Comscore Tracker

Hangat hingga Menyegarkan, Yuk Coba 6 Minuman Legendaris Bandung Ini 

Ada yang sudah berjualan sejak 1928 lho! #LokalIDN

Wisata kuliner di Bandung memang tidak habisnya. Kamu dapat menemukan berbagai jenis kuliner di kota ini mulai dari yang tradisional hingga modern, dari yang kekinian hingga yang bisa disebut legendaris.

Bukan hanya dari makanan saja, ada juga beberapa minuman yang sudah terkenal sejak dulu dan bisa disebut legendaris di kota ini Salah satunya bahkan sudah ada sejak 1928.

Berikut 6 minuman legendaris di bandung yang wajib kamu coba.

1. Bajigur Asli Hj. Siti Maemunah 

Hangat hingga Menyegarkan, Yuk Coba 6 Minuman Legendaris Bandung Ini instagram.com/danigehel_owlskitchen

Penjual bajigur ini berjualan di sebuah warung tenda sederhana di Jalan Cisangkuy, dekat Gedung Sate. Hanya berjualan di malam hari, kamu bisa menemukan minuman khas sunda yang bisa menghangatkan tubuhmu bernama bajigur.

Minuman yang satu ini terbuat dari gula aren ditambah dengan santan, sedikit jahe, dan terkadang ditambahkan dengan irisan kolang kaling. Sudah berjualan sejak tahun 1950-an, tempat ini juga terkenal dengan racikan bandreknya serta gorengan nanas dan gehu (tahu isi) yang dibuat di sini. 

2. Wedang Alkateri 

Hangat hingga Menyegarkan, Yuk Coba 6 Minuman Legendaris Bandung Ini instagram.com/rondejahealkateri

Ronde yang satu ini berada di Jalan Alkateri, tidak jauh dari Alun-Alun Kota Bandung dan Pasar Baru. Kuliner ini juga bisa jadi salah satu pilihan untukmu yang menyukai kuliner malam dan sekaligus bisa menghangatkan tubuhmu. 

Sudah berjualan sejak tahun 1980-an, menu di tempat ini kamu bisa memilih ronde besar yang berisi kacang atau kecil. Selain itu, kamu juga memilih kuahnya apakah memakai gula putih atau aren dan jahe atau tidak sama sekali.

3. Susu Murni Ijan 

Hangat hingga Menyegarkan, Yuk Coba 6 Minuman Legendaris Bandung Ini instagram.com/hmaul26

Susu Murni Ijan berlokasi Jalan Pungkur. Alasan kenapa tempat ini dinamai Ijan adalah karena terdapat sebuah gang yang bernama sama di sekitar kedai ini. Populer sejak tahun 1950-an, tempat ini terlihat sangat sederhana dari luar. Namun tempat ini selalu ramai oleh para pelanggan setianya.

Kamu bisa memilih berbagai rasa yang tersedia seperti rasa stroberi, melon, cokelat, green tea, dan taro. Selain susu murni kamu juga bisa menemukan berbagai kue basah dan tradisional yang bisa menemanimu minum susu.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Rumah Makan Sunda di Bandung yang Murah dan Enak

4. BMC

Hangat hingga Menyegarkan, Yuk Coba 6 Minuman Legendaris Bandung Ini instagram.com/megasoniaps

BMC yang merupakan singkatan dari Bandoengsche Melk Centrale  ini sudah berdiri sejak tahun 1928 dan menjadi penghasil susu dengan kualitas terbaik di Hindia Belanda saat itu. Di masa lalu pengolahan susu di tempat ini merupakan salah satu yang paling canggih dan modern pada zamannya serta sudah melakukan pengolahan susu dengan sistem pasteurisasi.

Berlokasi di Jalan Aceh, dekat dengan Balai Kota Bandung, sekarang di tempat yang satu ini kamu masih bisa menemukan susu dan dan berbagai produk turunannya seperti es krim, yoghurt, milkshake, dan lain-lain.  

5. Yoghurt Cisangkuy

Hangat hingga Menyegarkan, Yuk Coba 6 Minuman Legendaris Bandung Ini instagram.com/yoghurt.cisangkuy

Sudah berdiri sejak tahun 1970 an, kafe yang satu ini berlokasi di sekitar Taman Lansia yang berada di samping komplek Gedung Sate. Kamu bisa menemukan dua macam yoghurt yakni yoghurt kental dan juice dengan berbagai pilihan rasa mulai dari stroberi, leci, anggur, cokelat, dan moka.

Kafe yang satu ini sangat nyaman dengan suasana rumah dan pepohonan serta tanaman yang banyak di halamannya.

6. Cendol Elizabeth 

Hangat hingga Menyegarkan, Yuk Coba 6 Minuman Legendaris Bandung Ini instagram.com/cendol_elizabeth

Cendol yang satu ini mungkin tidak asing bagi masyarakat Bandung. Saking terkenalnya cendol yang satu banyak nama cendol yang dinamai sama. Pusat dari cendol ini dapat kamu temukan di Jalan Inhoftank nomor 64. Astanaanyar.

Kamu bisa merasakan kesegaran minuman yang satu ini dengan cendol yang kenyal dan rasa yang manis. Selain dinikmati polos, kamu juga dapat menambahkan irisan alpukat dan nangka yang menambahkan wangi dan rasa yang khas.

Ternyata Bandung bukan hanya menyimpan kuliner makanan yang legendaris saja, ada juga minuman-minuman legendaris juga yang bisa kamu cicipi juga mulai dari yang bisa menghangatkan di kala dingin dan menyegarkan saat hari sedang panas.

Apakah kamu pernah mencobanya?

Baca Juga: Lezat Banget! 10 Makanan Ini Berasal dari Bandung, Sudah Pernah Coba?

Agithyra Nidiapraja Photo Verified Writer Agithyra Nidiapraja

https://www.instagram.com/nidiapraja/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya