Comscore Tracker

3 Tips Mengatur Keuangan Buat Pemilik Mobil, Biar Gak Tekor       

Pengeluaran untuk mobil tidak murah

Jakarta, IDN Times – Punya mobil memang gak gampang. Selain harganya mahal, biaya perawatannya juga gak murah. Karena itu, kalau kamu ingin memiliki mobil, kamu harus punya perencanaan keuangan yang baik.

Nah, dalam perencanaan keuangan, ada dua poin yang perlu diperhatikan, yakni ketersediaan biaya operasional mobil dan dana darurat.

“Kedua komponen ini memiliki fungsi yang berbeda,” jelas Lifepal dalam laporan yang diterima IDN Times, Rabu (13/1/2021).

Berikut tips mengelola keuangan buat kamu yang memiliki mobil.

Baca Juga: 5 Perusahaan Mobil Terkenal Ini Awalnya Gak Bikin Mobil

1. Sisihkan uang setiap bulan untuk tabungan dana darurat mobil

3 Tips Mengatur Keuangan Buat Pemilik Mobil, Biar Gak Tekor       Ilustrasi mobil listrik Tesla (www.tesla.com)

Dana darurat merupakan dana yang akan dipakai untuk hal-hal tak terduga. Dalam hal kepemilikan mobil, ini bisa dikategorikan sebagai dana yang akan diperlukan ketika mobil membutuhkan pergantian suku cadang, servis rutin, dan juga hal-hal lainnya.

Menurut Lifepal, dana darurat untuk mobil tidak harus sebesar dana darurat pribadi. Sebab, ini tidak disesuaikan dengan pengeluaran pribadi, namun lebih ke harga komponen mobil yang perlu diganti rutin.

“Sisihkan uang 1 persen atau maksimal 5 persen dari penghasilan bulanan ke rekening pengeluaran mobil untuk kebutuhan darurat,” jelas Lifepal.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Leasing, Buat Kamu yang Mau Kredit Mobil

2. Bedakan biaya operasional bulanan dan tahunan

3 Tips Mengatur Keuangan Buat Pemilik Mobil, Biar Gak Tekor       audi-mediacenter.com

Biaya operasional merupakan biaya-biaya seputar penggunaan dan kepemilikan mobil yang juga harus dipersiapkan. Agar lebih mudah, pisahkan saja biaya operasional untuk bulanan dan juga tahunan.

Untuk biaya bulanan bisa mencakup uang bensin selama sebulan, biaya parkir dan tol, serta pengeluaran rutin lainnya. Sementara untuk biaya tahunan bisa mencakup pajak mobil dan asuransi.

"Asuransi mobil sejatinya juga bisa dibayarkan secara bulanan, jika memang pemilik lebih memilih fitur pembayaran dengan kartu kredit, dan mengajukan metode cicilan,” jelas Lifepal.

Baca Juga: Mobil-mobil Ini Terpaksa Disuntik Mati, Padahal Desainnya Keren

3. Gunakan rekening terpisah

3 Tips Mengatur Keuangan Buat Pemilik Mobil, Biar Gak Tekor       VW Split Screen atau VW Dakota dipamerkan di Jogja Volkswagen Festival 2019_IDNTimes/Holy Kartika

Buatlah rekening terpisah baru yang ditujukan khusus untuk biaya operasional serta tabungan dana darurat khusus mobil. Tujuan dari adanya rekening baru adalah agar pengeluaran untuk mobil tidak tercampur dengan pengeluaran sehari-hari.  

“Atau Anda pun bisa menempatkan sebagian tabungan dana darurat untuk mobil di instrumen reksa dana pasar uang, mengingat keperluan akan pergantian suku cadang memiliki jangka waktu yang berbeda-beda,” kata Lifepal.

Baca Juga: 37 Bank Penyalur Kredit Pemilikan Rumah Subsidi, Cek Persyaratannya! 

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya