6 Buku yang Harus Dibaca Para Perempuan Independen 

Anti-bosan, justru inspiratif

Membaca buku adalah kegiatan yang bermanfaat, tak cuma menambah wawasan, membaca dapat mengasah otak, melatih konsistensi dan komitmen, serta memperkaya kosakata.

Tak harus buku ilmiah, buku bisa dalam bentuk novel, self-help, atau memoar. Buku tentunya berbeda dengan artikel biasa, selain jumlah katanya yang secara fisik sudah terlihat jauh lebih padat, banyak topik serta kisah yang menarik dibahas secara mendalam.

Salah satu topik yang kini makin sering diangkat adalah peran perempuan dan kisah-kisah inspiratif tokoh perempuan. Buat kamu yang hendak memperkaya wawasan tentang hak perempuan juga peran perempuan di berbagai sektor, boleh deh coba baca enam rekomendasi berikut. Dijamin tak membuat bosan. 

1. It's Not About The Burqa

6 Buku yang Harus Dibaca Para Perempuan Independen instagram.com/sumaiyya.books

Buku ini merupakan kumpulan esai dari 17 perempuan muslim yang pernah merasakan menjadi minoritas di sebuah negara. Ungkapan hati mereka tak akan pernah kamu temukan di media besar.

Isu-isu diskriminasi, rasisme, seksisme, misoginy, bahkan stereotip yang justru muncul dari dalam komunitas mereka sendiri dibahas di sini. Buku ini akan melatih critical thinking-mu dengan pernyataan dan pertanyaan yang tercantum di dalamnya. 

2. Daily Rituals: Women At Work

6 Buku yang Harus Dibaca Para Perempuan Independen instagram.com/sumaiyya.books

Mason Currey sebelumnya sudah merilis buku berjudul Daily Rituals: How Artists Work yang membahas apa saja yang dilakukan para pekerja kreatif dan seniman untuk mengatur hidup dan jam kerjanya yang bebas.

Di tahun ini, ia merilis seri Daily Rituals kedua yang fokus pada perempuan yang bekerja di bidang kreatif. Menarik, karena sebagian perempuan harus mengatur waktunya untuk keluarga, terutama saat mereka mulai menjadi Ibu.

Baca Juga: Segera Difilmkan, Inilah 7 Fakta Buku NKCTHI yang Menginspirasi

3. Watch Us Rise

6 Buku yang Harus Dibaca Para Perempuan Independen instagram.com/bloomsburypublishing
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Buku ini adalah novel fiksi karya Reene Watson dan Ellen Hagan. Menceritakan dua kawan bernama Jasmine dan Chelsea yang berinisiatif membuat Women Club di sekolah mereka. Semua berjalan seperti biasa, hingga suatu ketika satu kasus yang mereka perjuangkan viral dan mulai mengancam keamanan kelompok-kelompok tertentu. 

Bukan kisah remaja biasa, novel ini dianggap bisa jadi cara anak muda untuk mengenal apa itu feminisme dan memperjelas definisinya yang selama ini selalu dicap negatif dan berlebihan. Ditujukan untuk remaja dan young adult, buku ini dilengkapi esai dan pertanyaan penutup untuk memantik diskusi. 

4. It's Ok to Feel Things Deeply

6 Buku yang Harus Dibaca Para Perempuan Independen instagram.com/thebookbird_geelong

Buku mungil yang banyak disebut orang sebagai penyembuh dan penenang saat perasaan sedang tak karuan. Buku ini bisa dibaca kapanpun kamu butuh pelukan dan penyemangat, saat bangun di pagi hari, setelah pulang kuliah atau kerja, saat baru saja dapat masalah atau musibah. Dengan ilustrasi dan tulisan yang tak bertele-tele, buku ini bisa kamu selesaikan dalam waktu singkat.

5. With The Fire On High

6 Buku yang Harus Dibaca Para Perempuan Independen instagram.com/tehlorkay

Novel karya Elizabeth Acevedo ini mengisahkan dilema yang dirasakan Emoni Santiago, seorang lulusan SMA yang sudah memiliki anak dan harus merawat neneknya yang sudah tua renta. Kegiatan sehari-harinya adalah bekerja dan memasak setiap hari. Ia hanya bisa berkhayal bisa melanjutkan kuliah di bidang kuliner karena keterbatasan waktu dan biaya. Namun, bakat tak bisa lagi disembunyikan, akankah ia menemukan jalan menuju mimpinya menjadi chef? 

Terdengar klise, tetapi buku ini banyak dipuji karena kepiawaian penulis mendeskripsikan latar dan makanan yang dimasak Emoni. Ditambah kisah inspiratifnya sebagai perempuan mandiri yang harus membagi waktunya untuk melakukan banyak hal dalam satu waktu. 

6. Becoming

6 Buku yang Harus Dibaca Para Perempuan Independen instagram.com/christinetinagama

Buku debut Michelle Obama ini langsung jadi best-seller di Amerika Serikat dan dicari banyak orang di dunia. Sosok Michelle menjadi menarik karena ia merupakan wanita kulit hitam pertama yang tinggal di Gedung Putih dan memperkenalkan inklusivitas dalam pemerintahan Amerika Serikat setelah bertahun-tahun lamanya. Jika pidato Michelle saja sudah bisa menggugah banyak orang, bayangkan ribuan hingga ratusan kutipan kece yang bisa kamu temukan dalam buku ini.

Seru semua nih bukunya! Wajib ada di rak bukumu, ya!

Baca Juga: Gak Bikin Ngantuk, Ini 8 Buku Non-Fiksi yang Asyik Dibaca

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya