Comscore Tracker

Punya Imajinasi Tinggi, 7 Penulis Novel Terpopuler Abad Ke-20 dan 21

Banyak orang yang kagum dengan karya mereka #IDNTimesFiction

Apa kamu suka membaca novel? Jika ya, beberapa nama besar di bawah ini tentu tidak akan terdengar asing. Yup, penulis novel populer ini sudah banyak menghasilkan karya-karya jempolan yang disukai oleh banyak orang. Bahkan, banyak dari karya mereka yang sudah diangkat ke layar lebar hingga beberapa seri.

Pada abad ke-18 dan 19, ada beberapa nama penulis novel yang sangat terkenal, seperti Jane Austin, Charles Dickens, Charlotte Bronte, Herman Melville, dan George Eliot. Bahkan, pada abad ke-16, nama besar William Shakespeare sudah lebih dulu melegenda dengan karya puisi fenomenalnya.

Nah, di era sesudahnya, abad ke-20 dan 21, ada juga beberapa nama penulis novel yang tak kalah tenar jika dibandingkan dengan pendahulunya. Siapa saja mereka? Yuk, disimak!

1. Sidney Sheldon

Punya Imajinasi Tinggi, 7 Penulis Novel Terpopuler Abad Ke-20 dan 21Sidney Sheldon (abookidea.com)

Sidney Sheldon adalah seorang penulis novel yang terkenal dengan karya-karyanya yang bertema penyelidikan kriminal. Ia lahir di Chicago pada 1917 dan meninggal dunia di California pada 2007 lalu. Judul-judul besar, macam Master of the Game, Tell Me Your Dreams, dan If Tomorrow Comes, adalah sederet karya fenomenal dari Sheldon.

Dilansir laman Famous Authors, pada 1930-an, Sidney Sheldon sudah mulai mencoba menulis untuk keperluan pembuatan film di Hollywood. Karya Sheldon akhirnya berhasil menembus Hollywood pada 1941. Sejak itu, ia mulai menggeluti kepenulisan sebagai pekerjaan profesionalnya.

Pada Perang Dunia I, ia mengikuti wajib militer dan direkrut sebagai bagian dari pasukan udara Amerika Serikat. Setelah perang usai, ia fokus menulis untuk novel, skenario film, dan surat kabar di New York. Hasilnya, Sheldon menjadi salah satu penulis novel terpopuler pada abad ke-20 dengan kekayaan yang diestimasi mencapai Rp3 triliun. Selain novel, Sheldon juga mendapatkan penghasilan sebagai produser dan sutradara di Hollywood.

2. Dan Brown

Punya Imajinasi Tinggi, 7 Penulis Novel Terpopuler Abad Ke-20 dan 21Dan Brown (globalnews.ca)

Terkenal dengan karyanya berjudul The Da Vinci Code, Angels & Demons, Inferno, dan The Lost Symbol, penulis bernama lengkap Daniel Gerhard Brown ini masuk ke dalam daftar penulis terpopuler di abad modern. Meskipun beberapa karyanya bersifat kontroversial dan dicekal di beberapa negara, karya Dan Brown justru membuat banyak pihak penasaran.

Menurut laman Wealthy Genius, jumlah kekayaan bersih Dan Brown adalah 180 juta dolar AS atau setara Rp2,5 triliun. Hampir semua penghasilannya didapatkan dari novel dan hak cipta beberapa judul film Hollywood yang terinspirasi dari karya novelnya. Uniknya, Dan Brown dibesarkan oleh kedua orangtua yang berbeda profesi.

Ya, ayah dari Dan Brown adalah profesor matematika dan sains. Sementara, ibunya adalah pengiring musik dan paduan suara di gereja. Hal ini sekaligus menjawab mengapa banyak karya Dan Brown selalu bersinggungan dengan agama dan sains.

3. Robert Lawrence Stine

Punya Imajinasi Tinggi, 7 Penulis Novel Terpopuler Abad Ke-20 dan 21RL Stine (mentalfloss.com)

Jika masa kecilmu bahagia dengan buku-buku bacaan macam Goosebumps, kamu harus berterima kasih pada Robert Lawrence Stine atau RL Stine. Ya, Stine adalah pengarang dan pencipta novel-novel horor remaja yang cukup ringan dan bisa dibaca oleh berbagai macam kalangan.

RL Stine memang penulis sejati. Bahkan, dari usianya 9 tahun, ia sudah mulai menulis dan tulisannya itu ia sebarkan di sekolahnya, dilansir Mental Floss. Cita-citanya sebagai penulis telah tercapai dan kini ia masuk sebagai salah satu novelis terkaya di dunia dengan kekayaan bersih mencapai 2,8 triliun rupiah.

Baca Juga: Suka Thriller? Ini 5 Serial Menegangkan dari Penulis Harlan Coben

4. Stephen King

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Punya Imajinasi Tinggi, 7 Penulis Novel Terpopuler Abad Ke-20 dan 21Stephen King (nypost.com)

Suka dengan kisah-kisah horor bisa membawa seseorang sukses dengan passion-nya tersebut. Buktinya, penulis novel bernama Stephen King mampu menelurkan banyak karya yang melegenda dan banyak diangkat ke layar lebar. Tengok saja judul-judul besarnya, macam It, Carrie, Pet Sematary, The Outsider, The Green Mile, The Dark Tower, dan Misery, semuanya laris manis di pasaran.

Dengan ide dan imajinasinya, Stephen King mampu menghasilkan kekayaan bersih senilai 500 juta dolar AS atau Rp7 triliun, ditulis dalam laman Wealthy Gorilla. Banyak orang suka dengan karya Stephen King karena sebagian besar tulisannya terkesan dark dan berlatar cerita yang dalam, contohnya adalah teror badut dalam novel berjudul It yang juga sukses diangkat ke layar lebar.

5. Agatha Christie

Punya Imajinasi Tinggi, 7 Penulis Novel Terpopuler Abad Ke-20 dan 21Agatha Christie (britannica.com)

Penulis novel dengan nama lengkap Agatha Marry Clarissa Miller ini lahir di Inggris pada 1890 dan meninggal dunia pada 1976 di usia 86. Agatha Christie telah menjadi salah satu penulis novel terbaik dan tersukses di abad 20. Bahkan, hampir semua karya-karyanya masih sangat diminati hingga saat ini.

Kebanyakan novel yang ia angkat bertema misteri, kisah detektif, dan kasus-kasus kriminal fiktif. Oh ya, Agatha Christie juga menjadi novelis yang namanya masuk ke dalam Guiness Book of World Records sebagai novelis dengan penjualan novel terbanyak di dunia, yakni 2 miliar buku yang diterjemahkan ke dalam 100 bahasa berbeda.

Menurut laman Marketplace, kisah-kisah dalam novel karangan Agatha Christie banyak dijadikan inspirasi dalam drama dan opera. Di zaman yang lebih modern, novel-novel karangan Agatha Christie juga sukses diangkat ke layar lebar dan drama TV. Tak mengherankan jika novel-novelnya sudah menghasilkan kekayaan bersih Rp8 triliun bagi Agatha dan ahli warisnya.

6. JK Rowling

Punya Imajinasi Tinggi, 7 Penulis Novel Terpopuler Abad Ke-20 dan 21JK Rowling (insider.com)

Harry Potter, Fantastic Beast, The Hogwarts, dan The Ickabog adalah sederet judul buku bergengsi ciptaan Joanne Rowling atau JK Rowling. Film-film yang mengangkat kisah Harry Potter selalu laris manis dan memiliki pemasukan box office yang cukup besar. Untuk seluruh serial Harry Potter saja, penghasilan di box office sudah mencapai Rp130 triliun.

Dengan segudang karyanya, J K Rowling masuk ke dalam daftar penulis terkaya di dunia. Dilansir laman Wealthy Genius, jumlah kekayaan bersih JK Rowling mencapai 1 miliar dolar AS atau setara Rp14 triliun. Hampir separuh dari penghasilan bersihnya ia dapatkan dari hak cipta atas judul dan nama Harry Potter melalui film layar lebar.

7. John Ronald Reuel Tolkien

Punya Imajinasi Tinggi, 7 Penulis Novel Terpopuler Abad Ke-20 dan 21JRR Tolkien (relevantmagazine.com)

John Ronald Reuel Tolkien atau JRR Tolkien adalah salah satu penulis novel yang dijuluki sebagai Bapak Fantasi. Sejak muda, penulis asal Inggris ini memang terobsesi dengan kisah-kisah fantasi macam negeri dongeng. Hebatnya lagi, ia belajar beberapa bahasa dan akhirnya mendapatkan gelar profesor dalam bidang bahasa Anglo-Saxon dari University of Oxford.

Selain mengajar, Tolkien juga sukses menjadi seorang novelis. Karya-karyanya yang terkenal adalah The Lord of the Rings, The Hobbit, The Silmarillion, The Children of Hurin, The Fall of Gondolin, dan The Books of Lost Tales. Semua karya milik Tolkien mengisahkan tentang kehidupan di dunia fantasi. Uniknya, Tolkien merupakan penulis yang sangat detail. Ia memberikan banyak sentuhan rumit dalam tiap novelnya, misalnya bahasa asing berbeda yang diucapkan oleh banyak penghuni dalam dunia Tolkien.

Dilansir laman The Richest, Tolkien memiliki kekayaan bersih senilai Rp7,5 triliun. Sebagian besar dari pendapatannya tentu saja tidak dihasilkan dari mengajar di universitas, melainkan dari semua karya-karya fantasinya. Hingga saat ini, karya-karya milik Tolkien masih dianggap sebagai karya dengan jalan cerita paling dalam dan kompleks di dunia fantasi.

Beberapa novelis di atas memang memiliki nama dan karya besar. Tak mengherankan jika mereka bisa sukses di bidang kepenulisan dan namanya dikenang hingga saat ini. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan sekaligus memberikan motivasi untukmu, ya!

Baca Juga: Comeback JDrama Jadi Penulis Manga, 10 Potret Memesona Yuko Araki

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya