Comscore Tracker

Menggiurkan, 10 Dessert Khas Selandia Baru yang Meleleh di Mulut

Aneka kue, biskuit, dan es krim yang siap memanjakan lidahmu

Selandia Baru ialah negara yang terkenal dengan panorama alamnya. Taman nasional, pegunungan, gletser, hingga gua penuh cacing bercahaya terdapat di negara ini. Pencinta alam pasti takkan bosan melancong ke Selandia Baru.

Mengeksplorasi keindahan negara ini akan lebih mengasyikkan jika ditemani dessert manis yang lezat. Nanas berlapis cokelat, biskuit cornflakes, es krim sarang madu, hingga kue berisi marshmallow dapat kamu temui di Selandia Baru.

Inilah 10 dessert khas Selandia Baru yang wajib kamu cicipi!

1. Pineapple lumps

Menggiurkan, 10 Dessert Khas Selandia Baru yang Meleleh di MulutPineapple lumps (instagram.com/snackschat)

Pineapple lumps merupakan dessert khas Selandia Baru yang terbuat dari nanas berlapis cokelat. Pertama kali dibuat tahun 1950 oleh perusahaan Regina Confectionery, dessert ini menjadi favorit hingga sekarang.

Marshmallow kerap ditambahkan saat proses pembuatan pineapple lumps untuk menambah kekenyalan camilan ini. Asamnya nanas, manisnya cokelat, dan kenyalnya marshmallow dijamin bikin nagih!

2. Jelly tip

Menggiurkan, 10 Dessert Khas Selandia Baru yang Meleleh di MulutJelly tip (instagram.com/earthlingrubyy)

Sesuai namanya, jelly tip ialah makanan penutup dengan jeli pada bagian atasnya. Jenis dessert yang kerap dipilih ialah es krim, khususnya vanila berlapis cokelat.

Puding dari susu dengan aroma lemon juga dapat menjadi pilihan. Jeli biasanya berwarna merah cerah atau dapat diganti dengan selai buah.

3. Afghan biscuits

Menggiurkan, 10 Dessert Khas Selandia Baru yang Meleleh di MulutAfghan biscuits (instagram.com/_afoodaffair)

Hal menarik dari biskuit ini ialah adanya cornflakes yang memberi rasa asin dan gurih. Biskuit khas Selandia Baru ini berbahan dasar mentega, gula, tepung, cokelat, dan cornflakes.

Afghan biscuits dilapisi dengan cokelat dan kacang kenari atau almond pada bagian atasnya. Manis dan gurih bersatu dalam mulut, nih!

4. Hokey pokey ice cream

Menggiurkan, 10 Dessert Khas Selandia Baru yang Meleleh di MulutHokey pokey ice cream (instagram.com/aricookstheworld)

Es krim dengan rasa vanila atau cokelat sudah biasa, tetapi bagaimana dengan es krim sarang madu? Hokey pokey ice cream ialah es krim khas Selandia Baru dengan gumpalan sarang madu yang renyah.

Rasa es krim ini menjadi favorit warga Selandia Baru, lho! Jika ingin membuatnya sendiri tetapi tak memiliki sarang madu, kamu dapat menggunakan es krim vanila yang dicampur golden syrup. Sirup ini terbuat dari gula dan berkonsistensi seperti madu.

5. Lolly cake

Menggiurkan, 10 Dessert Khas Selandia Baru yang Meleleh di MulutLolly cake (instagram.com/vj_cooks)

Kue penuh warna ini merupakan sajian wajib saat perayaan ulang tahun.

Lolly cake terbuat dari biskuit gandum yang ditumbuk halus, marshmallow aneka warna, susu, dan mentega. Semua bahan dicampur menjadi satu dan dibentuk menjadi log di atas kertas roti. Lalu adonan dilapisi taburan kelapa kering dan didiamkan dalam kulkas.

Rasa manisnya bikin pengin nambah, deh!

Baca Juga: Resep Membuat Pavlova, Dessert Manis dan Lembut dari Selandia Baru

6. Louise cake

Menggiurkan, 10 Dessert Khas Selandia Baru yang Meleleh di MulutLouise cake (instagram.com/sbsfood)

Walaupun khas Selandia Baru, nama dessert ini disebut berasal dari nama Putri Louise, anak Ratu Victoria dari Inggris. Louise cake termasuk salah satu makanan penutup kuno di negara ini.

Remah kue menjadi lapisan dasar dessert ini. Bagian tengah kue ini diolesi selai raspberry atau plum yang ditutup dengan meringue kelapa. Lalu, kue ini dipanggang dalam oven dan cocok disantap bersama secangkir teh.

7. Chocolate fish

Menggiurkan, 10 Dessert Khas Selandia Baru yang Meleleh di MulutChocolate fish (instagram.com/claudaliciousss)

Sesuai namanya, chocolate fish merupakan cokelat berbentuk ikan. Bukan cokelat biasa, bagian dalam dessert ini adalah marshmallow yang kenyal.

Chocolate fish sudah ada sejak 1950-an, lho! Camilan ini menjadi favorit anak-anak karena rasa dan bentuk uniknya.

8. Pavlova

Menggiurkan, 10 Dessert Khas Selandia Baru yang Meleleh di MulutPavlova (instagram.com/jedz.pysznie)

Rasa lembut bak marshmallow berpadu dengan tepi renyah di dessert satu ini. Pavlova ialah makanan penutup khas Selandia Baru dari putih telur yang dipanggang hingga selembut marshmallow. 

Bagian atas kue ini dilapisi whipped cream dan potongan buah segar. Tekstur ringan dan rasa manis serta segar menjadikan dessert ini favorit.

9. ANZAC biscuits

Menggiurkan, 10 Dessert Khas Selandia Baru yang Meleleh di MulutANZAC biscuits (instagram.com/betterbeingsteph)

Bukan sekadar nama, ANZAC merupakan singkatan dari Australian and New Zealand Army Corps. Biskuit ini terkait dengan momen pendaratan tentara Australia dan Selandia Baru di Gallipoli.

ANZAC biscuits disebut dikirimkan pada para prajurit di medan perang. Gandum, kelapa, dan golden syrup dari gula dan madu menjadi bahan utama biskuit ini. Kerenyahannya bikin makan satu saja tidak cukup, nih!

10. Jaffas

Menggiurkan, 10 Dessert Khas Selandia Baru yang Meleleh di MulutJaffas (instagram.com/snackschat)

Jaffas merupakan cokelat berbentuk bola-bola kecil berlapis adonan merah di luarnya. Adonan tersebut memiliki rasa jeruk yang segar.

Sesuai dengan nama dessert ini yang berasal dari jeruk jaffa. Cokelat ini pertama kali diproduksi tahun 1931, lho!

Itulah 10 dessert khas Selandia Baru yang siap memanjakan lidahmu. Rasanya ingin segera mencicipi salah satu dari mereka, ya! Manakah yang paling ingin kamu coba?

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Christchurch-Selandia Baru, Bikin Mata Susah Kedip!

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya