Comscore Tracker

Intip nih, 7 Rahasia Traveling Hemat ke Luar Negeri 

Kamu bisa menekan pengeluaran

Jakarta, IDN Times - Kamu mungkin pernah kepikiran untuk liburan ke luar negeri. Tapi kamu merasa berat untuk mewujudkan keinginan tersebut karena jalan-jalan ke luar negeri membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Tapi kamu bisa merealisasikan keinginan kamu pelesiran ke luar negeri dengan menghemat pengeluaran. Seperti dikutip dari Jenius, ada 7 tips liburan ke luar negeri dengan budget terbatas. Simak tips-tipsnya berikut ini!

Baca Juga: Tips Hemat Belanja Kebutuhan Sekolah Jelang Tahun Ajaran Baru

1. Pilih negara tujuan bebas visa untuk pemegang paspor Indonesia

Intip nih, 7 Rahasia Traveling Hemat ke Luar Negeri (Dok. imigrasi.go.id)

Kamu bisa menghindari negara-negara yang memberikan akses bebas visa untuk menekan biaya jalan-jalan ke luar negeri. Sebab, biayanya cukup mahal, bisa ratusan hingga jutaan rupiah.

Banyak negara tujuan liburan menarik yang gak bikin kamu repot mengurus visa. Kamu bisa berselancar di internet untuk mendapatkan informasi mengenai negara-negara mana saja yang bebas visa untuk Indonesia.

2. Tentukan waktu liburan jangan saat high season

Intip nih, 7 Rahasia Traveling Hemat ke Luar Negeri ilustrasi Kalender (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketika hari libur alias high season, kamu harus merogoh kocek lebih dalam. Selain harga-harga lebih mahal, ketersediaan tiket dan penginapan juga akan lebih terbatas karena banyak orang yang sudah memesannya dari jauh-jauh hari.

Belum lagi kepadatan di tempat wisata yang diakibatkan naiknya jumlah wisatawan. Jika kamu gak mengejar momen-momen hari besar atau festival khusus, ada baiknya pilih tanggal-tanggal low season agar dapat harga lebih hemat dan bisa melangkah lebih santai selama liburan.

Baca Juga: Dear Millennial, 5 Cara Ini Bisa Bikin Hemat saat Pakai Dompet Digital

3. Berburu tiket promo dan diskon

Intip nih, 7 Rahasia Traveling Hemat ke Luar Negeri Ilustrasi Promo/Diskon (IDN Times/Arief Rahmat)

Berburu promo tiket transportasi menuju ke dan kembali dari tempat tujuan bisa membantumu menekan biaya. Untuk itu, mengejar tiket promo adalah salah satu langkah kecil untuk pergi berlibur ke luar negeri dengan budget terbatas. 

Ada banyak cara untuk mendapatkan tiket ekonomis ini. Pertama, menunggu offline maupun online travel fair dari maskapai penerbangan. Mereka biasanya sudah punya jadwal setiap tahun sehingga kamu bisa menyesuaikan penawaran dari maskapai penerbangan mana yang paling sesuai dengan rencana perjalananmu.

Kedua, rajin mengecek penawaran spesial dari OTA (agen perjalanan online). Biasanya ada saja penawaran diskon dari OTA. Kamu hanya perlu rajin menghitung, kode promo mana yang paling menguntungkan untuk kamu.

4. Cari penginapan alternatif selain hotel

Intip nih, 7 Rahasia Traveling Hemat ke Luar Negeri Ilustrasi homestay atau penginapan (IDN Times/Arief Rahmat)

Jurus menghemat pengeluaran lainnya, kamu bisa memilih penginapan seperti hostel yang biasanya lebih murah daripada hotel. Buat kamu yang pergi sendiri, hostel menjadi pilihan bijak karena kamu gak perlu membayar kamar yang standarnya untuk dua orang. Jika butuh privasi, kamu bisa memilih hostel dengan tipe tempat tidur kapsul.

Kamu juga bisa mencari penginapan di online marketplace khusus akomodasi, seperti Airbnb. Kalau kamu pergi beramai-ramai, kamu bisa menyewa rumah atau apartemen yang biayanya bisa kamu bagi rata. Sementara kalau kamu pergi sendiri, kamu bisa menjadikan kamar di dalam rumah atau apartemen sebagai pilihan.

5. Gunakan transportasi umum dan perbanyak jalan kaki

Intip nih, 7 Rahasia Traveling Hemat ke Luar Negeri Ilustrasi kereta api (IDN Times/Arief Rahmat)

Kamu perlu mempelajari sistem transportasi di negara tujuan. Cari tahu moda transportasi yang memiliki jangkauan paling luas. Tetapi di negara lain, bus lebih bisa diandalkan untuk mencapai banyak objek wisata.

Sesuaikan penggunaan dengan itinerary yang kamu siapkan. Jangan lupa cari informasi mengenai tiket harian atau terusan transportasi yang setelah dihitung-hitung biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan harga tiket satuan atau sekali jalan.

Baca Juga: Tips Belanja Murah untuk Ciptakan Rumah Impian ala Shopee

6. Kombinasikan jenis makanan agar puas dan mengenyangkan

Intip nih, 7 Rahasia Traveling Hemat ke Luar Negeri Ilustrasi makanan cepat saji (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Supaya gak bocor untuk pengeluaran makanan, sebaiknya buat anggaran khusus untuk makananmu sejak awal. Dengan anggaran harian, kamu bisa leluasa melangkah setiap hari tanpa takut sebuah makanan terlalu mahal selama budget hariannya masih ada.

Jika kamu mau makan siang di restoran, kamu tinggal memanfaatkan sarapan di penginapan dan makan malam di food court sebagai kombinasinya. Kalau budget hari ini masih ada, kamu bisa mengakumulasikan ke hari berikutnya atau mengalihkan budget tersebut ke camilan khas atau oleh-oleh.

7. Batasi atau hindari pembelian oleh-oleh yang kurang perlu

Intip nih, 7 Rahasia Traveling Hemat ke Luar Negeri ilustrasi belanja (IDN Times/Arief Rahmat)

Oleh-oleh bisa berkontribusi cukup besar terhadap biaya traveling. Jadi, kamu harus mengevaluasi beberapa hal, mulai dari daftar penerima oleh-oleh, hingga pemilihan jenis oleh-oleh. Batasi jumlah penerima oleh-oleh sesuai dengan dana kamu. Kalau perlu, hanya beli untuk keluarga dan teman terdekat.

Di sisi lain, oleh-oleh gak harus mahal. Kamu bisa membelikan gantungan kunci dan camilan khas yang dapat dibeli di supermarket. Hindari toko oleh-oleh di objek wisata yang biasanya menjual dengan harga lebih mahal.

Ingat, membeli oleh-oleh yang banyak membuat kamu butuh lebih banyak kuota bagasi pesawat. Hal itu bakal menyebabkan kamu harus menambah biaya kelebihan bagasi.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya