Comscore Tracker

6 Makanan dan Minuman Ini Dapat Mengurangi Kecanduan Kafein

Agar hidup lebih sehat

Saat kita ada deadline yang mengharuskan kita untuk bekerja semalaman suntuk, satu-satunya solusi untuk menghilangkan kantuk dan memberi energi lebih adalah dengan meminum kopi. Kopi mengandung kafein yang dapat menghilangkan kantuk. Namun, saat kita bekerja berlebihan dan dapat membuat stres dan selalu ditemani kopi setiap saat, hal ini dapat membuat kecanduan kafein.

Pada saat akan mencoba meminimalisir asupan kafein, sakit kepala akan didapat terus-menerus karena kekurangan kafein. Oleh karena itu, dibawah ini terdapat beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu mengurangi kecanduan pada kafein.

1. Soda tanpa cola

6 Makanan dan Minuman Ini Dapat Mengurangi Kecanduan Kafeindepositphotos.com

Selain kopi, minuman cola biasanya mengandung kafein. Jika kita ingin tetap meminum minuman yang segar, alangkah baiknya beralih pada jus buah. Namun, jika ingin tetap minum soda, minumlah sprite yang merupakan soda yang bebas akan kafein.

2. Teh herbal

6 Makanan dan Minuman Ini Dapat Mengurangi Kecanduan Kafeinmedicalnewstoday.com

Setiap kali kita merasakan keinginan untuk minum kopi untuk menghilangkan kantuk, pilihlah secangkir teh herbal karena selain teh ini banyak sekali khasiatnya, teh ini tidak mempunyai kafein sama sekali. Dengan kita berlalih mengkonsmsi teh herbal, secara tidak langsung akan mengurangi kecanduan akan kafein pada kopi.

3. Oatmeal

6 Makanan dan Minuman Ini Dapat Mengurangi Kecanduan Kafeinnycfoodpolicy.org

Oatmeal dengan semua bahan-bahan sehatnya memang mengandung kafein yang dapat memberi energi untuk memulai hari-hari yang sibuk, namun dalam oatmeal ini hanya mengandung kafein sedikit saja.

Dengan hal ini, kita dapat mengurangi asupan kafein karena dengan oatmeal, kita dapat mendapatkan lebih banyak energi dan sedikit kafein dibandingkan secangkir kopi.

Baca Juga: Ingin Diet Sehat? Ini 5 Makanan yang Harus Kamu Konsumsi Setiap Hari 

4. Cokelat

6 Makanan dan Minuman Ini Dapat Mengurangi Kecanduan Kafeingetyourguide.com

Biji cokelat secara alami memang mengandung kafein dan cokelat ini dapat menjadi pengganti yang baik untuk mengurangi asupan kopi karena kita dapat memakan cokelat setiap kali kita teringat untuk mengonsumsi secangkir kopi.

Namun, perlu diperhatikan lagi karena semakin gelap cokelat, maka semakin tinggi jumlah kafein di dalamnya.

5. Es Krim

6 Makanan dan Minuman Ini Dapat Mengurangi Kecanduan Kafeinwallpapercave.com

Memakan es krim  dengan rasa cokelat atau kopi dapat menjadi pengganti asupan kafein karena cokelat dan kopi yang ada di dalamnya tidak mengandung jumlah kafein yang terlalu banyak.

6. Biji bunga matahari

6 Makanan dan Minuman Ini Dapat Mengurangi Kecanduan Kafeinseedvilleusa.com

Biji bunga matahari adalah alternatif yang sehat karena biji ini mengandung kafein yang sedikit dan juga memiliki pemacu energi alami seperti lisin, ginseng dan juga taurin. Biji ini pada dasarnya juga adalah pembangkit tenaga. Jadi, pastinya memilih biji bunga matahari sebagai alternatif adalah opsi pintar untuk mengurangi asupan kafein.

Itulah makanan dan minuman yang dapat mengurangi kecanduan akan kafein. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga: Mau Tahu Cara Konsumsi Makanan Sehat dan Lebih Hemat? Ikuti Tips Ini

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

Writer from Universitas Padjadjaran, IG: ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya