Comscore Tracker

5 Tips Buat Fresh Graduate Agar Keuangan Aman di Tahun Pertama Kerja

Gaji pertama kadang bikin terlena

Pekerjaan pertama pasti sangat berkesan bagi tiap orang, termasuk para fresh graduate. Bukan hanya soal gaji, mendapat pekerjaan pertama juga meningkatkan kepercayaan diri. Jadi modal untuk lebih mantap merencanakan masa depan.

Biasanya, pengelolaan keuangan menjadi godaan berat di tahun pertama bekerja. Kalau gak hati-hati, bisa terlena dengan keinginan belanja. Yuk, simak lima tips cerdas buat para fresh graduate agar keuangan tetap aman di tahun pertama kerja.

1. Gaji pertama bukan berarti foya-foya

5 Tips Buat Fresh Graduate Agar Keuangan Aman di Tahun Pertama KerjaPexels/Bruce Mars

Tanamkan mindset hemat sejak mendapat gaji pertama. Biasanya godaan paling besar terjadi di tiga bulan pertama bekerja. Gak bisa dipungkiri, pasti senang rasanya mendapatkan uang dari hasil jerih payah sendiri.

Bukan berarti gak boleh menikmati penghasilan, tapi hindari keinginan foya-foya demi merayakan gaji pertama. Ambil secukupnya untuk memberi reward pada diri sendiri. Namun utamakan kebutuhan penting dan mulai menabung.

2. Tahan diri dari sikap impulsif

5 Tips Buat Fresh Graduate Agar Keuangan Aman di Tahun Pertama KerjaPexels/Alexandra Maria

Saat memiliki simpanan uang, kadang menjadi begitu sulit menahan diri dari sikap impulsif. Keinginan untuk belanja muncul secara tiba-tiba, dan diri ini entah kenapa selalu menemukan alasan untuk terus melakukannya.

Jangan ragu bersikap keras pada diri sendiri jika dirasa sudah keterlaluan. Apalagi jika kamu merasa makin kesulitan mengontrol sikap impulsif dalam membelanjakan uang.

3. Tetapkan bujet hiburan

5 Tips Buat Fresh Graduate Agar Keuangan Aman di Tahun Pertama KerjaPexels/Craig Adderley

Ada cara cerdas menghindari sikap impulsif, yaitu dengan menetapkan bujet khusus untuk hiburan. Pola pengaturan keuangan ini akan membuatmu tenang, akan selalu ada bujet hiburan yang bisa dibelanjakan setiap bulannya.

Tapi harus diikuti dengan sikap disiplin, ya. Jangan mencari-cari pembenaran saat muncul hasrat ingin berbelanja lebih dari bujet yang sudah dianggarkan.

Baca Juga: 4 Kesalahan Orangtua Millennial dalam Merencanakan Keuangan 

4. Catat pengeluaran rutin dan penting

5 Tips Buat Fresh Graduate Agar Keuangan Aman di Tahun Pertama KerjaPexels/picjumbo.com

Di masa-masa awal adaptasi dengan rutinitas baru, kamu juga bakal dihadapkan dengan perubahan kebutuhan pokok. Misalnya semula masih tinggal dengan orang tua, kini setelah merantau bekerja harus ada anggaran uang indekos atau kontrakan setiap bulan.

Kebutuhan belanja pokokmu pun akan berubah. Kamu mungkin perlu rutin melakukan perawatan tubuh untuk menjaga penampilan di dunia kerja. Ada juga kebutuhan kesehatan, biaya transportasi, dan uang makan.

Nah, biasakan dirimu untuk rutin mencatat pengeluaran rutin dan penting setiap bulannya. Catatan ini bisa dijadikan pertimbangan untuk menyusun skala prioritas. Dengan begitu, kamu bakal lebih mudah mengelola gaji sesuai urutan prioritasnya.

5. Punya rekening tabungan cadangan

5 Tips Buat Fresh Graduate Agar Keuangan Aman di Tahun Pertama KerjaPexels/Pixabay

Jika kamu merasa sulit menyisihkan uang bulanan, memiliki rekening tabungan cadangan bisa dijadikan solusi. Fungsikan rekening tersebut sebagai tabungan diam, usahakan gak mengutak-utiknya kecuali untuk kebutuhan yang sangat mendesak.

Sekarang ada cara praktis, lho untuk membuka rekening tabungan baru. Kamu gak perlu datang langsung ke bank, bisa #DibikinSimpel melalui smartphone.

Fitur cerdas ini bisa kamu dapatkan di aplikasi BCAmobile. Panduannya mudah diikuti dan prosesnya pun cepat, cocok buat para millennial yang ingin #JoinGenerasiSimpel.

Yuk, #JoinGenerasiSimpelIDN dan jadi millennial yang cerdas dalam mengatur keuangan!

Baca Juga: 5 Momen Mendesak yang Bisa Dibantu oleh BCA Mobile

Arthasalina Photo Community Writer Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You