rekening tabungan dengan rekening pengeluaran sehari-hari 

5 Cara Aman Finansial Sejak Muda, Demi Masa Tua Sejahtera unsplash.com/Scott Graham

Menabung sudah menjadi hal yang penting dilakukan jika ingin menjaga finansial tetap aman. Agar penghasilanmu dapat terselamatkan dari pengeluaran yang tidak terkendali, kamu dapat membuat dua rekening berbeda. Rekening pertama untuk pengeluaran rutin, dan rekening kedua untuk simpanan.

Dengan membuat dua rekening berbeda, akan membuat kamu lebih bijak dalam hal pengeluaran, penghasilanmu memiliki arah yang jelas dan bisa dikontrol dengan mudah.

4. Sejak usia muda, mulailah berinvestasi yang pastinya sesuai kemampuanmu 

5 Cara Aman Finansial Sejak Muda, Demi Masa Tua Sejahtera unsplash.com/Tierra Mallorca

Bagi kamu yang masih awam mengenai persoalan investasi dan sebagainya tentu akan merasa ragu untuk memulai, apalagi berbagai pemberitaan yang marak mengenai penipuan investasi akan membuatmu takut. Namun jika kamu mampu mengelola investasi dengan baik akan memberikan keuntungan yang besar bagimu kelak.

Tentu kamu perlu belajar berbagai jenis investasi dan memilih investasi apa yang cocok bagimu. Perbanyak diskusi dengan para profesional yang paham betul mengenai investasi yang ingin kamu dalami. Jangan memulai berinvestasi jika kamu belum benar-benar mengerti aturan main dunia investasi itu sendiri.

5. Usiamu akan terus bertambah, maka siapkan dana untuk hari tua nanti 

5 Cara Aman Finansial Sejak Muda, Demi Masa Tua Sejahtera unsplash.com/Austin Distel

Usia di bawah 25 tahun memang tergolong masih muda, masih banyak impian dan cita-cita yang bisa kamu capai di usia muda ini. Kendati masih muda, jangan sampai kamu terlena dengan kondisi finansial yang aman. Siapkan tabungan pensiun, dana tidak terduga, serta sejumlah dana penting lainnya. Sehingga nanti ketika usia sudah mulai beranjak senja, kamu tidak perlu terlalu khawatir dengan kelangsungan hidupmu.

Nah gimana? Dari sekian cara di atas, adakah yang sudah kamu terapkan? Jika belum, tidak perlu berkecil hati. Tidak ada kata terlambat, mulailah lakukan hal-hal di atas untuk mewujudkan kondisi finansial yang aman sekalipun kamu masih muda. Yuk, semangat!

Baca Juga: 5 Cara Atasi Stres Akibat Problem Finansial, Stop Panik & Cari Peluang

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya