Comscore Tracker

Biaya: Pengertian, Jenis dan Unsurnya

Penjelasan Apa itu Biaya

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, pasti kita membutuhkan banyak kebutuhan yang harus mengeluarkan sejumlah uang tertentu. Seperti biaya untuk membeli makanan sehari-hari. 

Serta setiap bulan pun kita perlu membayar sejumlah uang untuk memenuhi kebutuhan setiap bulan, seperti membayar biaya tagihan listrik, biaya telepon, dan biaya internet. Namun, apakah kamu sudah memahami apa yang dimaksud dengan biaya?

Pada ulasan kali ini, kami akan membahas lebih rinci mengenai Apa itu Biaya. Berikut ini 7 hal yang harus kamu ketahui dan pahami.

Baca Juga: Mau Nikah? Ini 5 Jenis Biaya yang Perlu Kamu Persiapkan

1. Definisi biaya

Biaya: Pengertian, Jenis dan UnsurnyaPexels/Karolina Grabowska

Terdapat beberapa ahli yang memaparkan definisi dari biaya. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), biaya adalah pengeluaran yang tidak dapat dihindari untuk mendapatkan suatu jasa dan barang agar memenuhi tujuan maslahat.

Misalnya, seperti pengeluaran untuk kegiatan, waktu, atau tujuan tertentu, seperti melakukan pengepakan, pembayaran ongkos kirim, dan penjualan yang bertujuan untuk memperoleh penghasilan dalam laporan laba rugi di suatu perusahaan.

Sementara menurut Kamus Bahasa Indonesia, biaya adalah uang yang dikeluarkan oleh seseorang untuk mengadakan beberapa barang, seperti ongkos, belanja, dan pengeluaran.

Sedangkan menurut Wikipedia, dalam akuntansi definisi biaya yaitu sebagai aliran sumber daya keuangan yang biasanya dihitung dalam satuan moneter, lalu dikeluarkan untuk membeli ataupun membayar sesuatu, seperti jasa, produk, tenaga kerja, dan lain lain untuk berbisnis atau produksi barang dan jasa.

2. Apa itu biaya?

Biaya: Pengertian, Jenis dan Unsurnyapexels.com/Karolina Grabowska

Secara lebih sederhananya, biaya adalah pengeluaran yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan tujuan memperoleh manfaat dari aktivitas yang dilakukan. Dalam istilah yang terdapat pada biaya, sulit untuk menemukan perbedaan antara costs dan expenses.

3. Perbedaan costs dan expenses

Biaya: Pengertian, Jenis dan Unsurnyailustrasi menghitung uang (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Jika kamu kesulitan menemukan perbedaan dari costs dan expenses, perhatikan perbedaan keduanya dibawah ini:

  • Costs adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan atau seseorang yang berkaitan langsung dengan suatu produk yang telah dikeluarkan oleh suatu perusahaan atau seseorang.
  • Expenses adalah adanya suatu biaya yang dibayar oleh seseorang atau perusahaan dalam jumlah tertentu yang memiliki sifat sebagai aktivitas pendukung.

4. Jenis biaya

Biaya: Pengertian, Jenis dan Unsurnyailustrasi menghitung uang (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Jenis biaya terbagi menjadi 2, yaitu jenis biaya berdasarkan tujuan pengambilan keputusan dan jenis biaya yang dilihat dari perilaku. Berikut ini terdapat jenis biaya berdasarkan dari tujuan pengambilan suatu keputusan, antara lain:

  • Biaya relevan (relevan cost): suatu biaya yang dikeluarkan hanya sebagai alternatif tindakan dan tidak akan dilakukan pada alternatif tindakan lainnya. Dalam biaya relevan butuh pertimbangan saat mengambil keputusan.
  • Biaya tidak relevan (Irrelevant Cost): suatu biaya yang memiliki perbedaan dengan alternatif tindakan dan biaya tidak relevan ini tidak mempengaruhi pengambilan suatu keputusan.


Selanjutnya, terdapat tujuan biaya yang dilihat dari jenis biaya berdasarkan perilaku, antara lain:

  • Biaya tetap (Fixed Cost): suatu biaya yang jumlah total keseluruhannya akan tetap konstan, serta tidak akan dipengaruhi oleh adanya perubahan volume kegiatan
  • Biaya variabel (Variable Cost): adanya biaya yang jumlah totalnya dapat mengalami perubahan sebanding dengan perubahan volume kegiatan yang tersedia
  • Biaya semi variabel (Semi Variable Cost atau Mixed Cost): suatu biaya yang meliputi beberapa elemen tetap dan memiliki sejumlah biaya variabel di dalamnya.

Baca Juga: 9 Resep Awet Muda dalam Islam, Alami dan Gak Keluar Biaya!

5. Penggolongan biaya

Biaya: Pengertian, Jenis dan UnsurnyaIlustrasi menghitung uang (unsplash.com/igalness)

Setelah mengetahui jenis biaya secara umum, terdapat penggolongan biaya yang dilakukan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, yaitu:

  • Objek pengeluaran
  • Dilihat dari fungsi pokok dalam suatu perusahaan
  • Hubungan antara biaya dengan suatu yang sedang dibiayai
  • Suatu perilaku biaya dengan hubungan pada perubahan volume kegiatan
  • Dilihat dari jangka waktu serta manfaatnya

6. Unsur-unsur biaya

Biaya: Pengertian, Jenis dan Unsurnyailustrasi menghitung uang (pexels.com/rodnaeproduction)

Berikut ini terdapat 4 unsur-unsur dari biaya, antara lain:

  1. Biaya adalah harga pokok dari memperolehnya suatu pendapatan
  2. Biaya tergambarkan sebagai efesiensi sistem produksi
  3. Biaya dapat disebut sebagai suatu pengorbanan dalam mencapai tujuan tertentu
  4. Suatu pengorbanan dapat diartikan sebagai barang, uang, waktu, tenaga, atau kesempatan

7. Pengertian akuntansi biaya

Biaya: Pengertian, Jenis dan UnsurnyaMenghitung sisa uang (unsplash.com/bady abbas)

Maksud dari akuntansi biaya adalah adanya suatu aktivitas dalam melakukan pencatatan, klasifikasi, serta membuat ikhtisar dan penyajian laporan yang memiliki kaitan dengan biaya atau transaksi pembiayaan yang biasa digunakan untuk proses produksi ataupun distribusi produk yang berasal dari suatu perusahaan.

8. Jenis akuntansi biaya

Biaya: Pengertian, Jenis dan UnsurnyaIlustrasi orang menghitung uang. (Pexels.com/tima miroshnichenko)

Berikut ini terdapat beberapa jenis dari akuntansi biaya, antara lain:

  • Standard Cost Accounting: jenis yang fokus dalam mengukur efisiensi SDM.
  • Activity Based Accounting: jenis yang berfokus pada biaya produksi serta biaya hasil produksi.
  • Cost Volume Profit: jenis yang berfungsi untuk menentukan suatu besaran pembiayaan bersamaan dengan volume produk yang dibuat.
  • Contribution Margin: berfungsi untuk menganalisa dimana suatu perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari produk yang mereka hasilkan.

Baca Juga: 10 Kota dengan Biaya Traveling Paling Mahal di Dunia, Masih Tertarik?

Itulah ulasan mengenai biaya yang perlu kamu pahami serta kamu ketahui secara detail. Melalui ulasan ini, bagaimana menurut kamu mengenai biaya?

Topic:

  • Rinda Faradilla

Berita Terkini Lainnya