Comscore Tracker

Cara Jitu Menabung untuk Kamu yang Boros, Demi Masa Depan!

Meski boros tetap harus nabung dong ya?

Memang betul uang tidak akan serta merta membuat kita bahagia, namun bagaimanapun juga kita tetap membutuhkan uang untuk bertahan hidup bukan? Karena itu kita harus pintar dalam mengelola keuangan kita. 

Hidup hemat memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, namun demi kondidi keuangan yang lebih sehat hal itu mau tak mau harus ditempuh. Meski kita termasuk sebagai orang yang boros, kita harus berusaha sekuat tenaga untuk mempersiapkan tabungan untuk kebutuhan hidup di masa mendatang.

Nah, bila kamu merasa selama ini termasuk orang yang boros dan sulit sekali untuk menabung, berikut cara jitu yang bisa kamu terapkan agar kamu bisa terus menabung.

1. Buat target maksimal pengeluaran uang per minggu

Cara Jitu Menabung untuk Kamu yang Boros, Demi Masa Depan!Unsplash.com/@belart84

Agar pengeluaranmu tidak semakin boros, kamu perlu mengatur jumlah pengeluaran setiap minggunya. Salah satu cara paling efektif untuk mengaturnya adalah dengan menetapkan target maksimal pengeluaran per minggu. 

Misalkan, dalam satu minggu kamu hanya boleh maksimal menghabiskan uangmu sebesar Rp150.000 saja. Sehingga kira-kira dalam 1 bulan kamu hanya menghabiskan uang sebanyak kurang lebih Rp600.000 - Rp650.000 saja. Tanpa terasa kamu sudah cukup menghemat banyak uang bukan?

2. Eliminasi kebutuhan yang mengeluarkan biaya terbesar

Cara Jitu Menabung untuk Kamu yang Boros, Demi Masa Depan!Unsplash.com/@joshrh19

Kamu harus tahu apa yang menjadi kekuranganmu. Apa yang selama ini membuatmu jadi boros sehingga sulit menabung. Untuk membantu mengidentifikasi di mana kesalahanmu dalam mengatur uang, maka kamu harus melakukan pencatatan keuanganmu setiap hari, minggu dan bulan. 

Cari tahu, apa pengeluaran terbesarmu selama ini? Apakah pengeluaran terbesarmu itu benar-benar kebutuhan primer atau hanya sekadar keinginan saja? Jika sekiranya pengeluaran bulanan tersebut bisa ditekan dan kamu masih bisa bertahan hidup, maka kamu harus mulai mengurangi atau menghentikan pengeluaran tersebut. 

Baca Juga: Siapa Bilang Nabung Susah? Nih 6 Trik Hemat Pangkal Kaya Ala Milenial

3. Buat tabungan khusus yang wajib kamu isi setiap bulan

Cara Jitu Menabung untuk Kamu yang Boros, Demi Masa Depan!Unsplash.com/@pampouks

Paling tidak kamu harus punya dua tabungan terpisah. Satu untuk kebutuhan transaksi setiap bulan, satu lagi khusus untuk menabung. Pada saat pertama kali kamu menerima uang gaji, kamu harus membuat bujet atau perencanaan dalam 1 bulan ke depan. Lalu berapa jumlah uang yang akan kamu tabung dalam 1 bulan tersebut segera endapkan di rekening tabunganmu secara terpisah. 

Gak perlu ribet lagi untuk membuat rekening baru, karena kamu sekarang bisa buka tabungan di BCA mobile. Bikin tabungan di BCA mobile #DibikinSimpel aja, karena bisa di mana saja, kapan saja, bahkan tanggal merah sekalipun. 

Untuk membuat rekening di BCA mobile mudah banget. Berikut ini yang harus kamu persiapkan:

  • Pastikan smartphone milikmu sudah memiliki operating system minimal iOS 8 atau Android 4.4
  • Sediakan pulsa yang setidaknya cukup untuk 1x SMS 
  • Siapkan data pribadimu, yaitu e-KTP dan email pribadi
  • Memiliki kuota dan jaringan internet yang stabil untuk keperluan video call dengan customer service Halo BCA selama 5 - 15 menit

Setelah 4 hal tersebut sudah siap, kamu bisa langsung coba buka rekening baru di BCA mobile dan mengikuti langkah-langkahnya. Kemudian kamu tinggal melakukan verifikasi langsung, bisa melalui video call dengan customer service Hallo BCA di jam 06:00 - 20:00 WIB.

Bila sudah melewati jam operasional customer service, kamu bisa melakukan di lain waktu dengan batas waktu 7 hari kalender. Gimana, #JoinGenerasiSimpel dan #JoinGenerasiSimpelIDN sangat mudah bukan?

4. Ajak teman-teman di sekitarmu untuk bareng-bareng menjalani hidup hemat

Cara Jitu Menabung untuk Kamu yang Boros, Demi Masa Depan!Unsplash.com/@elevatebeer

Lingkungan sangat mempengaruhi gaya hidup seseorang. Gaya hidup sahabatmu, keluarga, teman di kantor sedikit banyak berpengaruh terhadap gaya hidupmu. Karena itu untuk mendukung kebiasaan hidup hemat dan menabung, ada baiknya kamu mengajak orang-orang di sekitarmu untuk menabung. Kalau perlu kamu membuat challenge dengan temanmu untuk berlomba menabung atau berhemat dalam seminggu. Menarik bukan? 

5. Catat target menabung dan jadikan itu sebuah motivasi

Cara Jitu Menabung untuk Kamu yang Boros, Demi Masa Depan!Unsplash.com/@kellysikkema

Untuk sebuah tujuan yang baik, pastinya kita harus menentukan target agar bisa tercapai sesuai rencana. Pastinya sebuah target yang baik adalah target yang bisa memberikan hasil positif secara terus menerus, dari bulan ke bulan. 

Seperti dalam menabung, kamu harus menentukan berapa jumlah uang setiap bulannya yang bisa kamu simpan. Target menabung ini minimal harus berjumlah sama secara konsisten. Namun kamu harus terus menantang diri sendiri untuk manikkan jumlah targetnya terlebih lagi jika diiringi dengan kenaikan jumlah penghasilan. 

Misalkan pada bulan ini kamu punya target harus menabung sebanyak Rp250.000, maka bulan selanjutnya harus naik menjadi Rp300.000 hingga batas maksimal yang bisa kamu tabung. 

 

Nah itulah tadi beberapa trik jitu menabung untuk kamu yang merasa boros dan sulit untuk menabung. Demi kondisi keuangan yang lebih baik dan aman, kamu harus berusaha sekuat tenaga untuk menabung. Sedini mungkin kamu mulai menabung, maka semakin mudah kamu mengatur keuangan dan kebutuhanmu di masa mendatang. Selamat mencoba!

Baca Juga: Ini Lho 5 Tanda Kalau Kamu Sudah Mapan secara Finansial

Ruth Christian Photo Community Writer Ruth Christian

@ruthchristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You