Comscore Tracker

8 Aneka Kudapan Berbahan Dasar Tape Singkong, Rasanya Nikmat Semua

Cocok banget untuk dijadikan teman ngemil di rumah #LokalIDN

Tape singkong adalah salah satu olahan singkong yang difermentasi dengan ragi selama beberapa hari sampai matang. Biasa disantap langsung, tape singkong pun dapat diolah menjadi aneka camilan enak.

Tekstur lembut dan rasa manis yang khas, membuat cita rasa camilan dari tape singkong terasa sangat nikmat di lidah. Berikut beberapa kudapan tradisional berbahan tape singkong yang terkenal nikmat.

1. Bolu tape

8 Aneka Kudapan Berbahan Dasar Tape Singkong, Rasanya Nikmat SemuaBolu tape (instagram.com/christabellenanetta)

Teksturnya yang lembut, siapa sih yang berani menolak kelezatan kue bolu. Selain rasanya enak, kue bolu pun bisa dibuat dengan berbagai bahan. Salah satunya menggunakan tape singkong.

Cara membuatnya sama kok seperti pembuatan kue bolu pada umumnya. Selain itu kamu pun bisa menambahkan aneka topping sesuai selera. Sensasi rasa manis tape singkong yang menyatu dengan lembutnya kue bolu, dijamin benar-benar bikin lumer di mulut.

2. Prol tape

8 Aneka Kudapan Berbahan Dasar Tape Singkong, Rasanya Nikmat SemuaProl tape (instagram.com/genikayu)

Selain kue bolu, tape singkong pun bisa dikreasikan menjadi prol tape. Prol tape merupakan penganan khas Jember yang memiliki cita rasa manis dengan dipadu aroma khas tape singkong nan legit.

Sekilas prol tape mirip dengan cake, tapi teksturnya lebih padat ketimbang cake lain pada umumnya. Rasanya yang manis nan gurih berkat dipadu tambahan topping kismis dan parutan keju di atasnya, cocok banget dinikmati sembari ditemani segelas teh hangat.

3. Colenak

8 Aneka Kudapan Berbahan Dasar Tape Singkong, Rasanya Nikmat SemuaColenak (instagram.com/bandungkunafe)

Colenak merupakan salah satu camilan terbuat dari tape singkong yang dibakar hingga terkaramelisasi bersama tambahan margarin.

Biasanya kudapan khas Bandung ini disajikan dengan taburan kelapa parut dan siraman saus gula merah di atasnya. Kombinasi antara rasa manis nan gurihnya pas banget di lidah!

4. Rondo royal

8 Aneka Kudapan Berbahan Dasar Tape Singkong, Rasanya Nikmat SemuaRondo royal (instagram.com/egabrielapriska)

Rondo royal adalah sejenis tape singkong goreng yang menjadi camilan khas Jepara. Rondo royal dibuat dari tape singkong mentega yang dipotong-potong, lalu potongan tape inilah dicelupkan pada adonan tepung dan digoreng hingga matang kecoklatan. 

Untuk menambah cita rasa, rondo royal biasanya disajikan dengan taburan topping saus coklat, parutan keju, hingga susu kental manis.

Baca Juga: 5 Kudapan Jawa Berbahan Singkong yang Eksistensinya Jarang Diketahui

5. Kue mangkok

8 Aneka Kudapan Berbahan Dasar Tape Singkong, Rasanya Nikmat SemuaKue mangkok (instagram.com/kulinerkotapontianak)

Sekilas kue mangkok mirip bolu kukus ya. Tampilannya yang terlihat mekar dan berwarna-warni, memang sangat memikat lidah. Makanan ini dibuat dari campuran tepung beras, ragi, tepung terigu, gula, dan tape singkong yang sudah dihaluskan.

Selanjutnya adonan kue mangkok di diamkan hingga mengembang, lalu diberi warna sesuai selera dan dimasukkan ke dalam cetakan. Setelah itu dikukus sampai matang dan mekar. Yummy, kue mangkok pun sudah bisa dinikmati.

6. Apem

8 Aneka Kudapan Berbahan Dasar Tape Singkong, Rasanya Nikmat SemuaApem (instagram.com/magdahlena_brian)

Kudapan satu ini memang mirip dengan kue mangkok, namanya apem. Apem bisa kamu temui di pasar tradisional dengan ciri khas warna kecokelatan. Selain itu apem juga punya rasa manis gurih dan tekstur lebih empuk dari kue mangkok. Kamu pun bisa membuat sendiri, caranya ambil tape singkong yang telah dihaluskan.

Siapkan tepung beras, tepung sagu, garam, gula merah, dan pengembang. Lalu bahan-bahan ini dicampur menjadi satu, jangan lupa tambahkan pula santan dan tape singkong. Biarkan adonan hingga mengembang, setelah mengembang lalu tuang adonan ke dalam cetakan. Setelah itu kukus sampai matang. Gimana, mudah kan?

7. Kamir

8 Aneka Kudapan Berbahan Dasar Tape Singkong, Rasanya Nikmat SemuaKamir (instagram.com/primagung)

Berasal dari Pemalang, sekilas camilan ini memang mirip poffertjes, namun sangat berbeda dari segi bahan pembuatannya. Kamir sendiri terbuat dari adonan tepung terigu, tape singkong yang dihaluskan, gula pasir, margarin, telur, dan air hangat.

Lalu bahan tersebut di adonan hingga kalis, setelah kalis masukkan ragi dan uleni kembali hingga kalis. Diamkan adonan hingga mengembang. Setelah mengembang, selanjutnya tuang adonan ke dalam loyang. Setelah itu dipanggang hingga matang.

Meskipun memiliki warna agak gosong kecokelatan, namun cita rasa kamir gak perlu diperdebatkan lagi deh!

8. Gabin tape

8 Aneka Kudapan Berbahan Dasar Tape Singkong, Rasanya Nikmat SemuaGabin tape (instagram.com/christabellenanetta)

Gabin merupakan sejenis biskuit dengan cita rasa gurih tapi cenderung tawar. Nah biar ada cita rasa, kue gabin pun bisa banget dikreasikan dengan diberi isian sesuai selera lho.

Salah satunya dapat diisi dengan isian tape singkong. Memiliki cita rasa manis gurih, camilan jadul ini juga punya tekstur di luar yang renyah dan tekstur lembut di dalam. Cobain jajanan gabin tape ini di rumah yuk, dijamin deh kamu bakal dibuat ketagihan!

Gimana, aneka kudapan tradisional berbahan dasar tape singkong di atas memang terasa nikmat bukan. Kamu sudah pernah cobain belum?

Baca Juga: Camilan Lezat! Resep Bikin Singkong Thailand yang Creamy

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal positif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya