Comscore Tracker

5 Tips Agar Keuangan Tetap Aman Meski Penampilan Selalu Stylish

Selalu ada cara agar dompet tetap aman

Menjaga penampilan adalah kebutuhan banyak orang. Menjadi seorang yang stylish biasanya akan menghabiskan uang karena kebutuhan untuk membeli barang-barang fashion yang selalu muncul model terbarunya.

Namun di bawah ini IDN Times akan memberikan 5 tips agar kamu bisa selalu tampil stylish namun gak menguras uang di dompet kamu. Penasaran seperti apa saja tipsnya? Yuk, simak di bawah ini.

1. Beli barang fashion yang tak lekang oleh waktu

5 Tips Agar Keuangan Tetap Aman Meski Penampilan Selalu StylishPexels.com/Lum3n.com

Industri fashion memang dibuat agar cepat berputar karena barang-barang fashion adalah barang-barang yang sangat banyak diproduksi, sehingga barang-barang tersebut harus cepat habis untuk diganti dengan model terbaru secara terus-menerus, dan jika kamu turuti maka uang kamu akan cepat habis dan barang-barang fashion kamu jadi menumpuk banyak yang tak terpakai karena tren yang sudah berganti.

Untuk menangani ini, sebaiknya kamu membeli barang-barang fashion yang tak lekang oleh waktu dan tak terpengaruh oleh tren. Barang-barang tersebut biasanya tergolong barang-barang fashion klasik. Coba kamu bayangkan, sneakers Converse yang sejak tahun 1917 hingga sekarang masih cocok dipakai atau sepatu boots yang sejak zaman dulu hingga sekarang bentuknya tak banyak berubah dan masih banyak orang yang memakainya.

Cobalah tentukan dulu barang-barang timeless tersebut dengan selera kamu, dan belanjakan uang kamu untuk barang-barang tersebut karena sudah terjamin akan terus relevan dipakai kapan saja.

2. Pikirkan keawetan barang sebelum kamu membelinya

5 Tips Agar Keuangan Tetap Aman Meski Penampilan Selalu StylishPexels.com/Terje Sollie

Barang-barang fashion terkadang dibuat dengan bahan yang kurang awet agar kamu tak terlalu lama memakainya dan bisa membeli lagi yang baru. Misalnya jika kita melihat sepatu modern saat ini, bahan yang digunakan adalah bahan mesh atau kain yang memang lebih ringan dan nyaman, namun akan mudah sobek jika terus digunakan.

Berbeda dengan sepatu-sepatu zaman dulu, mereka terbuat dari kulit atau kanvas yang lebih awet dan tahan lama untuk berbagai macam medan. Uniknya harga sepatu modern dengan bahan lebih cepat sobek justru harganya bisa lebih mahal dari sepatu dengan model sebelumnya yang berbahan lebih tebal. 

Hal itu juga berlaku dalam membeli barang fashion lainnya seperti pakaian, tas, atau aksesori. Agar lebih hemat dan gak sering membeli terus-menerus karena mudah rusak, sebaiknya pikirkan keawetan barang yang ingin kamu beli terlebih dahulu.

3. Jangan mudah tergiur tren

5 Tips Agar Keuangan Tetap Aman Meski Penampilan Selalu StylishInstagram.com/bape_japan

Kamu harus ingat bahwa bisnis fashion memang dibuat cepat berganti agar barang-barang yang banyak diproduksi cepat laku, sehingga keputusan yang bijak untuk menyelamatkan keuangan kamu dengan gak mudah mengikuti tren yang sedang berjalan.

Meskipun kamu gak mengikuti tren, namun kamu bisa menciptakan style kamu sendiri dari barang-barang yang sudah kamu seleksi sehingga kamu tetap menjadi orang yang stylish tanpa harus mengeluarkan uang terus-menerus karena mengikuti tren yang berjalan cepat.

Baca Juga: 5 Tips Hemat Saat Traveling Supaya Gaji Gak Cepat Habis

4. Beli barang fashion yang bisa dijual kembali

5 Tips Agar Keuangan Tetap Aman Meski Penampilan Selalu StylishPexels.com/AJ Nakasone

Jika kamu tertarik dengan sebuah barang fashion yang harganya mahal, kamu bisa memikirkan apakah barang tersebut nantinya tetap memiliki nilai jual jika kamu sudah gak ingin memakainya lagi atau tidak?

Seperti tas, jam atau sepatu branded, beberapa item memiliki nilai jual kembali yang bahkan lebih mahal saat item tersebut pertama dibeli. Cobalah untuk mencari tahu apakah barang yang ingin kamu beli itu masih bernilai suatu saat nanti.

Ini juga bisa menghemat keuangan kamu saat kamu sudah bosan dengan barang tersebut kamu bisa menjualnya dan uangnya bisa kamu belikan barang lain yang sedang kamu sukai.

5. Beli barang bekas juga tidak masalah

5 Tips Agar Keuangan Tetap Aman Meski Penampilan Selalu StylishPexels.com/Burst

Belakangan ini bisnis barang bekas atau lebih dikenal dengan barang preloved cukup menjamur dan mudah ditemui baik secara offline maupun online. Di kota-kota besar sering diadakan acara bertajuk Flea Market yang isinya menjual barang-barang bekas bermerek.

Di sosial media pun tak jarang orang yang menjual barang fashion bekas yang bermerek, sehingga buat kamu yang ingin tampil dengan barang bermerek, tak ada salahnya untuk membeli barang bekas karena harga yang ditawarkan bisa turun jauh daripada kondisi barunya.

Selain itu, kamu jadi tak merasa rugi terlalu banyak saat barang bermerek yang kamu beli sudah surut trennya karena kamu gak mengeluarkan uang terlalu banyak sebab harga barang bekas yang jauh lebih murah.

Itulah 5 cara agar kamu tetap tampil stylish namun gak membuat uang di dompet kamu cepat habis. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 8 Tips Hemat ala Mahasiswa Biar Gak Nyusahin Orang Tua Terus

Rijalu Ahimsa Photo Community Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You