Comscore Tracker

5 Gaya Hidup ala Millennial yang Ternyata Ramah Lingkungan

Hidup ramah lingkungan tanpa takut ketinggalan gaya

Generasi millennial merupakan generasi yang memiliki ciri khas pola hidup yang berkaitan dengan teknologi. Millennial menjadi generasi yang diincar untuk memperkenalkan gaya hidup baru karena gaya hidup generasi millennial terkenal up-to-date dan trendi.

Salah satu gaya hidup millennial yang sukses meracuni setiap lini masyarakat pada saat ini yaitu gaya hidup ramah lingkungan. Saat ini gaya hidup ramah lingkungan banyak digandrungi.

Bukan hanya sekadar gaya-gayaan tetapi gerakan ini setidaknya membantu untuk menjaga lingkungan dan alam. Apalagi sekarang banyak sekali pemberitaan mengenai semakin menurunnya kualitas lingkungan alam kita.

Lalu, apa saja sih gaya hidup ramah lingkungan ala millennial ini? Yuk simak berikut ini.

1. Zero waste food

5 Gaya Hidup ala Millennial yang  Ternyata Ramah Lingkunganunsplash.com/danielcgold

Saat kita makan di restoran terkadang sering melihat sisa makanan yang masih banyak yang nantinya makanan tersebut akan menjadi sampah, sangat mubazir bukan? Fenomena tersebut membuat masyarakat tergugah untuk menerapkan pola makan zero waste food.

Apa sih zero waste food itu? Zero waste food merupakan gaya hidup minimalis yang saat ini sedang banyak digandrungi dengan memanfaatkan kembali sisa makanan. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menerapkan zero waste food secara sederhana dalam kehidupan yaitu menerapkan pola makan secukupnya dan jangan biasakan belanja saat kamu dalam kondisi lapar.

Makan dan belanja dalam kondisi lapar akan membuat kamu rakus. Ingin mengambil makanan yang menggugah selera padahal belum tentu makanan tersebut akan dimakan. Maka dari itu atur waktu makan mu agar kamu bisa mengatur emosi saat kondisi lapar.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kembali sampah makanan. Diantaranya bisa kamu gunakan untuk pupuk kompos atau menanam kembali sisa sayuran seperti wortel, sawi, daun bawang. Jadi selain menerapkan zero waste food kamu juga bisa sambil belajar menanam sayuran. Menarik bukan?

2. Diet kantong plastik

5 Gaya Hidup ala Millennial yang  Ternyata Ramah Lingkunganunsplash.com/ethically_eco

Diet tidak hanya dilakukan untuk mengatur pola makan saja tetapi bisa diterapkan untuk mengurangi sampah plastik juga. Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) jumlah sampah plastik di Indonesia tahun 2016 sekitar 16 persen dan turun 1 persen di tahun 2018.

Walaupun penurunannya hanya 1 persen tetapi ini setara dengan 630 ribu ton sampah plastik. Penurunan ini dihasilkan dari semakin gencarnya kampanye pengurangan sampah plastik salah satunya dengan penggunaan tas belanja pengganti kantong plastik.

Tas belanja atau sering dikenal dengan totebag merupakan pengganti kantong plastik saat berbelanja. Totebag tidak hanya sekadar tas belanja pengganti kantong plastik saja tetapi kini dijadikan fashion bagi generasi muda.

Hal ini karena saat ini banyak tersedia totebag dengan desain dengan yang unik dan tentunya trendi. Jadi kamu tidak usah khawatir terlihat kuno saat menggunakan tas belanja.

Baca Juga: 5 Keunggulan Ini Bakal Buat Kamu Betah Menggunakan BCA Keyboard

3. Menggunakan benda ramah lingkungan

5 Gaya Hidup ala Millennial yang  Ternyata Ramah Lingkunganunsplash.com/goodsoulshop

Saat ini banyak barang pengganti plastik yang ramah lingkungan seperti stainless steel, tumbler, tempat makan. Selain hemat, hal tersebut juga dapat mengurangi sampah.

