Comscore Tracker

5 Anime Tablo Terbaik, Banyak Makna Tanpa Umbar Kata

Sebuah kisah indah dalam kesunyian

Silent film atau film bisu merupakan genre film untuk mengkategorikan film yang tidak memiliki dialog di dalamnya. Film bisu memiliki era sendiri antara tahun 1920an sampai 1940an. Film yang tidak memakian dialog cenderung lebih menekankan penggunaan bahasa tubuh dan bahasa isyarat.

Dalam era modern sendiri meski jarang-jarang dipakai, format film tanpa dialog juga masih ada. Malahan merembet ke dunia animasi dimana lebih mudah menganimasikan karakter untuk 'bicara' lewat tingkah mereka. Contoh kartun tanpa dialog terkenal adalah Tom & Jerry, Shaun The Sheep & Oggy and the Cockroaches. Namun bukan hanya kartun amerika, anime Jepang pun ada yang tidak pakai dialog.

Berikut ini adalah rekomendasi 5 anime bebas dialog terbaik yang bakal bikin kamu baper tanpa sepatah katapun. Check it out !

1. The Red Turtle

https://www.youtube.com/embed/Sw7BggqBpTk

Anime ini merupakan hasil kerjasama antara studio dan distributor film Internasional, WIld Bunch dan Studio Ghibli, salah satu studio animasi terbaik Jepang. Dari segi visual film ini bisa dibilang sangat-sangat stunning dan memanjakan mata bahkan untuk standar Studio Ghibli sendiri yang sudah terkenal dengan animasi indahnya.

Menceritakan seorang pria yang terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni, si pria berusaha bertahan hidup sambil membuat rakit bambu untuk berlayar pergi, namun rakitnya selalu dihancurkan oleh seekor kura-kura merah besar. Marah dengan si kura-kura pria itu menyerang si kura-kura ketika menepi di pantai sampai mati, namun malamnya cangkang kura-kura itu terbelah dan muncul wanita dari cangkangnya.

Walaupun tanpa dialog sedikitpun, film ini sangat emosional. Semua emosi dan perasaan karakter tersampaikan lewat bahasa tubuh, eksperesi wajah hingga tingkah laku mereka. Sebuah cerita tentang pria dan wanita yang sama-sama hidup dalam isolasi tanpa pernah saling berucap mungkin terdengar membosankan, tapi nyatanya tidak sama sekali.

2. The Girl From the Other Side: Siuil, a Run OVA

https://www.youtube.com/embed/HPQin-uuI9o

The Girl From the Other Side: Siuil, a Run adalah anime pendek dari Wit Studio yang baru dirilis tahun lalu. Anime ini dadaptasi dari manga berjudul Totsukuni no Shoujo atau Foreign Girl  karya Nagabe. 

Anime ini menceritakan tentang hubungan familial dan mentorship antara seorang gadis cilik bernama Shiva dan seorang Outsider yang gadis itu panggil sebagai sensei. Outsider merupakan manusia yang dikutuk oleh dewa cahaya dan kegelapan untuk menjadi monster yang kemudian diasingkan dari dunia manusia.

Namun kehidupan tenang Shiva dan sensei tidak bertahan lama setelah kaum Insider, tempat Shiva berasal malah memusuhi gadis itu karena hidup bersama Outsider. Anime ini disajakan sangat indah, tidak ada dialog, hanya ada gerak bahasa tubuh didukung dengan visual yang super artistik dan musik khas-khas irish yang benar-benar menyihir penonton.

3. Kimi no Hikari: Asagao to Kase-san

https://www.youtube.com/embed/k94x6pAb_k0

Anime dengan judul internasional Your Light: Kase-san and Morning Glories  ini merupakan anime pendek dari studio Zexcs. Anime bisu ini menceritakan tentang kehidupan masa SMA yeng penuh suka duka dan rumitnya percintaan.

Menceritakan siswi SMA bernama Yamada yang merupakan anggota panitia penghijauan di sekolahnya. Yamada menjalankan programnya yakni menanam bunga Morning Glory disekitaran sekolah. Hal tersebut menarik perhatian Kase, atlit balap lari andalan sekolah mereka. Yamada dan Kase pun menjadi teman akrab, ataukah malah lebih ?

Bunga Morning Glory yang mekar di pagi hari memang memiliki pesan simbolis yang berkaitan dengan cinta dan sebuah hubungan yang berkembang. Merepresentasikan tumbunya hubungan Yamada dan Kase yang seolah berbeda dunia. 

Baca Juga: 5 Anime yang Menceritakan Kehidupan Karakter Penyandang Disabilitas

4. Iblard Jikan

https://www.youtube.com/embed/DOwCn8rZz7A

Iblard Jikan merupakan OVA lainya dari Studio Ghibli. Sengaja disajikan tanpa dialog, penonton akan disuguhkan dengan sebuah eksplorasi dunia yang benar-benar fantastis. Anime ini memuat 8 kisah singkat yang akan membawamu terbawa suasana.

Anime ini mengisakan tentang dunia fantasi bernama Iblard yang sangat indah dan fantasitis. Penonton akan disuguhkan cerita surealis yang mengeksplor dunia bagai surga ini. Iblard sendiri merupakan hasil imajinasi sang sutradara Naohisa Inoue yang lebih dulu dituangkan dalam lukisanya.

Menonton anime ini akan memberimu efek ketenangan dan akan mencuci semua pikiran dan penat dari kepalamu.

5. Monmon The Water Spider

https://www.youtube.com/embed/1mblHOtBIbE

Yang satu ini juga merupakan anime karya Studio Ghibli yang disutradarai langsung oleh sang maestro film animasi legendaris dari Jepang, Hayao Miyazaki. Memang keunggulan Studio Ghibli dalam segi keindahan visual dapat membuat orang tertarik untuk menonton, meski dalam animasinya tidak disajikan dialog sedikitpun.

Anime ini mengisahkan kehidupan seekor laba-laba air bernama Monmon yang jatuh cinta dengan seekor water strider atau biasa kita sebut anggang-anggang, si serangga yang bisa jalan di air. Meskipun sempat takut dengan si laba-laba, akhirnya si water strider yang cantik mulai terperangkap juga dalam jaring cinta si ganteng bermata delapan.

Karena memang dasarnya serangga, tidak ada dialog sedikitpun dalam kisah romansa ini. Penonton dapat memahami setiap jalinan cerita lewat gereak-gerik mereka di sepanjang anime. Siapa sangka romansa antar serangga bisa seromantis ini ?

Sebuah percakapan memang penting untuk memudahkan memahami satu sama lain. Namun, kisah yang indah juga bisa tersampaikan hanya dengan bahasa tubuh dan tingkah laku. Kamu bisa mengambil pelajaran dari anime tanpa dialog di atas yakni berusaha lewat tindakan selalu lebih berarti dibandingkan dengan bicara saja.

Baca Juga: 5 Anime Bergenre Dark Comedy, Selera Humor yang Sadis!

Mito Rudito Photo Verified Writer Mito Rudito

Menulis tentang hobi sambil meminum secangkir kopi perlahan menjadi rutinitas yang menyenangkan. Lebih asik lagi jika ditemani kacang..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya