Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Menahan Diri dari Godaan Jajan yang Bikin Boros

Jajan teroooss... kapan nabungnya?

"Baru juga gajian, tapi duit kok gak terasa sudah lenyap entah ke mana ya? Belum juga pertengahan bulan?"

Mungkin kamu sering bergumam dalam hati seperti itu ketika mengetahui uang di dompet sudah mulai menipis, tapi kamu tak tahu ke mana perginya uang dari hasil gaji yang baru saja beberapa hari lalu kamu terima. 

Uangmu bukan menghilang tanpa sebab, apalagi karena dicolong tuyul! Bisa jadi kamu sendiri yang terlalu boros saat membeli jajan. Siapa nih yang suka banget jajan sampai-sampai kamu gak sadar kalau sudah hidup boros? Yuk, cek tips bagaimana cara mengerem kebiasaan boros jajan sehingga tabunganmu gak jebol!

1. Kurangi intensitas mampir ke minimarket

5 Tips Ampuh Menahan Diri dari Godaan Jajan yang Bikin BorosUnsplash.com/@joshrh19

Minimarket adalah surganya jajan, setuju gak? Setidaknya kalau kamu mampir ke minimarket akan timbul hasrat untuk membeli jajanan, entah untuk mengganjal perut sementara atau untuk stok jajanan di kantor, kost, rumah dan nonton film di kamar. 

Tapi keinginan jajan di dalam minimarket ini bisa jadi bikin kamu lebih mudah menghamburkan uangmu lho! Tadi yang niatnya cuma beli 2 snacks saja tapi tahu-tahu kamu memborong sampai 10 snack. Saat sudah sampai di kasir 

2. Batasi diri akan godaan cashback

5 Tips Ampuh Menahan Diri dari Godaan Jajan yang Bikin BorosUnsplash.com/@blakewisz

Karena semakin mudah dalam memesan makanan atau jajanan, dan sangat praktis menggunakan uang elektronik kamu jadi merasa semakin mudah untuk mengeluarkan uang tanpa dipikir dua kali. Apalagi sekarang customer semakin dihujani oleh promo-promo cashback.

Adanya promoo diskon atau cashback ini bisa bikin kamu lebih konsumtif lagi lho. Misalnya, kamu hendak memesan makan satu porsi saja sudah cukup seharga Rp25.000, tapi kamu mendapatkan informasi bahwa kamu mendapat bonus promo atau cashback dengan syarat minimal pembelian Rp50.000. Yang tadinya hanya mau beli 1 makanan saja, kamu jadi harus beli dua atau 3 makanan untuk dapetin promo atau cashback tersebut, padahal kamu sudah kenyang. 

Karena itu mulai lebih bijak lagi untuk menggunakan uang elektronikmu. Terapkan prinsip yang sama seperti kamu mengeluarkan uang secara fisik. Harus lebih berat dan dipikir dua kali, dan tidak mudah tergiur hanya karena kepraktisan transaksi saja. Bila kamu bisa menahan kebiasaan ini, dijamin deh kamu bisa lebih bisa menyisihkan tabungan lebih banyak lagi. 

3. Selalu evaluasi dan audit pengeluaran setiap minggu

5 Tips Ampuh Menahan Diri dari Godaan Jajan yang Bikin BorosUnsplash.com/@kellysikkema

Ikuti cara berhemat dari sebuah perusahaan atau bisnis, yaitu dengan cara mengaudit keuangan. Yup, kamu hanya perlu memonitor dan mengecek pengeluaranmu setiap minggu dan setiap bulan. Buatlah pembukuan atau pencatatan setiap transaksimu. 

Lalu pada akhir minggu dan akhir bulan, lihat catatanmu dan lakukan audit. Apa saja pengeluaran yang membengkak dan membuatmu boros. Mungkin saja dari sini kamu mengetahui, kalau selama ini kamu terlalu boros dalam membeli makan melalui ojek online.

Dalam seminggu kamu bisa memesan hingga 50 kali, padahal beberapa tempat makan tersebut lokasinya tidak terlalu jauh, sehingga kamu bisa ke sana menggunakan motormu sendiri yang notabene bisa jauh lebih menghemat. 

Baca Juga: 5 Jenis Pekerjaan Freelance untuk Menambah Pundi Keuangan Millennial

4. Kenakan pajak untuk diri sendiri

5 Tips Ampuh Menahan Diri dari Godaan Jajan yang Bikin Borosunsplash.com/@rupixen

Gak cuma negara yang mengenakan pajak ke masyarakatnya, tapi kamu juga bisa mengenakan pajak ke dirimu sendiri. Buatlah batas pajak yang harus kamu bayar pada diri sendiri setiap menerima gaji. Tentukan berapa persen uang gaji yang harus kamu simpan ke tabunganmu. Fungsinya untuk apa? Untuk menabung keperluan di masa depan dan investasi pastinya, sehingga uangmu gak cuma habis buat jajan saja. 

Pajak diri sendiri bisa kamu tabung untuk keperluan di masa depan dan sebagai uang daruratmu. Sebaiknya pisahkan uang tabunganmu ini dari rekening sehari-hari. Sekarang kamu lebih mudah dan praktis buka tabungan di BCA mobile karena bisa di mana saja, kapan saja dan tanggal merah sekalipun! 

Cara buka tabungan di BCA mobile #DibikinSimpel aja, cukup siapkan beberapa langkah mudah berikut ini: 

  • Pastikan smartphone milikmu sudah memiliki operating system minimal iOS 8 atau Android 4.4
  • Sediakan pulsa yang setidaknya cukup untuk 1x SMS
  • Siapkan data pribadimu, yaitu e-KTP dan email pribadi
  • Memiliki kuota dan jaringan internet yang stabil untuk keperluan video call dengan customer service Halo BCA selama 5 - 15 menit
  • Setelah 4 hal tersebut sudah siap, kamu bisa langsung coba buka rekening baru di BCA mobile dan mengikuti langkah-langkahnya. Kemudian kamu tinggal melakukan verifikasi langsung, bisa melalui video call dengan customer service Hallo BCA di jam 06:00 - 20:00 WIB.

Kalau sudah lebih dari jam operasional customer service, kamu bisa coba di lain waktu dengan batas 7 hari kalender. Gimana nih? #JoinGenerasiSimpel sangat simpel kan? Yuk, buruan #JoinGenerasiSimpelIDN sekarang juga.

5. Kurangi makan di luar dengan memasak yang lebih sehat dan hemat

5 Tips Ampuh Menahan Diri dari Godaan Jajan yang Bikin BorosUnsplash.com/@aaronphs

Mengurangi kebiasaan jajan atau nyemil di luar memang tidak mudah. Kamu butuh niat, tekad dan effort yang besar. Namun kembali lagi, demi keuangan yang lebih sehat dan masa depan, kamu harus mau berkorban sedikit. 

Agar hasrat jajan dan nyemil tetap terpenuhi tapi tidak perlu menghabiskan banyak uang, kamu bisa menyiasati dengan memasak makanan atau jajanan sendiri. Pilih camilan yang lebih sehat dan juga lebih mengenyangkan seperti buah-buahan kaya serat dan segar.

Selain itu kamu bisa memasak sendiri makanan yang lebih sehat dan bersih, di mana kita tahu bahwa memasak sendiri adalah cara paling ampuh untuk menghemat keperluan konsumsi sehari-hari. 

Nah, itulah 5 tips ampuh mengurangi kebiasaan jajan di luar yang bisa bikin kamu hidup lebih hemat. Kebiasaan hidup boros memang tidak baik buat keuangan dan juga kesehatan lho. Yuk, tunggu apalagi? Mulai dicoba untuk diterapkan demi masa depan yang lebih baik!

Baca Juga: 5 Tips Buat Fresh Graduate Agar Keuangan Aman di Tahun Pertama Kerja

Ruth Christian Photo Verified Writer Ruth Christian

@ruthchristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya