Comscore Tracker

5 Tips Mengatur Keuangan untuk Makan, Perut Kenyang Tanpa Boros!

Meski lebih hemat, tetapi menu makanan tetap sehat, ya

Setiap orang pastinya memiliki perhitungan tersendiri mengenai keuangan yang mereka miliki. Biasanya hal tersebut akan berkaitan dengan segala aspek keperluan bagi keluarga, baik itu untuk urusan rumah tangga bahkan hingga keperluan makan. Tentunya menjadi salah satu kebutuhan primer, perlu ada pertimbangan matang ketika membagi penghasilan untuk urusan dapur atau makan.

Agar tidak terlalu boros atau merogok kocekmu dalam-dalam, kamu perlu mengetahui beberapa hal untuk memangkas budget berlebih yang sekiranya masih dapat dan mampu kamu akali. 

Untuk kamu yang ingin tetap ingin memiliki kebutuhan finansial yang tidak boros, namun keperluan dapur atau makan tetap dapat dipenuhi, maka pastikan kamu memahami beberapa hal berikut ini. Simak yuk caranya!

1. Pergi belanja seminggu sekali dengan bahan yang lengkap

5 Tips Mengatur Keuangan untuk Makan, Perut Kenyang Tanpa Boros!Unsplash/Olivia Colacicco

Bila kamu baru saja mendapatkan gaji dari pekerjaan, tidak ada salahnya bila kamu dapat langsung menyisihkan beberapa untuk keperluan dapur dan makan. Opsi yang dapat kamu pilih adalah dengan pergi berbelanja kebutuhan bahan-bahan seminggu sekali, namun pastikan apa yang dibeli telah lengkap.

Selain akan memudahkanmu, kamu juga akan mampu memangkas biaya berlebih jika berbelanja setiap hari dengan harga yang tak dapat diprediksi. 

2. Menggunakan metode meal prep

5 Tips Mengatur Keuangan untuk Makan, Perut Kenyang Tanpa Boros!stemilt.com

Metode meal prep memang dirasa menjadi sebuah tren baru di kalangan ibu rumah tangga yang sibuk, namun tetap dapat meluangkan waktu untuk mempersiapkan makan bagi keluarga.

Metode ini memang memiliki berbagai varian menu, salah satunya adalah dengan meletakkan bahan-bahan di freezer sebelum kemudian diolah kembali ketika memang akan dimasak. Metode ini mampu memangkas biaya karena kamu dapat lebih hemat, serta memiliki menu yang jauh lebih sehat.

Baca Juga: Tanpa Sadar, 6 Gaya Hidup Ini yang Bikin Boros Lho!

3. Rajin memasak di rumah dan jangan terlalu sering makan di luar

5 Tips Mengatur Keuangan untuk Makan, Perut Kenyang Tanpa Boros!Unsplash/Edgar Castrejon

Tidak ada salahnya bila sesekali kamu ingin menikmati olahan di luar, seperti kedai atau restoran. Namun, pastikan bahwa hal ini tidak menjadi kebiasaan yang dapat berlanjut hingga terus menerus sebab bisa memengaruhi kemampuan finansialmu.

Cobalah untuk lebih banyak memasak di rumah karena akan membantumu dalam menghemat pengeluaran, serta tentunya jauh lebih sehat bila dikonsumsi. Pastikan bahwa kamu memilih menu yang tepat dan sehat sehingga dapat dikonsumsi dengan baik. 

4. Memiliki perencanaan jelas mengenai pembelanjaan makanan

5 Tips Mengatur Keuangan untuk Makan, Perut Kenyang Tanpa Boros!Unsplash/Alyson McPhee

Tentunya hal-hal di atas sulit terjadi bila kita justru tidak memiliki perencanaan mengenai perbelanjaan secara jelas dan rinci. Meski sering dilewatkan fungsinya, justru perencanaan ini dapat membantumu dalam proses menghemat biaya makan.

Pastikan bahwa kamu telah mengetahui apa saja yang sekiranya memang kamu butuhkan. Jangan membeli bahan-bahan yang sekiranya tidak begitu kamu butuhkan. 

5. Biasakan untuk membawa bekal makanan

5 Tips Mengatur Keuangan untuk Makan, Perut Kenyang Tanpa Boros!Unsplash/ qi bin

Menjalani aktivitas di luar rumah memang cukup menyita waktu dan tenaga. Tak heran bila di tengah kesibukan membuat kita menjadi mudah lelah karena kurangnya asupan nutrisi.

Biasanya orang-orang akan memilih untuk makan di luar sebagai opsi dalam mengisi energi, namun hal tersebut justru seperti membuang banyak biaya bila dilakukan terlalu sering. Mulailah biasakan diri untuk membawa bekal dari rumah. Selain lebih hemat, tentu akan jauh lebih sehat. 

Nah, beberapa tips menghemat pengeluaran makan di atas dapat menjadi informasi serta inspirasi untukmu dalam mengatur keuangan. Jadi, jangan boros lagi, ya! 

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal yang Bikin Pengeluaran Bulananmu Cepat Habis

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya