Comscore Tracker

Dari Novel Jadi Lagu, 6 Buku Unik Rekomendasi Para Idol KPop  

Hobi baca bisa berakhir bikin lagu #gakbosandirumahaja

Siapa bilang idol KPop gak suka baca buku? Walaupun terlihat keren dan gaul, banyak dari mereka yang addict sama buku alias kutu buku lho, seperti RM BTS, Jae Day6, Jinyoung GOT7 dan IU.

Bahkan tidak sedikit dari mereka yang membuat lagu karena terinspirasi dari novel yang mereka baca, guys. Wah jadi penasaran ya, ingin tahu buku apa yang mereka baca? Yuk yang udah mulai boring di rumah aja siapin reading list kamu, buku-buku rekomendasi dari idol KPop ini dijamin bakal bikin kamu gak boring lagi!

1. Kafka On the Shore - Haruki Murakami

Dari Novel Jadi Lagu, 6 Buku Unik Rekomendasi Para Idol KPop  harukimurakami.com

Buat kamu pembaca setia novel klasik pasti sudah tidak asing dengan nama Haruki Murakami, buku-bukunya yang unik dan penuh dengan teori memang selalu menarik untuk dibaca. Bahkan beberapa bukunya banyak direkomendasikan oleh idol KPop nih, salah satunya yaitu Kafka On the Shore.

Jae Day6 adalah salah satu pembaca setia buku-buku Haruki Murakami. Jae pernah menyebutkan buku ini adalah salah satu buku yang masuk list buku rekomendasinya, buku yang telah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi Dunia Kafka ini juga direkomendasikan oleh RM BTS dan Jisoo Blackpink.

Novel ini bercerita tentang perjalanan kehidupan seorang laki-laki remaja bernama Kafka Tamura, ia melarikan diri dari rumahnya di Tokyo menuju ke Tamatsu untuk mencari ibu dan kakak perempuannya.

Di tengah cerita Kafka bertemu dengan seorang kakek bernama Satoru Nakata, yang memiliki kepribadian yang misterius. Dari situlah misteri tentang kehidupan seorang Kafka mulai terungkap. Yang menarik dari novel Kafka On the Shore adalah di dalamnya banyak adegan-adegan surealis yang menggambarkan tentang kegelisahan manusia-manusia di era modern.

Buku ini juga menginspirasi RM dalam pembuatan lirik lagu BTS yang berjudul "Butterfly". Di mana pada part rap RM terdapat lirik yang dalam bahasa inggris berbunyi “I don’t know if this is reality or a dream”, “My Kafka on the seaside”, “Don’t go to those woods over there“.

2. The Little Prince - Antoine de Saint-Exupéry 

Dari Novel Jadi Lagu, 6 Buku Unik Rekomendasi Para Idol KPop  pinterest.com/bannersnack

"The Little Prince" merupakan salah satu buku anak asal Prancis yang sudah banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, salah satunya bahasa Indonesia. Buku karya Antoine ini dikenal sebagai salah satu buku anak-anak yang dapat meluluhkan hati banyak pembaca dewasa, begitupun artis KPop seperti Jinyoung GOT7, Rose Blackpink, bahkan Jungkook BTS menyatakan bahwa ini adalah buku pertama yang ia baca sampai selesai.

Berkisah tentang petualangan seorang pangeran cilik yang menjelajahi banyak planet, kemudian bertemu  dengan orang-orang dewasa. Buku ini menyampaikan banyak pesan mengenai kehidupan, percintaan dan pertemanan. Walaupun ilustrasi bukunya sangat mewakili anak-anak, tapi sebenarnya buku ini justru ditujukan untuk pembaca dewasa lho.

Antoine menuliskan di dalam bukunya, bahwa buku ini ditujukan untuk orang dewasa. Ia banyak menuliskan nilai-nilai tentang kehidupan untuk dipahami orang dewasa, yang diceritakan melalui sudut pandang anak-anak, yaitu si Pangeran Kecil. Buku ini cocok banget buat kamu yang baru ingin mulai membaca buku nih, karena buku ini hanya terdiri dari 150 halaman dan walaupun memiliki banyak makna, gaya penulisannya tetap mudah dimengerti.

3. Demian - Herman Hesse 

Dari Novel Jadi Lagu, 6 Buku Unik Rekomendasi Para Idol KPop  pinterest.com/perlapino

Untuk kalian para ARMY (sebutan untuk fans club BTS) pasti paham banget nih teori-teori dalam album BTS, termasuk album yang berjudul WINGS. Nah tahu gak sih, ternyata pembuatan album WINGS ini, terinspirasi dari sebuah buku yang berjudul Demian. Salah satu member BTS lah yang menciptakan konsep album ini, yaitu RM. Oleh karena itu, ia juga memasukkan buku Demian dalam list rekomendasinya.

Buku karya penulis Hermann Hesse ini bercerita tentang kehidupan seorang anak laki-laki bernama Emil Sinlclair yang berusaha mencari jati dirinya. Emil kecil memiliki hidup yang bahagia dan penuh kasih sayang dari orangtuanya, seiring bertambahnya usia, Emil pun mulai menyadari kenyataan hidup yang sebenarnya.

Menghadapi kerasnya dunia, ia merasa dirinya mulai hancur dan mulai memberontak, sampai akhirnya ia berteman dengan Max Demian yang memberi banyak pengaruh besar terhadap kehidupan Emil. Jalan cerita buku ini banyak membahas mengenai kepribadian Emil dan alter egonya, di mana hal ini juga diangkat menjadi konsep dari album BTS, WINGS.

Baca Juga: 10 Potret Yunita Siregar yang Hobi Baca Buku, Kutu Buku Super Manis!

4. The Courage to be Disliked - Kishimi Ichiro 

Dari Novel Jadi Lagu, 6 Buku Unik Rekomendasi Para Idol KPop  gramho.com

Dalam acara fan sign NCT, Jaehyun pernah bercerita tentang sebuah buku yang pernah ia baca, yaitu The Courage to be Disliked.  Buku karangan penulis asal Jepang ini merupakan buku self-improvement yang menjelaskan tentang teori psikolog terkemuka pada abad kesembilan belas, yaitu Alfred Adler.

Teori ini disampaikan melalui percakapan antara seorang filsuf dan seorang anak muda. Dari percakapan tersebut, sang filsuf membantu muridnya untuk memahami bagaimana cara menentukan jalan hidup kita masing-masing, terbebas dari trauma masa lalu dan beban ekspektasi orang lain.

Buku ini membantu kita untuk memaafkan masa lalu yang kelam, dan mencintai diri sendiri tanpa memikirkan persepsi orang lain, serta mengingatkan kita untuk lebih fokus terhadap masa kini.

Buku ini bisa menguubah cara berpikir kita menjadi lebih berani dalam mengambil keputusan dan mengabaikan hal yang tidak seharusnya kita pikirkan. Buku The Courage to be Disliked juga sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berjudul Berani Tidak Disukai. Wah buku ini cocok banget buat kamu yang lagi merasa insecure.

5. No Longer Human – Osamu Dazai 

Dari Novel Jadi Lagu, 6 Buku Unik Rekomendasi Para Idol KPop  pinterest.com/VitalSource

Siapa yang tidak kenal IU? Penyanyi sekaligus aktris ini ternyata juga gemar membaca buku lho, salah satu rekomendasinya adalah novel karya Osamu Dazai yang berjudul No Longer Human.

Buku ini bercerita tentang seorang laki-laki bernama Oba Yozo yang merasa kehidupannya memiliki sisi kelam, sampai membuat ia berpikir bahwa dirinya gagal menjadi manusia. Oleh karena itu, Yozo mulai melakukan hal-hal terlarang, yang perlahan dapat menghancurkan hidupnya.

Novel ini menggambarkan bagaimana seorang manusia dapat menjadi manusia seutuhnya, bagaimana Yozo menghadapi segala tekanan di dalam kehidupannya. Novel ini juga mengaitkan beberapa hal mengenai kesehatan mental. Jika kamu tertarik dengan mental health, menarik banget nih buat dibaca.

6. Catcher in the Rye - J.D Salinger  

Dari Novel Jadi Lagu, 6 Buku Unik Rekomendasi Para Idol KPop  pinterest.com/POPSUGAR

Terakhir nih guys! Ada satu novel fenomenal yang juga menjadi rekomendasi buku para idol KPop, Catcher in The Rye. Novel yang merupakan karya penulis J.D Salinger ini menjadi buku favorit salah satu member Day6, yaitu Jae. Novel ini juga masuk lho dalam list buku rekomendasi RM BTS.

Novel klasik ini berkisah tentang remaja berumur 16 tahun yang merasa hidupnya berantakan, bernama Holden Caulfield. Masalah terbesar yang ia hadapi bermula ketika ia dikeluarkan dari sekolah akibat tidak lulus di semua mata pelajaran kecuali bahasa Inggris.

Holden akhirnya memutuskan untuk melarikan diri ke New York, kemudian Holden mencurahkan isi hatinya ke banyak orang tentang masalah hidupnya, namun ia merasa tidak ada satu orang pun yang benar-benar simpati dengannya.

Dari jalan ceritanya kita dapat merasakan bagaimana Holden melewati masa-masa sulit di dalam hidupnya. Novel yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Amarah Anak Muda ini juga pernah muncul dalam drama korea terkenal yang bercerita tentang bullying, yaitu Beautiful World.

Gimana guys? Buku-bukunya menarik kan? Buku yang mana nih yang ingin pertama kamu baca? Jangan lupa dicatat di reading list kamu ya. Semoga kita bisa selalu produktif, walaupun di rumah aja!

Baca Juga: 7 Buku Keren Tentang Penyihir yang akan Mengubah Pandanganmu

Fa Photo Writer Fa

An ordinary girl who loves poetry and watching movies

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya