Comscore Tracker

BNI Akuisisi Bank Mayora, Kuasai 1,1 Miliar Lembar Saham

BNI mencaplok saham Bank Mayora

Jakarta, IDN Times - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mengakuisisi PT Bank Mayora. Hal itu disampaikan oleh BNI melalui keterangan yang dipublikasikan di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Perseroan telah menyelesaikan pengambilalihan atas PT Bank Mayora (Bank Mayora) melalui penyetoran dana atas saham baru yang diterbitkan Bank Mayora dan pembelian saham lama milik International Finance Corporation (IFC)," kata pihak BNI dikutip IDN Times, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga: BNI Bukukan Laba Rp3,96 Triliun selama Kuartal-I 2022

1. BNI menguasai 63 persen saham Bank Mayora

BNI Akuisisi Bank Mayora, Kuasai 1,1 Miliar Lembar SahamIlustrasi Gedung BNI. (Dok. BNI)

Dijelaskannya dalam laporan informasi atau fakta material yang dipublikasikan BNI, pada 18 Mei 2022, perseroan telah menandatangani Akta Jual Beli Saham No 83 tanggal 18 Mei 2022 dengan IFC yang dibuat dihadapan Jose Dima Satria, S.H. Notaris di Jakarta Selatan (Akta Jual).

BNI juga menandatangani Akta Pengambilalihan Saham No 84 pada 18 Mei 2022 dengan Bank Mayora yang dibuat dihadapan Jose Dima Satria, S.H., Notaris di Jakarta Selatan (Akta Pengambilalihan). Hal di atas dilakukan dalam rangka penyelesaian transaksi pengambilalihan Bank Mayora

"Dengan dilaksanakannya pengambilalihan Bank Mayora, perseroan memegang 1.198 229 838 saham Bank Mayora yang mewakili 63.92 persen dari total saham yang ditempatkan dan disetor dalam Bank Mayora," ujar perseroan.

Baca Juga: BNI Asset Management Luncurkan Reksa Dana BNI 30G  

2. BNI menjadi pemegang saham pengendali Bank Mayora

BNI Akuisisi Bank Mayora, Kuasai 1,1 Miliar Lembar SahamGedung BNI. (Dok. BNI)

Struktur kepemilikan modal Bank Mayora setelah transaksi, yakni PT Mayora Inti Utama sebanyak 676.313.152 lembar saham atau 36,08 persen dari total keseluruhan, dan BNI 1.198.229.838 lembar saham atau 63,92 persen.

Perseroan telah memenuhi persyaratan sesuai dengan Salinan Keputusan Anggota Dewan Komisioner OJK No KEP-66/D 03/2022 tanggal 28 April 2022 tentang Hasil Penilaian Kemampuan dan Kepatutan BNI selaku calon Pemegang Saham Pengendali dan Negara Republik Indonesia selaku calon Ultimate Shareholder Bank Mayora.

"Telah ditetapkan bahwa perseroan selaku calon Pemegang Saham Pengendali Bank Mayora dinyatakan memenuhi persyaratan menjadi Pemegang Saham Pengendali Bank Mayora," ujar BNI.

3. BNI sebut akuisisi Bank Mayora memberikan dampak positif terhadap perseroan

BNI Akuisisi Bank Mayora, Kuasai 1,1 Miliar Lembar SahamIlustrasi kartu kredit BNI (IDN Times/Anata)

Perbankan BUMN itu menjelaskan bahwa pencaplokan sebagian besar saham Bank Mayora akan berdampak positif terhadap perseroan.

"Pengambilalihan Bank Mayora oleh perseroan akan memberikan dampak positif terhadap kinerja perseroan dan mendukung transformasi perseroan menjadi penyedia solusi finansial terintegrasi berbasis digital," tambahnya.

Baca Juga: Dirut BNI: Keuntungan Jadi BNI Agen46 Dapat Pembiayaan KUR Rp500 Juta

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya