Comscore Tracker

6 Jenis Kue Lapis Khas Nusantara yang Nikmat, Cocok buat Oleh-oleh!

Lezatnya 'ngena' banget di lidah! #IDNTimesFood #LokalIDN

Setuju gak, berkunjung ke suatu daerah kurang berkesan tanpa membawa oleh-oleh? Karena kita tahu Indonesia terkenal memiliki beragam jajanan enak yang sayang kalau tidak dibungkus. Nah, berbicara soal penganan nikmat, daerah-daerah ini punya jenis kue lapis yang menjadi ciri khasnya, lho. 

Tentu saja, deretan kue lapis ini sangat recommended dijadikan sebagai oleh-oleh kala kamu bertandang ke daerah tersebut. Nah, berikut ini ada 6 jenis kue lapis khas Indonesia yang nikmat dan cocok untuk dibawa pulang ke rumah.

1. Lapis talas

6 Jenis Kue Lapis Khas Nusantara yang Nikmat, Cocok buat Oleh-oleh!Lapis talas (lapisbogor.co.id)

Jenis kue lapis yang pertama ini namanya lapis talas. Sebagai penghasil talas terbesar di Jawa Barat, masyarakat Bogor berinisiatif mengkreasikan talas menjadi kue lapis.

Kue lapis talas khas Bogor sendiri memiliki dua lapisan, yakni berwarna ungu dan kuning yang diberi berbagai macam topping seperti keju, selai, sampai cokelat pun ada. Kalau kamu main ke Bogor, jangan lupa membawa kue lapis talas sebagai oleh-oleh, ya!

2. Lapis sagu betawi

6 Jenis Kue Lapis Khas Nusantara yang Nikmat, Cocok buat Oleh-oleh!Lapis sagu betawi (instagram.com/alan_travellingfoodies)

Lapis sagu betawi terbuat dari adonan tepung sagu yang diberi pewarna makanan, lalu dikukus secara berlapis dan bertahap. 

Menawarkan tekstur kenyal dan bercita rasa manis warna-warni, kudapan asli Betawi yang satu ini bisa kamu temui di pasar tradisional maupun toko kue dengan sebutan kue pepe.

Baca Juga: 7 Jajanan Tradisional Khas Betawi yang Manis Gurih, Wajib Dicoba!

3. Balapis manado

6 Jenis Kue Lapis Khas Nusantara yang Nikmat, Cocok buat Oleh-oleh!Balapis manado (instagram.com/manna_snackhouse)

Manado memang lebih dikenal dengan kulinernya yang bercita rasa pedas. Eits, gak melulu pedas kok. Buktinya ada camilan manis yang diberi nama balapis manado.

Kue ini terbuat dari tepung terigu, santan, pasta pandan, gula pasir, dan cokelat. Memiliki tekstur lembut serta warna hijau dan coklat yang berlapis-lapis, cita rasa yang dihasilkan pun identik ada sensasi pandan dan cokelat yang begitu terasa di setiap gigitannya.

4. Lapis legit bandung

6 Jenis Kue Lapis Khas Nusantara yang Nikmat, Cocok buat Oleh-oleh!Lapis legit bandung (instagram.com/foodnotestories)

Kota Bandung juga gak mau kalah dari daerah lain mengenai sajian kue lapisnya nih. Karena di sini, ada lapis legit bandung yang berciri khas lapisan tipis berlapis-lapis.

Teksturnya lembut nan padat, lapis legit cocok dinikmati dengan segelas teh hangat sembari merasakan hawa sejuknya Bandung.

5. Lapis surabaya

6 Jenis Kue Lapis Khas Nusantara yang Nikmat, Cocok buat Oleh-oleh!Lapis surabaya (instagram.com/koh_aming)

Bertandang ke Surabaya jangan hanya mencicipi kelezatan rawon, tapi juga camilan manis bernama kue lapis. Terdiri dari tiga lapisan kuning, coklat, dan kuning yang tebal.

Dipadu sensasi moist dengan lelehan butter cream atau selai stroberi, lapis surabaya sangat cocok disajikan untuk momen formal maupun santai. Jadi makin seru nih!

6. Maksuba

6 Jenis Kue Lapis Khas Nusantara yang Nikmat, Cocok buat Oleh-oleh!Maksuba (instagram.com/bundarayyanew)

Kata siapa, makanan khas Palembang itu cuma pempek. Kue lapis bernama maksuba ini pun jadi salah satu penganan yang wajib kamu coba ketika berada di Palembang, lho. 

Sekilas agak mirip lapis legit, maksuba biasanya dihidangkan sebagai hantaran pernikahan hingga perayaan Lebaran. Rasanya yang manis dikombinasikan tekstur lembut, benar-benar melted di lidah.

Nah, jika kamu ada kesempatan buat berkunjung ke daerah-daerah ini. Jangan lupa, ya untuk mencicipi jenis kue lapis yang menjadi ciri khasnya tersebut. Dijamin deh, kelezatannya gak bikin kecewa!

Baca Juga: 7 Jajanan Jawa Barat dengan Sebutan Berbeda di Daerah Lain

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya