Comscore Tracker

Bikin Penasaran, Ini 7 Novel dengan Tokoh Utama yang Hilang Ingatan

Kita jadi bertanya-tanya tentang masa lalu si tokoh, nih

Tokoh utama sebuah novel pasti menjadi sentral bacaan. Pembaca akan terfokus pada segala yang terjadi padanya. Karena itu, tokoh utama dengan konflik menarik yang bikin penasaran akan membuat minat pembaca melonjak.

Nah, salah satu konflik yang bisa digunakan adalah tokoh utama yang amnesia. Skenario ini akan membuat pembaca terbawa rasa keingintahuan tokoh. Konstruksi alur dari rasa penasaran ini menjadi kunci memikat pembaca agar meneruskan bacaan.

Ide tokoh utama yang amnesia sudah diterapkan oleh tujuh novel berikut, lho. Kamu sudah pernah membaca yang mana, nih?

1. Intelegensi Embun Pagi

Bikin Penasaran, Ini 7 Novel dengan Tokoh Utama yang Hilang IngatanInstagram.com/dhilasina

Yang pertama adalah novel karya penulis ternama Indonesia, Dee Lestari. Intelegensi Embun Pagi (IEP) merupakan novel pemungkas heksalogi Supernova. Diluncurkan tepat 15 tahun setelah buku pertama terbit, IEP mempertemukan berbagai tokoh dari kelima novel sebelumnya.

Diceritakan dalam IEP bahwa semua tokoh utama Supernova adalah makhluk bernama "Peretas". Mereka terlahir dengan misi yang sudah direncanakan dan dalam tiap siklus reinkarnasi akan mengalami amnesia sampai tiba waktu "dibangkitkan" ingatannya. Tujuan utama mereka adalah mencapai kesadaran (consciousness).

2. Winter in Tokyo

Bikin Penasaran, Ini 7 Novel dengan Tokoh Utama yang Hilang IngatanInstagram.com/bookstore_dinarisnita

Winter in Tokyo menjadi buku kedua dalam daftar ini. Ditulis oleh Ilana Tan, novel setebal 324 halaman ini bertemakan cinta. Konsep tokoh utama yang amnesia dialami oleh Nishimura Kazuto sang tokoh utama lelaki.

Awalnya, Kazuto terbang ke Jepang setelah ditinggal menikah oleh pujaan hatinya. Di sana dia bertemu dan jatuh hati dengan Ishida Keiko. Sayangnya, saat itu Keiko masih menyimpan rasa untuk cinta pertamanya.

Kazuto mengalami amnesia setelah dihajar oleh seseorang. Akibatnya, dia melupakan Keiko dan sama sekali tidak memberi kabar. Saat itulah Keiko merasa kehilangan Kazuto dan menyadari bahwa sebenarnya rasa sukanya adalah untuk Kazuto.

3. Heroes of Olympus: The Lost Hero

Bikin Penasaran, Ini 7 Novel dengan Tokoh Utama yang Hilang IngatanInstagram.com/dany.alvy

Selanjutnya, ada novel fantasi mitologi besutan novelis Rick Riordan. Heroes of Olympus: The Lost Hero merupakan buku pertama dari pentalogi kedua karya Riordan setelah sukses dengan Percy Jackson and the Olympian. Dengan perlebaran cerita ke mitologi Romawi, novel dibuka dengan adegan tokoh utama yang amnesia.

Jason, tokoh utama di sini, terbangun di bus sekolah dan sedang menggengam tangan seorang perempuan. Ia tidak dapat mengingat siapa dirinya, perempuan itu, dan sahabatnya yang ada di sana, Leo.

Lebih dari itu, Jason dan kedua temannya kemudian harus berurusan dengan makhluk-makhluk mitologi, perkemahan blasteran untuk para demigod, serta terlibat dalam petualangan berbahaya.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Novel yang Wajib Kamu Baca di Tengah Krisis Eksistensial

4. Pawestri Tanpa Idhentiti

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Bikin Penasaran, Ini 7 Novel dengan Tokoh Utama yang Hilang IngatanInstagram.com/tamanbacarindang

Pawestri Tanpa Idhentiti merupakan novel berbahasa Jawa. Karya penulis Suparto Brata ini mengangkat tentang feminisme, emansipasi wanita, atau lebih jelasnya tentang kesetaraan gender.

Tokoh utama di sini adalah perempuan yang hilang ingatan. Dia pertama kali ditemukan oleh Panuluh Barata seorang direktur utama distributor daging beku. Saat sedang ada rapat di sebuah hotel, Barata dimintai tolong oleh rekannya untuk menyelamatkan perempuan yang terjaring razia penyakit masyarakat di kamarnya. Barata pun mengakui perempuan itu sebagai sekretarisnya dan dibawa pulang. Dari keputusan membawa pulang perempuan itulah konflik-konflik bermunculan.

5. Di Balik Kabut Amnesia

Bikin Penasaran, Ini 7 Novel dengan Tokoh Utama yang Hilang IngatanLaci-buku.com
Novel yang satu ini merupakan karya penulis legendaris Mira W. Di Balik Kabut Amnesia berkisah tentang drama percintaan para tokohnya: Verina, Rori, dan Rafi. Janji saling mengasihi antara Rafi dan Verina di masa lalu harus kandas ditentang takdir. Verina jatuh ke pelukan kakak kelasnya bernama Rori, sementara Rafi membawa luka hati dan meneruskan studi kedokterannya ke Heidelberg, Jerman.
 
Keduanya kembali bertemu dalam keadaan yang berbeda. Verina yang tengah berduka karena putra semata wayangnya bernama Leo hilang, mengalami amnesia. Namun, dia justru merasa kasihan melihat mantan kekasihnya, Rafi, menderita Sirosis Hepatis yang parah dan ingin membantunya. Dari sanalah ingatan tentang janji di masa lalu Verina mengemuka dan alur cerita menjadi makin kompleks.

6. 18 vs 29: Loving You Forgetting You

Bikin Penasaran, Ini 7 Novel dengan Tokoh Utama yang Hilang IngatanGoodreads.com

Kali ini giliran novel asal Korea yang mengambil bagian. 18 vs 29: Loving You Forgetting You adalah karya Ji Su Hyun. Dengan tebal halaman 314, novel ini diterbitkan versi bahasa Indonesianya oleh Penerbit Qanita.

Kisah bermula dengan konflik antara Hye Chan dan suminya yang seorang aktor terkenal, Sang Yeong. Dia ingin bercerai dengan suaminya tanpa alasan jelas. Nahas, saat hari persidangan, Hye Chan mengalami kecelakaan dan hilang ingatan. Dia tidak mengenali suaminya dan lupa tentang keinginannya bercerai.

Sang Yeong merasa ini adalah keberuntungan baginya. Dia yang masih mencintai Hye Chan bermaksud menjalin kembali kasih dari awal dan mempertahankan pernikahan mereka.

7. Chimera

Bikin Penasaran, Ini 7 Novel dengan Tokoh Utama yang Hilang IngatanGoodreads.com

Last but not least, ada novel lama berjudul Chimera. Ditulis oleh Donny Anggoro, Chimera berkisah tentang seorang lelaki yang hilang ingatan. Tidak hanya itu, identitasnya pun diganti menjadi orang lain dengan tuduhan pembunuhan dan penggelapan perusahaan.

Awalnya, lelaki itu terbangun di sebuah suite room hotel bersama mayat seorang wanita di sampingnya. Dia tidak ingat siapa dirinya, kejadian apa yang telah dia lalui sebelumnya, dan siapa wanita yang mati itu. Dia merasa dijebak sehingga kabur dari sana dengan membawa identitas palsu tersebut.

Nah, novel-novel di atas menarik, bukan? Konsep tokoh utama yang amnesia benar-benar membangkitkan rasa ingin tahu pembaca. Kalian sudah pernah mengkhatamkam novel yang mana saja, nih?

Baca Juga: Dari Novel Jadi Lagu, 6 Buku Unik Rekomendasi Para Idol KPop  

R Damanhuri Photo Verified Writer R Damanhuri

Seorang awam dalam dunia tulis menulis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya