Comscore Tracker

Jangan Asal Memilih Asuransi Keluarga, Pikirkan Dulu 5 Hal Ini!

Punya asuransi itu penting, apalagi bagi yang berkeluarga

Asuransi bukanlah kata asing bagi kebanyakan orang. Akhir – akhir ini mulai digalakkan agar banyak orang sadar dan paham mengenai hal tersebut.

Asuransi merupakan uang jaminan yang bisa digunakan jika ada kejadian yang tak terduga. Jenis asuransi pun banyak ditawarkan misalnya seperti asuransi keluarga, mobil, rumah, pendidikan, dan sebagainya.

Bagaimana pun, kamu tidak pernah tahu dengan apa yang akan terjadi di masa depan. Jadi, memiliki asuransi merupakan proteksi dini untuk keluarga di kemudian hari.

Akan tetapi, kamu perlu cermat dalam memilih asuransi terutama bagi keluarga. Tentunya untuk menghindari kejadian–kejadian yang tidak diinginkan, berikut ini beberapa tips sebelum memilih asuransi keluarga.

1. Lakukan konsultasi terlebih dahulu

Jangan Asal Memilih Asuransi Keluarga, Pikirkan Dulu 5 Hal Ini!unsplash.com/Amy Hirschi

Lakukan riset terlebih dahulu terkait asuransi yang akan kamu pilih dengan berkonsultasi pada pakarnya. Kamu bisa mengungkapkan semua keinginan yang berkaitan dengan asuransi pada ahlinya. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan solusi mengenai jenis asuransi yang sebaiknya diambil. Hal tersebut lebih aman untuk dilakukan, karena bagi orang awam akan sangat rawan terkena penipuan.

Pemilihan produk asuransi yang tepat akan memudahkan kamu untuk memilih asuransi. Kamu bisa juga memilih asuransi dengan biaya terendah akan tetapi memiliki pelayanan dan klaim yang memuaskan.

Kamu bisa mendapatkannya dengan mencari informasi sebanyak – banyaknya mengenai perusahaan – perusahaan asuransi baik lewat internet, majalah, atau ke narasumber terpercaya bahkan ke ahlinya.

2. Ketahui track record perusahaan asuransi

Jangan Asal Memilih Asuransi Keluarga, Pikirkan Dulu 5 Hal Ini!unsplash.com/Helloquence

Sebelum kamu memilih asuransi keluarga yang akan digunakan, pilihlah dulu perusahaan mana yang akan kamu jadikan tempat untuk menaruh asuransi. Kamu harus mengetahui track record dari perusahaan tersebut. Bagaimana mereka menjalankan program asuransinya terhadap pelanggan – pelanggan mereka, apakah lancar tanpa hambatan dan sebagainya. Hal ini penting untuk dilakukan karena akan berpengaruh pada asuransi yang akan kamu lakukan. Tentunya juga untuk menghindari kerugian yang akan terjadi kelak.

Teliti juga apakah perusahaan tersebut mempunyai bagian – bagian yang khusus dalam pelayanan klaim.

Baca Juga: 5 Tips untuk Memilih Asuransi Kesehatan dan Jiwa yang Tepat

3. Pelajari kewajiban dan hakmu

Jangan Asal Memilih Asuransi Keluarga, Pikirkan Dulu 5 Hal Ini!investopedia.com/

Dalam proses pemilihan asuransi keluarga akan banyak produk asuransi yang akan ditawarkan. Sebaiknya kamu teliti dan cermat dengan produk asuransi yang ditawarkan. Pelajarilah hak – hak yang harus kamu lakukan begitu juga dengan kewajiban yang seharusnya perusahaan tersebut lakukan.

Dengan begitu, setidaknya kamu menghindari dan meminimalisir kerugian yang akan terjadi. Setelah itu, kamu juga harus memperhatikan besarnya asuransi yang harus dibayarkan.

Pilihlah asuransi dengan biaya yang sesuai dengan pemasukanmu. Jadi, asuransi tersebut tidak akan memberatkan kamu.

4. Sesuaikan pilihan asuransi dengan kebutuhan

Jangan Asal Memilih Asuransi Keluarga, Pikirkan Dulu 5 Hal Ini!economictimes.indiatimes.com

Pilihlah produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Kamu harus memperhatikan jenis asuransi yang ingin digunakan. Misalnya kamu ingin memiliki KPR atau pendidikan bagi anak, maka kamu bisa menggunakan asuransi jenis term life.

Sebaliknya jika kamu menginginkan pembiayaan penuh bagi keluarga seumur hidup, kamu bisa menggunakan asuransi jenis whole life. 

5. Disiplin membayar premi dengan teratur

Jangan Asal Memilih Asuransi Keluarga, Pikirkan Dulu 5 Hal Ini!unsplash.com/Josh Appel

Hal penting dalam menggunakan asuransi adalah kamu bisa disiplin untuk membayar premi. Biasanya sudah ditentukan tanggal bayar dan nominal untuk premi asuransimu.

Namun jika kamu tidak melakukan pembayaran secara disiplin, tentu hal itu akan jadi masalah di kemudian hari. Premi asuransimu bisa jadi menumpuk selama berbulan - bulan, atau bisa juga rekening asuransimu dibekukan atau bahkan dihilangkan.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar asuransi keluarga aman. Yang terpenting adalah kamu harus sudah mempunyai bekal asuransi apa yang diinginkan. Begitu juga dengan perusahaan yang akan dipilih. Keamanan dan biaya yang sesuai dengan keuangan menjadi hal yang utama juga untuk dipastikan.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Klaim Asuransi Kesehatanmu Ditolak

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya