Comscore Tracker

5 Tips Membayar Tagihan Kartu Kredit agar Tidak Menumpuk

Jangan sampai justru mendapat denda yang lebih banyak!

Penggunaan kartu kredit bagi sebagian orang mungkin merupakan hal yang sangat wajar. Hal ini biasanya didasari dari rasa praktis dan kemudahan dalam menggunakannya.

Meski praktis, namun ada bahaya yang mengintai bila terlalu terbiasa menggunakannya, yaitu utang atau tagihan yang menumpuk. Jika tak segera dibayar, maka dendanya akan semakin menambah beban dari tagihan. Untuk memudahkanmu dalam membayar tagihan dari kartu kredit, maka kamu dapat mencoba beberapa tips penting yang berikut ini.

1. Jangan bergantung dengan kartu kredit lagi

5 Tips Membayar Tagihan Kartu Kredit agar Tidak MenumpukIlustrasi kartu kredit (Pexels/Tima Miroshnichenko)

Hal yang paling utama sebelum memutuskan untuk membayar tagihan adalah dengan menghilangkan rasa adiktif dari penggunaan kartu kredit. Jangan bergantung dengan kartu kredit untuk segala bentuk kebutuhan yang ingin dipenuhi.

Biasakan untuk membawa uang tunai atau menggunakan debit agar memudahkanmu dalam membayar. Jangan terbiasa menggunakan kartu kredit bila masih kesulitan dalam membayar biaya tagihannya.

2. Tulis rincian pengeluaranmu dari kartu kredit

5 Tips Membayar Tagihan Kartu Kredit agar Tidak MenumpukIlustrasi manajemen keuangan (Unsplash.com/Estée Janssens)

Setiap akhir bulan, kamu dapat mempersiapkan catatan keuangan yang sudah dihabiskan. Tak hanya sekadar pengeluaran keuangan, namun kamu juga perlu menuliskan rincian dari penggunaan kartu kredit dan berapa cicilannya.

Melalui rincian biaya tersebut, nantinya akan memberikanmu gambaran untuk bulan-bulan ke depannya. Jangan sampai pengeluaran kartu kredit untuk bulan-bulan ke depannya justru semakin besar.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Pakai Kartu Kredit

3. Memperhitungkan pendapatan bulanan dengan biaya membayar tagihan dari kartu kredit

5 Tips Membayar Tagihan Kartu Kredit agar Tidak MenumpukIlustrasi keuangan (Unsplash.com/Markus Spiske)

Membayar tagihan dari kartu kredit tentunya menjadi tanggung jawabmu sepenuhnya. Hal inilah mengapa kamu tak boleh sembarangannya dalam menggunakannya.

Kamu perlu memperhitungkan berapa pendapatanmu perbulannya dan berapa yang harus kamu keluarkan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Setelah itu, baru kamu boleh memperhitungkan biaya untuk membayar tagihan dari kartu kredit.

4. Mencari pekerjaan sampingan khusus untuk pembiayaan kartu kredit

5 Tips Membayar Tagihan Kartu Kredit agar Tidak MenumpukIlustrasi pria sedang bekerja (Unsplash.com/Tim van der Kuip)

Kadang kala, kamu tak bisa sembarangan menggunakan kartu kredit apabila pendapatanmu masih belum stabil. Sebaiknya pikirkan kembali sebelum kamu benar-benar memutuskan untuk memiliki dan menggunakan kartu kredit.

Apabila sudah terlanjur memilikinya dan tagihan yang diperoleh perbulannya juga besar, maka carilah alternatif dengan mencari pekerjaan sampingan. Pendapatan dari pekerjaan sampingan itu nantinya dapat digunakan khusus untuk pembiayaan kartu kredit.

5. Jangan menggampangkan tagihan dari kartu kredit

5 Tips Membayar Tagihan Kartu Kredit agar Tidak MenumpukIlustrasi dompet kosong (Unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Nominal dari tagihan kartu kredit setiap orang pastinya berbeda dan disesuaikan dengan penggunaannya masing-masing. Hal tersebut membuat setiap tagihan bersifat relatif antara satu orang dengan orang lainnya.

Hal yang terpenting untuk kamu ingat adalah jangan menggampangkan setiap tagihan yang kamu miliki, meskipun nominalnya kecil. Segeralah untuk membayar tagihan tersebut agarnya nanti justru tidak menumpuk hingga terkena denda.

 

Di balik kepraktisan penggunaan kartu kredit, tentunya juga menyimpan konsekuensi yang harus kamu tanggung. Gunakan kartu kredit dengan bijak sebagai alat pembayaran yang mudah digunakan. Jangan abaikan tagihannya, ya!

Baca Juga: Jenis-Jenis Kartu Kredit, Kamu Pakai yang Mana?

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya