Comscore Tracker

5 Novel Romansa Rusia yang Perlu Kamu Baca Sekali Seumur Hidup

Gambarkan cinta dan tragedi kehidupan di masa pergolakan

Ada tema yang tidak pernah menjadi tua, dan topik yang benar-benar universal, yaitu cinta. Tema ini telah mewarnai berbagai karya seni dan sastra, baik dalam puisi, film dan novel. Bagi pencinta buku, novel memberikan sentuhan cerita yang lebih menarik karena memberikan kebebasan untuk berimajinasi dan memberikan sentuhan emosi yang mendalam.

Novel romansa klasik Rusia menjadi pilihan yang wajib kamu baca mengingat kekayaan nilai sastra yang terkandung di dalamnya. Apalagi isi cerita tidak hanya tentang cinta, melainkan realisme yang dibangun lewat tragedi nyata dengan berbagai aspek budaya dan politik yang terjadi di abad ke-19. Nah, berikut ini adalah lima novel romansa Rusia yang kudu masuk dalam daftar bacaanmu.

1. The Master and Margarit - Mikhail Bulgakov

5 Novel Romansa Rusia yang Perlu Kamu Baca Sekali Seumur Hidupamazon.com

Master dan Margarita bisa dibilang sebagai salah satu novel Rusia terpenting abad ke-20. Ini adalah contoh realisme magis Rusia, di mana kucing naik trem dan uang jatuh dari langit. Salah satu dari sekian banyak plot yang terjalin dalam novel ini adalah kisah cinta Margarita kepada sang Guru, seorang penulis yang takut dengan ide-idenya sendiri. Berkat pengorbanan besar Margarita, novel sang Guru tidak hilang, dan mereka pun bersama selamanya.

2. The Lady With The Little Dog - Anton Chekov

5 Novel Romansa Rusia yang Perlu Kamu Baca Sekali Seumur Hidupamazon.com

Lady With The Little Dog adalah salah satu cerita Anton Chekhov yang paling terkenal dan dianggap sebagai salah satu cerita pendek terbaik yang pernah ditulis. Ini menceritakan kelahiran cinta yang tak terduga, cinta yang tidak dicari secara aktif oleh kedua belah pihak yang terlibat. Dmitri dan Anna, keduanya tidak bahagia dalam pernikahan mereka, menghabiskan liburan mereka di Yalta tanpa pasangan mereka.

Mereka bertemu dan memulai perselingkuhan, yang mereka berdua yakini akan berakhir saat mereka pergi. Perselingkuhan memang berakhir, tapi perasaan tetap ada. Anton Chekhov adalah ahli deskripsi singkat yang menyampaikan lebih dari sekadar kata-kata, sehingga memberikan sentuhan emosi yang mendalam bagi pembacanya.

3. Doctor Zhivago - Boris Pasternak

5 Novel Romansa Rusia yang Perlu Kamu Baca Sekali Seumur Hidupamazon.com

Novel epik karya Boris Pasternak, Doctor Zhivago adalah salah satu mahakarya sastra Rusia. Itu diakui secara internasional dan dianugerahi Hadiah Nobel dalam bidang sastra. Ini adalah kisah epik yang berlatarkan masa pergolakan terbesar dalam sejarah Rusia: peristiwa-peristiwa yang terjadi sepanjang revolusi November dan perang saudara.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Novel ini bercerita tentang dokter Yuri Zhivago, cintanya pada istri dan juga kekasihnya, serta siksaan perang terkait dengan jiwa Zhivago, terbelah antara dua wanita yang dicintainya. Tak hanya itu, novel ini pun menggambarkan bagaimana pengaruh tragis sejarah Revolusi Rusia kepada keluarga borjuis. Yuri Zhivago diyakini merupakan alter ego dari penulisnya sendiri yang mengalami berbagai guncangan jiwa akibat dari terjadinya Revolusi Rusia.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Novel Klasik Fyodor Dostoyevsky untuk Pecinta Buku

4. First Love - Ivan Turgenev  

5 Novel Romansa Rusia yang Perlu Kamu Baca Sekali Seumur Hidupkobo.com

Karya fiksi pendek paling populer Ivan Turgenev, First Love, sebuah kisah cinta remaja yang mengikuti seorang anak laki-laki berusia 16 tahun yang jatuh cinta dengan seorang wanita cantik yang lebih tua. Namun bertepuk sebelah tangan, yang dibalut angin puyuh emosi yang berubah, dari cinta yang tergila-gila dan kecemburuan hingga keputusasaan dan pengabdian.

First Love adalah kisah yang diceritakan dengan cara yang sangat baik dan mengandung kata-kata indah yang puitis. Siapapun yang pernah jatuh cinta dapat menemukan cerminan diri mereka sendiri di dalamnya.

5. Anna Karenina - Leo Tolstoy 

5 Novel Romansa Rusia yang Perlu Kamu Baca Sekali Seumur Hiduptheculturetrip.com

Leo Tolstoy adalah penulis yang dikenal ahli dalam menggambarkan karakter yang secara psikologis kompleks, dan Anna Karenina adalah salah satu novel terbaik dari sang novelis. Karya ini menceritakan kisah cinta Anna Karenina untuk Aleksey Vronsky, serta kurangnya cinta untuk suaminya, Alexei Karenin, dan pengabdian mutlaknya kepada putranya.

Dia tidak bisa memiliki semuanya dan, seperti yang sering terjadi dalam sastra Rusia, tidak ada akhir yang bahagia. Novel ini pun sangat menarik lewat penggambaran kehidupan masyarakat Rusia abad ke-19.

Novel klasik Rusia selalu menarik untuk diikuti karena kekayaan nilai sastra dan perjalanan sejarah yang penuh pergolakan. Dibalut kemampuan para penulisnya  dalam menggambarkan emosi karakter-karakter di dalamnya, karya mereka mampu memberikan sudut pandang kepada para pembaca,, bahkan mengubah jalannya sejarah.

Baca Juga: 5 Novel Jepang yang Terbit di Indonesia Ini Ada Adaptasi Filmnya

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya