Comscore Tracker

Biaya Non Operasional: Pengertian dan Contohnya

Penjelasan Apa itu Biaya Non Operasional

Disetiap perusahaan yang sedang menjalankan suatu usaha, pasti membutuhkan biaya operasional dan non operasional agar perusahaan tetap berkembang. Mungkin kebanyakan orang hanya mengetahui biaya operasional tanpa mengetahui Biaya Non Operasional lebih mendalam.

Ulasan ini akan membahas tentang apa itu biaya non operasional yang perlu kamu ketahui. Berikut ini terdapat 7 poin mengenai biaya non operasional, antara lain:

Baca Juga: Raffi Ahmad Pusing Talangi Biaya Operasional RANS Cilegon FC

1. Definisi biaya non operasional

Biaya Non Operasional: Pengertian dan ContohnyaUnsplash.com/Allef Vinicius

Jika dilihat dari definisi yang dipaparkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), biaya non operasional adalah biaya yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan, tetapi tidak berkaitan dengan kegiatan utama dari perusahaan.

Biaya non operasional bisa disebut sebagai biaya tidak langsung. Sedangkan dalam bahasa Inggris, biaya non operasional disebut sebagai non operating expenses.

2. Apa itu biaya non operasional?

Biaya Non Operasional: Pengertian dan ContohnyaUnsplash.com/Thought Catalog

Secara sederhananya, pengertian biaya non operasional adalah biaya yang terdapat dalam suatu bisnis yang tidak termasuk dalam operasional. Terdapat jenis biaya non operasional yang sering dikeluarkan oleh sebuah perusahaan, seperti biaya bunga dan biaya atas kerugian dari disposisi aset.

Biaya tersebut akan dimasukkan ke dalam laporan laba rugi setelah mengetahui hasil operasi yang berkelanjutan. Akuntan akan menganalisis hasil bisnis, lalu nantinya akan dikurangi dari pendapatan. 

Hal tersebut dilakukan oleh akuntan agar dapat memperkirakan kemungkinan dari pendapatan maksimum sebuah perusahaan.

3. Contoh biaya non operasional

Biaya Non Operasional: Pengertian dan ContohnyaIlustrasi uang (pexels.com/Alexander Mils)

Setelah mengetahui definisi dan pengertian dari biaya non operasional, terdapat beberapa contoh yang akan membantu kamu untuk memahami biaya non operasional lebih mendalam, antara lain:

  • Biaya Bunga (Interest Expenses)

Maksud dari biaya bunga yaitu adanya bunga yang dibayarkan oleh pihak lain setelah menggunakan jasanya saat memberikan pinjaman berupa uang kepada perusahaan.

  • Biaya Sewa (Rent Expenses)

Biaya sewa dapat diartikan sebagai pembayaran sewa ke pihak yang menyewakan hartanya berupa properti atau gedung dari perusahaan.

  • Rugi (Loss)

Ketika perusahaan mengalami adanya kerugian, maka termasuk pada biaya non operasional. Sebab perusahaan akan menjual barang-barang yang tidak termasuk pada objek pokoknya.

Baca Juga: Operasional Pertamina Terintegrasi, Dorong Kemandirian Energi Negeri

4. Kelebihan biaya non operasional

Biaya Non Operasional: Pengertian dan ContohnyaIlustrasi uang. (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Biaya non operasional memiliki 2 kelebihan utama yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Berikut ini kelebihan biaya non operasional, yaitu:

  • Akuntan akan melakukan analisis terhadap kesehatan perusahaan, biasanya mereka juga akan menghitung biaya non operasional, serta melakukan pengurangan jumlah yang sama pada pendapatan perusahaan yang berasal dari operasionalnya.
    Hal ini dilakukan agar dapat memeriksa kinerja perusahaan secara keseluruhan dan agar bisa memperkirakan adanya kemungkinan pendapatan maksimum.
  • Jika biaya non operasional ditampilkan dan dihitung secara terpisah di dalam sebuah laporan laba rugi perusahaan, maka hal ini menunjukan adanya gambaran detail perusahaan kepada stakeholder perusahaan tanpa ada yang ditutupi. Serta membantu dalam memberikan penilaian pada kinerja aktual bisnis dengan cara yang lebih baik.

5. Kekurangan biaya non operasional

Biaya Non Operasional: Pengertian dan ContohnyaPexels.com/Lukas

Setelah terdapat kelebihan, maka terdapat kekurangan dari biaya non operasional. Berikut ini terdapat kekurangan biaya non operasional yang dialami oleh sebuah perusahaan, antara lain:

  • Terkadang terdapat beberapa biaya yang membuat akuntan kesulitan untuk memasukkan ke kategori biaya operasional atau biaya non operasional. Maka dari itu, akuntan yang melakukan pembagian dari pengeluaran harus memiliki pengetahuan yang mumpuni agar tidak terjadi kesalahan.
  • Setiap perusahaan memiliki standar masing-masing. Hal ini dapat dilihat dari terdapat perusahaan yang memasukkan suatu biaya ke biaya non operasional, sedangkan perusahaan lain memasukkan ke biaya operasional.

6. Komponen biaya non operasional

Biaya Non Operasional: Pengertian dan ContohnyaMata uang kroner (Pixabay)

Biaya non operasional merupakan biaya yang tidak dapat diabaikan oleh perusahaan. Meskipun jumlahnya cenderung kecil, tetapi terdapat beberapa elemen yang dapat mempengaruhi perusahaan.

Terdapat 3 komponen dari biaya non operasional yang perlu diketahui, antara lain:

  • Biaya bunga pinjaman: biaya yang harus dikeluarkan oleh pihak tertentu setelah menggunakan jasa peminjaman dana perusahaan. 
  • Biaya sewa peminjam barang atau harta: sejumlah dana yang harus dibayarkan oleh perusahaan ke pihak lain atas jasa peminjaman sebuah barang, baik gedung maupun barang.
  • Biaya kerugian atas penjualan harta: biaya yang menjadi tanggungan perusahaan karena telah menjual harta selain barang, seperti objek pokok usaha.

7. Perbedaan biaya non operasional dan biaya operasional

Biaya Non Operasional: Pengertian dan ContohnyaUnsplash.com/Melissa Walker Horn

Biasanya akuntan yang masih pemula akan mengalami kesulitan dalam membedakan biaya operasional dan biaya non operasional, ditambah lagi setiap perusahaan memiliki kriteria tersendiri dalam menggolongkan biaya dalam kategori biaya non operasional dan biaya operasional.

Terkadang suatu perusahaan akan mengeluarkan biaya operasional dalam kegiatan operasional dengan biaya tetap. Sedangkan biaya non operasional tergolong bersifat fleksibel. 

Untuk membedakan keduanya, kamu hanya perlu memahami makna dasar dari biaya non operasional dan biaya operasional.

Baca Juga: Hingga Juli 2021, OJK Hentikan Operasional 3.365 Pinjol Ilegal

Sekian ulasan tentang biaya non operasional yang sangat berguna untuk proses berjalannya perusahaan dalam melakukan kegiatan utama. Bagaimana menurut kamu tentang biaya non operasional?

Topic:

  • Rinda Faradilla

Berita Terkini Lainnya