Menariknya, barang-barang tersebut tersedia dengan versi unik dan lucu. Oh ya, kamu tidak usah khawatir dengan harga karena banyak barang ramah lingkungan yang bisa dibeli dengan harga terjangkau atau kamu bisa membuatnya sendiri seperti membuat sendok dari kayu atau kamu bisa membuat sapu tangan dari kain bekas untuk pengganti tisu.

Kini kamu tidak perlu malu membawa bekal makan dan minum dari rumah karena apa yang kamu lakukan membantu menjaga lingkungan.

4. Olahraga

5 Gaya Hidup ala Millennial yang  Ternyata Ramah Lingkunganunsplash.com/dominikwycislo

Berolahraga di tempat gym memang membuat nyaman. Dengan fasilitas AC dan ruang tertutup membuat kamu tidak usah khawatir akan kepanasan atau kehujanan. Namun, olahraga tersebut ternyata memberikan efek buruk terhadap lingkungan yaitu dengan penggunaan energi listrik yang boros.

Untuk mengurangi hal tersebut, tidak ada salahnya kamu bisa mencoba olahraga yang baik untuk lingkungan. Ada beberapa olahraga yang ramah lingkungan, diantaranya olahraga lari, bersepeda, yoga, zumba, mendaki dan masih banyak lagi.

Bahkan saat ini banyak komunitas olahraga yang diikuti oleh anak muda. Sehingga kamu bisa memiliki banyak teman saat berolahraga. Jangan lupa untuk membawa botol minum dan handuk agar kamu tidak usah membeli air minum kemasan dan tisu.

Jadi, selain mendapatkan kesehatan kamu juga bisa ikut serta dalam menjaga lingkungan.

5. Cardless

5 Gaya Hidup ala Millennial yang  Ternyata Ramah Lingkunganunsplash.com/squareinc

Jika sebelumnya banyak orang yang menggunakan metode pembayaran cashless, kini pola hidup tersebut beralih menjadi cardless. Jangan mengaku anak zaman now kalau kamu belum tau apa itu cardless.

Cardless merupakan metode pembayaran perbankan yang tidak menggunakan kartu tetapi sudah melalui digital. Cardless selain ramah terhadap lingkungan dengan tidak menggunakan kartu, juga sangat praktis.

Salah satu perusahaan perbankan di Indonesia yaitu BCA sudah menerapkan metode ini. BCA menghadirkan layanan baru fitur Cardless pada BCA Mobile. Dengan fitur Cardless BCA Mobile kamu dapat menikmati tiga layanan yaitu tarik tunak, setor tunai, transaksi di cabang hanya dengan menggunakan smartphone saja dan pastinya tanpa kartu.

Untuk kamu yang mau menggunakan layanan transaksi cabang melalui Cardless BCA Mobile caranya gampang banget kamu bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Klik menu cardless di BCA Mobile
  2. Pilih menu cabang
  3. Masukan pin m-BCA kamu
  4. Dapatkan 6 digit Kode Transaksi (kode transaksi ini hanya berlaku 1 jam)
  5. Datang ke kantor cabang BCA terdekat dan lakukan transaksi. Kamu bisa pilih di Teller atau Customer Service sesuaikan dengan kebutuhan mu. 
  6. Masukkan nomor HP BCA mobile dan Kode Transaksi pada PIN pad untuk menyelesaikan transaksi.

Mudah dan praktis bukan? Sekarang kamu tidak usah panik saat ketinggalan dompet tetapi membutuhkan transaksi perbankan karena saat ini kamu bisa menikmati layanan cardless di ATM dari BCA Mobile.

Ternyata untuk menerapkan hidup ramah lingkungan tetapi tetap trendi tidak perlu ribet karena semua bisa #DibikinSimpel dan tentunya kamu bisa #JoinGenerasiSimpel mulai dari sekarang. Yuk saatnya kita rawat bumi ini dengan #JoinGenerasiSimpelIDN!

Baca Juga: 5 Tips Agar Keuangan Tetap Aman Meski Penampilan Selalu Stylish

rafni Asriani Photo Verified Writer rafni Asriani

Amour Pour Vous

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya