5 Fakta Blonote, Buku Karya Tablo Epik High Penuh Inspirasi

Buku berisi kutipan penuh inspirasi dari Tablo, segera dirilis versi Indonesia

Lee Seon Wong atau lebih dikenal sebagai Tablo adalah salah satu anggota grup musik asal Korea Selatan, Epik High. Tablo dikenal sebagai musisi yang cukup kritis dalam menanggapi berbagai isu yang sedang beredar di masyarakat.

Selain pandai menulis lagu, Tablo juga berbakat dalam menjadi penyiar radio, lho! Salah satu acara harian yang ia bawakan adalah 'Tablo's Dreaming Radio'. Acara ini berlangsung sudah cukup lama, yakni tahun 2008 hingga 2009, serta kembali lagi pada 2014 hingga 2015.

Dari acara tersebut pula Tablo mendapatkan inspirasi untuk menulis dan menerbitkan buku 'Blonote'. Apa saja, ya, fakta dibalik perilisan buku Blonote ini? Yuk, kita simak.

1. Asal-usul Blonote

5 Fakta Blonote, Buku Karya Tablo Epik High Penuh InspirasiTablo's Dreaming Radio (soompi.com)

Pada acara "Tablo's Dreaming Radio", Tablo akan menuliskan 'Blonote'. Yaitu catatan-catatan kecil yang ia tulis dan bagikan kepada pendengarnya selama acara radio tersebut berlangsung.

Catatan-catatan ini berisi pemikiran-pemikirannya serta beberapa kutipan yang mewakili perasaannya. Pesan-pesan yang disampaikan Tablo melalui Blonote pun banyak disukai oleh pendengar radionya. Dari sinilah, akhirnya Tablo mulai berencana untuk menyatukan pesan-pesan tersebut ke dalam sebuah buku yang juga ia beri judul Blonote.

2. Merupakan buku kedua Tablo

5 Fakta Blonote, Buku Karya Tablo Epik High Penuh Inspirasicover pieces of you (goodreads.com)

Sebelum menerbitkan buku Blonote pada tahun 2016, Tablo sebelumnya pernah menerbitkan sebuah buku berjudul Pieces of You pada 4 November 2008. Pieces of You berisi sepuluh cerita pendek yang ditulis selama masa kuliahnya di New York. Secara garis besar, buku ini menceritakan tentang kecemasan yang dihadapi kaum muda.

Pieces of You pertama kali diterbitkan dalam bahasa Korea dan terjual sebanyak 50.000 kopi di minggu pertama, versi bahasa Inggris dirilis pada Februari 2009 dan kembali menjadi buku terlaris saat itu.

3. Melibatkan tulisan tangan beberapa idol dan aktor ternama Korea Selatan

5 Fakta Blonote, Buku Karya Tablo Epik High Penuh Inspirasicover blonote (soompi.com)

Selain berisi kutipan-kutipan yang ditulis sendiri, Tablo juga menambahkan kutipan dari beberapa idol dan aktor Korea ternama ke dalam buku Blonote. Kutipan-kutipan tersebut dicetak langsung dalam bentuk tulisan asli dari idol atau artis yang bersangkutan. 

Idol dan artis Korea tersebut adalah G-Dragon, Gong Hyo Jin, Yoo Hee Yeol, Lee Sung Kyung, Park Chan Wook dan masih banyak lagi.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Baca Juga: 10 Potret Terbaru Haru, Anak Tablo yang Lama Tak Muncul di Layar Kaca

4. Telah diterbitkan dalam Bahasa Inggris

5 Fakta Blonote, Buku Karya Tablo Epik High Penuh Inspirasicover blonote (goodreads.com)

Setelah menerbitkan Blonote dalam bahasa Korea pada 19 September 2016, buku ini kembali menorehkan kesuksesannya dengan diterbitkannya Blonote dalam versi bahasa Inggris.

Berbeda dengan versi Korea yang memiliki sampul dengan warna soft, Blonote versi Inggris memiliki sampul berwarna hitam dengan tetap mempertahankan motif lingkaran di tengahnya.

Setelah sukses dengan versi Inggris, buku Blonote juga diterjemahkan dalam bahasa Thailand dan Vietnam.

5. Tablo memberikan buku Blonote dengan pesan khusus kepada RM BTS

Pada 1 Oktober 2016, leader grup BTS yakni RM pernah membagikan postingan berupa foto dirinya tengah memeluk buku Blonote karya Tablo. Di dalam postingan tersebut, RM menyebutkan bahwa buku Blonote diberikan langsung oleh Tablo kepadanya.

RM juga membagikan foto isi di dalam buku yang memperlihatkan pesan khusus dari Tablo untuknya yang berbunyi, "Untuk Namjoon (nama asli RM BTS). Aku berharap (buku) ini akan memberikanmu sedikit kekuatan ketika kamu lelah." Tablo juga membubuhkan tanda tangan di bawah pesan manis tersebut.

6. Akan segera diterbitkan dalam Bahasa Indonesia

5 Fakta Blonote, Buku Karya Tablo Epik High Penuh Inspirasicover buku tablo (instagram.com/ariamediamandiri)

Pada akhir September 2021 ini, Penerbit Aria Media Mandiri melalui laman Instagram mereka menginfokan bahwa buku Blonote akan segera terbit dalam versi bahasa Indonesia. Berbeda dengan versi Korea dan Inggris, Blonote versi Indonesia tampil dengan sampul berwarna biru dengan gambar berupa suasana kamar lengkap dan jendela.

Buku Blonote ini kabarnya sudah bisa dinikmati oleh penggemar dan penggiat buku pada bulan Oktober mendatang.

Nah, itu dia fakta-fakta di balik buku Blonote karya Tablo Epik High. Buat kamu yang butuh motivasi dan inspirasi, bisa baca buku karya Tablo ini, ya!

Baca Juga: 5 Anime Tablo Terbaik, Banyak Makna Tanpa Umbar Kata

Rahmalia Nurida Photo Verified Writer Rahmalia Nurida

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya