Comscore Tracker

7 Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data, Tetap Waspada! 

Jangan sampai terjerumus di drama pinjol

Fintech lending atau yang dikenal sebagai pinjaman online (pinjol) fokus pada transaksi pinjam meminjam berbasis teknologi. Meski menguntungkan peminjam, beberapa pinjaman online ilegal menerapkan kebijakan yang terkesan tidak masuk akal dan membahayakan peminjam.

Misalnya, pinjaman dengan suku bunga dan biaya tinggi serta sistem denda keterlambatan tanpa batas. Akibatnya, peminjam harus menanggung risiko apabila tidak bisa melunasi pinjaman sesuai dengan tanggal jatuh tempo.

Risiko yang harus dihadapi peminjam cukup beragam, mulai dari ancaman dan teror hingga penyebaran informasi pribadi peminjam baik melalui media sosial maupun kontak HP.

Lantas, bagaimana cara agar kamu bisa melakukan transaksi peminjaman uang secara aman tanpa khawatir data pribadimu tersebar? Yuk, simak 7 cara agar pinjol tidak sebar data berikut ini.

Baca Juga: 9 Perbedaan Binary Option dengan Spot Trading, Jangan Keliru!

1. Tolak Akses Kontak

7 Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data, Tetap Waspada! Cara agar data tidak disebar oleh pinjol dengan menolak akses kontak (pexels.com/fotios-photos)

Salah satu cara agar data tidak disebar oleh pinjol adalah dengan menolak akses aplikasi. Seperti yang diketahui, pinjaman online hanya bisa diakses secara online melalui ponsel.

Pinjol ilegal yang tidak bertanggung jawab kerap melakukan peretasan informasi pribadi peminjam yang ada di ponsel sebagai senjata utama dalam melakukan penagihan. Padahal, pinjol legal hanya diizinkan mengakses mikrofon, kamera, dan lokasi/GPS.

Guna menghindari risiko itu, kamu perlu memblokir akses kontak dan media aplikasi pinjol. Pemblokiran ini bisa dilakukan dengan menonaktifkan izin aplikasi pinjol pada menu setting aplikasi di ponselmu. Pemutusan akses ini akan mencegah pinjol mengintip data pribadimu yang tersebar dalam ponsel. 

2. Tepati Pembayaran Pinjaman

7 Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data, Tetap Waspada! Cara agar data tidak disebar oleh pinjol dengan menepati pembayaran pinjaman (pexels.com/karolina-grabowska)

Fintech ilegal umumnya menjalankan aksi teror dan ancaman karena peminjam tidak melakukan pengembalian pinjaman sesuai ketentuan jatuh tempo. Oleh karena itu, membayar cicilan secara tepat waktu menjadi cara agar data tidak disebar oleh pinjol selanjutnya.

Sebelum melakukan peminjaman, kamu harus mengetahui legalitas dan memahami mekanisme kerja pinjol, termasuk konsekuensinya. Lebih baik menghindari pinjol bila merasa tidak sanggup mencicil kewajiban secara konsisten. Namun, jika sudah terlanjur meminjam, segera lunasi pinjaman dan uninstall aplikasi pinjol dari ponsel.

Baca Juga: 13 Daftar Pinjaman Online Legal yang Berizin OJK

3. Laporkan Pinjol Ilegal ke POLRI

7 Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data, Tetap Waspada! Cara agar data tidak disebar oleh pinjol dengan melapor ke POLRI (pexels.com/nicola-barts)

Karena maraknya pengaduan mengenai pelanggaran pinjol, Pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Polri, Kominfo, Kemenkop UKM, dan Bank Indonesia telah membentuk komitmen pemberantasan pinjol ilegal guna menindak tegas dan memberi efek jera pada pinjol tak berizin.

Apabila mengalami tindak kejahatan siber, kamu bisa melaporkan kasus pinjol ilegal ke pihak berwenang. Uniknya, kamu tidak repot mendatangi kantor polisi dan membuat laporan. Cukup kunjungi situs patrolisiber.id, kemudian mengisi formulir secara lengkap, mulai dari kronologi hingga bukti. Walau tidak secara otomatis menjadi laporan polisi, laporan yang kamu adukan bisa diterbitkan jika terdapat bukti pendukung yang sah.

4. Laporkan Pinjol Ilegal ke OJK

7 Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data, Tetap Waspada! Cara agar data tidak disebar oleh pinjol dengan melapor ke OJK (pexels.com/rodnae-prod)

Selain ke POLRI, kamu juga bisa membuat pengaduan ke OJK. Caranya cukup mudah. Kamu bisa menghubungi OJK lewat WhatsApp di 081-157-157-157 atau kontak resmi OJK di nomor 157.

Tak hanya itu, kamu dapat mengirimkan e-mail ke Satgas Waspada Investasi dengan alamat surel waspadainvestasi@ojk.go.id. Jika terbukti melakukan tindak kejahatan, aplikasi pinjol akan segera diblokir oleh OJK. Melalui Satgas Waspada Investasi, OJK telah berhasil memblokir 3.5616 entitas pinjol ilegal.

5. Hindari Konten Promosi Pinjol Ilegal

7 Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data, Tetap Waspada! Cara agar data tidak disebar oleh pinjol dengan menghindari konten pinjol (pexels.com/@freestocks)

Salah satu cara mempromosikan pinjol ilegal adalah dengan mengunggah konten pinjol di kanal YouTube. Bahkan, pinjol tak ragu menggandeng sejumlah konten kreator terkemuka guna menjerat lebih banyak target.

Konten ini bertujuan untuk mengecoh dan membujuk penonton agar melakukan pinjaman uang di aplikasi pinjiol yang dibahas. Tak jarang video yang dibagikan berisi iming-iming dan janji keuntungan guna menarik minat penonton.

Agar tidak termakan ajakan ini, kamu perlu menghindari video promosi pinjol ilegal. Sangat dianjurkan pula untuk melaporkan video agar bisa dihapus dan diblokir oleh YouTube.

6. Tingkatkan Literasi Keuangan

7 Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data, Tetap Waspada! Cara agar data tidak disebar oleh pinjol dengan meningkatkan literasi keuangan (pexels.com/@thatguycraig000)

Tingkat literasi keuangan masyarakat yang rendah memicu maraknya kemunculan pinjol ilegal. Pinjol ilegal umumnya menawarkan pinjaman online yang dapat ditarik dalam hitungan menit. Masyarakat  yang tergiur dengan iming-iming pinjol tanpa mengetahui legalitasnya dapat menjadi korban selanjutnya.

Memperbanyak literasi keuangan dapat dimulai dengan mengikuti seminar hingga memperkenalkan jenis transaksi keuangan sejak dini. Literasi keuangan dan kemampuan berpikir kritis memudahkanmu membedakan antara aplikasi pinjaman online legal dengan yang ilegal. Tak hanya itu, kamu juga bisa menilik hak dan kewajiban sebagai pengguna jasa pinjaman online.

7. Ajukan Pinjaman Pada Pinjol Resmi

7 Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data, Tetap Waspada! Cara agar data tidak disebar oleh pinjol denngan menggunakan pinjol resmi (pexels.com/liza-summer)

Memanfaatkan pinjol legal adalah cara agar data tidak disebar oleh pinjol berikutnya. Pinjaman online terpercaya akan terdaftar di dan diawasi langsung oleh OJK. Pinjol resmi memiliki legalitas resmi dan mekanisme peminjaman dan penagihan yang jelas.

Data yang bisa diakses pinjol legal juga tidak sebanyak pinjoli legal, hanya terbatas pada kamera, mikrofon, dan lokasi. Alhasil, peluang datamu diretas oleh pinjol legal sangat kecil. Bunga dan biaya pinjaman yang diterapkan pinjol resmi juga sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Itulah 7 cara agar pinjol tidak sebar data pribadi kamu yang wajib diketahui. Bila tertarik melakukan peminjaman online, pilihlah aplikasi pinjol yang ada di bawah naungan OJK untuk menghindari risiko penyebaran data pribadi.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Melakukan Investasi Tanpa Persiapan, Risiko Rugi!

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya