Comscore Tracker

Bukan Menabung, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Berinvestasi

Kaum millennial, yuk cobain deh!

Pastinya kita sudah tidak asing dengan istilah menabung dan investasi. Banyak orang yang menganggap bahwa menabung dan investasi merupakan hal yang sama. Namun kenyataannya kedua hal tersebut memiliki makna yang sangat berbeda, lho!

Di mana menabung merupakan kegiatan menyimpan dana untuk kebutuhan jangka pendek. Sedangkan untuk investasi sendiri yaitu kegiatan menyimpan dana untuk kebutuhan jangka panjang, dengan tujuan mendapatkan keuntungan lebih di masa mendatang. So, ini lima alasan yang bisa kamu pertimbangkan, kenapa memulai investasi itu sangat penting.

1. Adanya laju inflasi yang meningkat

Bukan Menabung, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai BerinvestasiPixabay/stevepb

Kita tidak tahu apakah nilai uang Rp100.000 lima tahun atau sepuluh tahun mendatang bernasib sama. Yup, hal itu terjadi dikarenakan adanya inflasi. Penyebab adanya inflasi sendiri yaitu banyaknya permintaan suatu barang, tetapi keadaan suatu barang tersebut sangat terbatas. Karena hal ini lonjakan harga pun terjadi di tengah perekonomian masyarakat . 

Jadi, pentingnya melakukan investasi di sini adalah kita dapat terhindar dari adanya inflasi, karena dengan melakukan investasi secara baik kita dapat menjaga nilai aset atau kekayaan yang dimiliki dari dampak buruk karena inflasi tersebut. 

2. Membuat nilai uang semakin bertumbuh

Bukan Menabung, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai BerinvestasiPixabay/nattanan23

"Jangan bekerja hanya untuk uang, tapi biarkan uang yang bekerja untuk kita", seperti yang dikatakan oleh pakar keuangan. Berbeda dengan halnya menabung di bank yang nantinya uang kita akan berkurang karena untuk membayar biaya admin per bulannya. Namun, jika investasi uang kita tidak akan berkurang sama sekali malah semakin bertumbuh ketika sebuah perusahaan itu mengalami keuntungan yang sangat besar. 

Baca Juga: Takut Investasi Bodong? Coba Investasi di Sukuk Ritel SR013

3. Mempersiapkan kebutuhan di masa mendatang

Bukan Menabung, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai BerinvestasiPixabay/Takmeomeo

Masih banyak orang yang belum mampu untuk memenuhi kebutuhannya, karena keadaan finansial yang belum tercukupi. Nah, dengan memulai berinvestasi kita dapat mempersiapkan untuk kebutuhan masa mendatang. Seperti, kebutuhan akan biaya pernikahan, membeli rumah, pendidikan anak, kesehatan, dan lain-lain. Yuk, tunggu apa lagi mari memulai berinvestasi sekarang juga!

4. Bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa harus menunggu kaya

Bukan Menabung, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai BerinvestasiUnsplash/sctgrhm

Kamu bisa melakukan investasi ke berbagai tempat salah satunya produk keuangan, seperti investasi saham, reksadana, obligasi, dan lainnya. Nah, menariknya ada instrumen investasi seperti reksa dana yang bisa dimulai dengan modal awal yang cukup minim yaitu hanya Rp10.000. Kamu bisa memulai berinvestasi secara online melalui sekuritas yang sudah berada di bawah naungan OJK. Jadi, gak perlu khawatir deh!

5. Menambah wawasan

Bukan Menabung, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai BerinvestasiUnsplash/campaign_creators

Dengan mempelajari lebih luas mengenai investasi  hal itu akan menambah wawasan kamu akan finansial. Di zaman sekarang ini melek finansial itu sangat penting, karena dengan begitu kamu bisa mengalokasikan uang mu untuk hal yang lebih bermanfaat. 

Namun jangan berharap jika berinvestasi tujuan utamanya adalah mendapat keuntungan semata. Tentunya setiap pilihan memiliki risikonya masing-masing. So, semoga kamu lebih bijak dalam memilih ya!

Baca Juga: Biar Kamu Gak Rugi dalam Investasi, Coba Pakai Cara Ini

Uli Fadilah Photo Writer Uli Fadilah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya