Comscore Tracker

[PROSA] Tatapan

Tidak, tatapan itu jelas bukan tatapan kekaguman

Kata orang, mata adalah jendela hati. Kita bisa tahu niat seseorang hanya dari tatapan matanya.

Begitupun dengan aku yang bisa dengan mudah mendefinisikan maksud orang lain melalui tatapan. Tentu saja, aku masih manusia biasa tanpa kekuatan super apapun. 

Dulu saat masih di sekolah menengah, aku mengalami kejadian yang tak bisa kulupakan. Aku ingat pernah bertemu dengan dua orang lelaki. Kemudian, salah satu dari mereka menyatakan cinta dan memintaku menjadi kekasihnya. 

Di tengah lapangan dengan panas terik matahari menyinari, lelaki itu datang bersama seorang temannya yang berdiri cukup jauh di belakang. Ia membawakan bunga.

Aku tersenyum sekilas dan mengambil bunga itu. Aku lalu menatap mata lelaki itu, lalu mengembalikan bunga yang aku terima. 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Kagum? Cinta? Tidak, tatapan itu jelas bukan tatapan kekaguman. Apalagi tatapan cinta. Matanya memancarkan tatapan manipulatif nan culas. 

Aku mengalihkan pandangannya kepada pria lain yang berdiri cukup jauh di belakang lelaki tadi. Tatapan kedua kami bertemu. Aku bisa melihat bahwa mata lelaki itu begitu misterius dan teduh. Namun, aku bingung. Apa arti tatapan itu? 

Demi Tuhan! Aku sudah memikirkannya ribuan kali. Namun, tetap saja, pria itu masih menjadi seseorang yang tatapan matanya tak pernah bisa aku definisikan. Bertahun-tahun berlalu, aku akhirnya dipertemukan lagi dengan laki-laki itu. Tatapan matanya masih sama.

Satu hal yang berbeda antara dulu dan sekarang, jika dulu aku tidak mengerti, sekarang aku tahu arti tatapan itu. Tatapan bersalah dengan sedikit rasa kasihan yang menyelimuti.

Baca Juga: [PROSA] Sudut Malam di Jakarta

Meriana Mzr Photo Writer Meriana Mzr

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya