Comscore Tracker

5 Alasan Masuk Akal Mengapa Kamu Harus Konsisten dalam Menabung Uang

Apakah kamu sudah mulai menabung?

Semua orang pasti menginginkan sebuah masa depan tanpa beban finansial. Hal tersebut akan mudah didapat jika kamu menabung mulai dari sekarang. Namun pada kenyataannya hal itu sangat susah untuk dilakukan karena kamu dituntut untuk menghadapi segala cobaan yang ada.

Tetapi mau tidak mau kamu harus menabung mulai dari sekarang untuk menghindari hal-hal buruk yang gak diinginkan di masa depan. Ada beberapa alasan lain mengapa kamu harus mulai menabung untuk masa depan. Untuk penjelasannya, coba simak pembahasannya berikut ini.

1. Ingatlah bahwa suatu saat kamu akan menikah 

5 Alasan Masuk Akal Mengapa Kamu Harus Konsisten dalam Menabung Uangpexels.com/Lee Hnetinka

Salah satu alasan yang cukup logis adalah suatu saat kamu pasti akan menikah dan berkeluarga. Agar dapat merealisasikan hal tersebut kamu perlu merdeka secara finansial terlebih dahulu biar semua urusan bisa berjalan sesuai ekspektasi.

Coba bayangkan jika gak memiliki tabungan sama sekali, lantas mau makan apa keluarga kecilmu kelak? Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk berpikir lebih realistis dalam menjalani hidup, terutama perihal finansial.

2. Suatu saat nanti pasti akan ada pengeluaran yang tidak terduga 

5 Alasan Masuk Akal Mengapa Kamu Harus Konsisten dalam Menabung Uangpexels.com/andrea piacquadio

Tidak dapat dimungkiri bahwa hidup itu dipenuhi dengan misteri. Kamu gak bisa memprediksi hal apa yang akan terjadi di masa depan. Dengan adanya hal tersebut kamu harus memiliki tabungan yang dapat menjadi tameng ketika ada hal tak terduga tiba-tiba terjadi.

Salah satu contoh hal tak terduga yaitu meliputi sakit, membayar utang, ataupun semacamnya. Maka dari itu memiliki tabungan dapat meminimalisir kesengsaraan yang akan didapat jika kamu menghadapi sebuah permasalahan hidup.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Konsisten Kamu Lakukan agar Tak Kesulitan Menabung

3. Ingatlah bahwa sejatinya hidup itu memerlukan materi 

5 Alasan Masuk Akal Mengapa Kamu Harus Konsisten dalam Menabung Uangpexels.com/anna shvets

Dalam menjalani hidup di dunia ini kamu perlu senantiasa berpikir kritis agar segala permasalahan mudah teratasi. Salah satu bentuk berpikir kritis yang dimaksud adalah kamu paham dan menyadari bahwa sejatinya hidup itu memerlukan materi.

Apalagi dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari, kamu memerlukan uang untuk mendapatkan hal itu semua. Jika kamu masih menunda-nunda untuk menabung, lantas bagaimana nasibmu di masa depan? Ingatlah bahwa kamu gak bisa hidup hanya dengan modal nekat.

4. Saat ini kamu masih belum memiliki tanggungan yang berarti 

5 Alasan Masuk Akal Mengapa Kamu Harus Konsisten dalam Menabung Uangpexels.com/Afta Putta Gunawan

Saat menginjak usia produktif, dapat dikatakan bahwa tanggunganmu itu tidak terlalu banyak. Kamu masih belum memiliki tanggung jawab untuk menafkahi keluarga kecil sehingga alokasi danamu masih teratur. Cobalah untuk memanfaatkan hal tersebut demi masa depan yang lebih baik.

Percayalah bahwa suatu saat nanti kamu akan berterimakasih kepada diri sendiri jika memutuskan untuk menabung di masa muda. Jadilah orang yang lebih visioner dalam menjalani hidup agar kelak kamu dapat menikmati kedamaian.

5. Harga kebutuhan pokok pasti akan meningkat seiring berjalannya waktu 

5 Alasan Masuk Akal Mengapa Kamu Harus Konsisten dalam Menabung Uangpexels.com/bongkarn thanyakij

Seiring berjalannya waktu, harga kebutuhan pokok akan terus bertambah. Tidak hanya itu, harga rumah maupun kendaraan pun juga akan bertambah pula. Untuk meringankan bebanmu nanti dalam pemenuhan beberapa hal tersebut, cobalah untuk menabung mulai dari sekarang.

Kamu gak bisa terus-terusan bertahan pada kebiasaan yang memaksamu untuk berfoya-foya. Pikirkanlah tentang bagaimana keberlangsungan hidupmu suatu saat nanti. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk membangun kebiasaan positif dalam hal finansial.

Menabung merupakan sebuah hal yang wajib setiap orang lakukan jika ingin merdeka secara finansial di masa depan. Bersabarlah dalam menabung agar kebahagiaan yang kamu eskpektasikan akan terealisasi kelak.

Baca Juga: Selain Menabung, 5 Hal Ini Bantu Kamu Lebih Bijak dalam Mengatur Uang

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya