Comscore Tracker

5 Tips untuk Memilih Asuransi Kesehatan dan Jiwa yang Tepat

Asuransi adalah hal yang penting, jadi jangan salah pilih

Apakah kamu sudah memiliki asuransi kesehatan atau jiwa? Jika belum, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli sebuah asuransi.

Namun dalam memilih sebuah asuransi kesehatan dan jiwa, kamu harus teliti dalam mempelajari produk asuransi yang akan kamu beli. Ada banyak sekali asuransi swasta yang bisa kamu pilih dan masing-masing dari mereka tentu akan mengatakan jika asuransinya adalah asuransi terbaik dibandingkan lainnya.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips buat kamu yang suatu saat nanti akan membeli produk asuransi kesehatan dan jiwa.

1. Pilih harga premi sesuai dengan kemampuan kamu

5 Tips untuk Memilih Asuransi Kesehatan dan Jiwa yang Tepatgermany.com

Ada banyak pilihan cara pembayaran premi yang bisa kamu pilih. Bisa bulanan, per 6 bulan, atau langsung per tahun. Nah, pilihlah secara bijak mana yang paling kamu sanggup dalam pembayaran premi tersebut.

Tanyakan kepada agen asuransi tentang perbedaan keuntungan apa saja yang akan didapat jika membayar premi secara bulanan atau tahunan. Intinya, jangan sampai iuran premi membuat perekonomian keluargamu menjadi pincang dan tidak sehat.

2. Pelajari produk asuransi yang akan kamu beli secara detail

5 Tips untuk Memilih Asuransi Kesehatan dan Jiwa yang Tepatnortonhealthcare.com

Tentu kita semua tahu betapa mahalnya biaya perawatan di rumah sakit itu. Oleh sebab itu mencegah sakit memang jauh lebih baik daripada mengobati sakit. Namun jika sakit memang tak terhindarkan lagi, maka suka tidak suka kamu wajib mengeluarkan biaya untuk berobat.

Dalam asuransi kesehatan, ada banyak sekali keuntungan dan hal-hal yang diatur dalam buku asuransi baik itu hal yang ditanggung, maupun sesuatu yang tidak dapat ditanggung oleh asuransi.

Pelajari secara detail dan rinci tentang asuransi yang akan kamu beli dan jangan sungkan untuk kritis bertanya pada agen asuransi. Bagaimanapun kamu adalah pihak pembeli yang berhak mengetahui secara detail tentang produk yang akan kamu beli.

Baca Juga: 5 Keuntungan Memiliki Asuransi Perjalanan untuk Liburan

3. Pilih perusahaan asuransi yang bonafide dan minim komplain

5 Tips untuk Memilih Asuransi Kesehatan dan Jiwa yang TepatPixabay/kaboompics

Pelajari secara terperinci semua jenis asuransi yang akan kamu beli. Kamu bisa melihat review dari beberapa perusahaan asuransi yang ada di internet maupun di media-media lainnya. Sebisa mungkin pilihlah perusahaan asuransi yang bonafide dan minim dengan komplain.

Keputusanmu dalam memilih perusahaan asuransi merupakan keputusan yang kamu ambil untuk kepentingan jangka panjang. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari gara-gara kamu salah memilih.

4. Jika memungkinkan, pilihlah agen asuransi dari teman atau keluargamu

5 Tips untuk Memilih Asuransi Kesehatan dan Jiwa yang TepatPixabay/rawpixel

Setiap agen asuransi yang menawarkan produk asuransinya, pasti jago dan pintar dalam mengenalkan kelebihan produk-produknya. Sebab memang ia sangat menguasai produk yang tengah dipresentasikan kepadamu.

Namun dari banyaknya agen asuransi, jika memungkinkan, kamu bisa memilih agen asuransi dari teman atau keluargamu. Hal ini sangat penting jika di kemudian hari kamu membutuhkan klaim asuransi dan kontribusi agen sangat dibutuhkan saat itu.

Teman atau keluarga juga secara psikologis akan membuatmu merasa aman dibandingkan jika kamu mengambil atau membeli asuransi dari orang yang tak kamu kenal.

5. Semakin tua usiamu pada saat ikut asuransi, maka semakin mahal preminya

5 Tips untuk Memilih Asuransi Kesehatan dan Jiwa yang Tepataccuquote.com

Perokok aktif dan riwayat penyakit yang pernah diderita sebelumnya tentu akan mempengaruhi biaya premi yang harus dibayarkan seseorang. Namun bukan hanya itu saja, usia masuk asuransi yang semakin tua juga akan mempengaruhi nilai premi yang wajib dibayarkan.

Jika kamu dalam kondisi sehat, tidak memiliki riwayat sakit, dan usiamu masih 20 tahun, maka premi asuransi akan lebih murah dari pada premi asuransi seseorang yang usianya di atas 40 misalnya.

Oleh karena itu semakin muda kamu memiliki asuransi, pada dasarnya itu semakin baik karena harga preminya juga akan lebih murah.

Itulah lima tips dalam memilih dan membeli asuransi kesehatan dan jiwa. Semoga dapat membantumu dalam menentukan asuransi mana yang terbaik buat kamu, ya!

Baca Juga: 3 Keuntungan bagi Millennial jika Bekerja sebagai Agen Asuransi

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya