Comscore Tracker

11 Makanan Khas Sukabumi yang Wajib Kamu Coba, Ngeunah Pisan!

Serba-serbi kuliner Sukabumi ini mana yang pernah dicoba?

Tak mau kalah seperti daerah-daerah di Jawa Barat lainnya, Sukabumi juga memiliki makanan khasnya yang amat sayang kalau dilewatkan. Ragam makanan khas Sukabumi ini bisa dibilang mirip-mirip dengan daerah Jawa Barat lainnya, lho.

Meski demikian, dijamin cita rasanya punya ciri khas tersendiri. Yuk, simak artikel mengenai makanan khas Sukabumi berikut ini. Cekidot!

 

1. Bubur ayam

11 Makanan Khas Sukabumi yang Wajib Kamu Coba, Ngeunah Pisan!Bubur ayam (instagram.com/rezaeats)

Bubur ayam menjadi salah satu makanan khas Sukabumi yang wajib kamu coba saat pertama kali menginjakkan kaki di Sukabumi nih.

Banyak dijual lewat pedagang kaki lima maupun restoran, bubur ayam di sini memiliki isian topping cukup melimpah yang dijamin bisa membuat perut hangat dan kenyang seketika. Yuk, cobain!

2. Serabi

11 Makanan Khas Sukabumi yang Wajib Kamu Coba, Ngeunah Pisan!Surabi (instagram.com/jopi.jufiarti)

Sama seperti daerah Bandung, kudapan tradisional yang satu ini pun milik kuliner khas Sukabumi juga lho. Yup, serabi memang jadi salah satu kudapan jadul yang kini kian diminati berkat dikreasikan dengan berbagai isian topping sehingga terlihat lebih kekinian.

Selain itu, banyaknya varian rasa serta dipadu tekstur lembut inilah, jangan lupakan serabi ketika berada di Sukabumi ya. Nanti nyesel lho!

3. Sekoteng

11 Makanan Khas Sukabumi yang Wajib Kamu Coba, Ngeunah Pisan!Sekoteng (instagram.com/sukabumikuliner)

Berwisata kulineran amat sayang kalau tak sempat mencicipi kuliner berupa minuman khas daerah setempat, bukan. Di Sukabumi, ada minuman tradisional bernama sekoteng yang kenikmatannya seketika mampu menghangatkan badan lho.

Semangkuk sekoteng khas Sukabumi ini berisikan isian cukup unik dan melimpah, dijamin rasanya gak hanya lezat tapi juga mengenyangkan.

 

4. Nasi uduk ungu

11 Makanan Khas Sukabumi yang Wajib Kamu Coba, Ngeunah Pisan!Nasi uduk ungu (instagram.com/vindriyanicitra)

Nasi uduk memang jadi salah satu makanan yang banyak dikenali oleh masyarakat Indonesia. Nah, jika umumnya nasi uduk berwarna putih, maka lain halnya dengan yang ada di Sukabumi. Sebab, nasi uduk di sini memiliki warna ungu berkat memadukan warna alami dari buah bit ataupun ubi ungu.

Walaupun demikian, nasi uduk ungu ini tetap disajikan bersama lauk pauk khas seperti nasi uduk pada umumnya. Berani cobain?

5. Roti priangan

11 Makanan Khas Sukabumi yang Wajib Kamu Coba, Ngeunah Pisan!Roti priangan (instagram.com/gurilaps)

Meski bukan kuliner asli Nusantara, namun nyatanya roti tetap jadi salah satu camilan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini, berlaku juga ketika kamu berkunjung ke Sukabumi, karena di sini ada roti priangan yang banyak diminati oleh wisatawan berkat memiliki cita rasa lezat paripurna dengan isian tak kalah nikmat pula.

Jadi, dengan begitu roti, priangan cocok banget deh dijadikan kudapan untuk sekedar mengisi perut ditengah menelusuri wisata kuliner maupun sebagai oleh-oleh.

6. Geco

11 Makanan Khas Sukabumi yang Wajib Kamu Coba, Ngeunah Pisan!Geco (instagram.com/initehwini)

Sekilas, kuliner yang satu ini mirip dengan kupat tahu dengan berisikan taoge, potongan ketupat, irisan kentang, telur rebus, mie aci, cuka lahang, kecap manis, dan tak lupa pula beri sambal cabai rawit sebagai penambah penguat rasa.

Namun bedanya, geco menggunakan tauco sebagai saus topping sehingga geco memiliki perpaduan cita rasa autentik di lidah.

Baca Juga: Resep Kue Surabi Durian Khas Sukabumi, Cita Rasa Autentik

7. Nasi tutug oncom

11 Makanan Khas Sukabumi yang Wajib Kamu Coba, Ngeunah Pisan!Nasi tutug oncom (instagram.com/lilyminarosa)

Menjadi salah satu kuliner khas Jawa Barat, tentu nasi tutug oncom bisa kamu temukan saat berwisata kulineran di daerah Sukabumi. Nasi tutug oncom sendiri berupa nasi putih yang diberi campuran oncom lalu disajikan bersama pelengkap lauk khas Sunda.

Nah, dengan dihidangkan bareng aneka lauk pauk inilah, nasi tutug oncom layak masuk ke dalam daftar wisata kulineranmu di Sukabumi.

8. Mochi

11 Makanan Khas Sukabumi yang Wajib Kamu Coba, Ngeunah Pisan!Mochi (instagram.com/kulinerterus)

Berbicara mengenai makanan khas Sukabumi, tak lengkap kalau melewatkan mochi saat berkunjung ke sini. Mempunyai bentuk bulatan kecil, tentu mochi pun hadir dengan beragam varian rasa yang gak bikin bosan.

Selain itu, teksturnya yang kenyal terasa lumer di mulut, mochi juga bisa banget dijadikan teman ngemil di sana hingga diburu untuk koleksi oleh-oleh dari Sukabumi.

9. Sagon bakar

11 Makanan Khas Sukabumi yang Wajib Kamu Coba, Ngeunah Pisan!Sagon bakar (instagram.com/lewiemochi)

Sagon bakar berbahan dasar campuran adonan aci dan kelapa parut yang tentu saja diproses dengan cara dibakar. Memiliki warna tampilan agak kecokelatan, sagon bakar juga mempunyai cita rasa gurih serta tekstur renyah paling underrated buat peneman minum kopi maupun teh hangat.

Hadir dalam berbagai varian rasa pun membuat sagon bakar kian menarik wisatawan untuk segera dicobain ditempat maupun di bawa pulang ke rumah.

10. Bandros

11 Makanan Khas Sukabumi yang Wajib Kamu Coba, Ngeunah Pisan!Bandros (instagram.com/bayu_althazira)

Mempunyai bentuk dan sekilas mirip kue pancong, bandros jadi kudapan khas Sukabumi yang wajib kamu masukkan ke dalam bucket-list wisata kulineranmu nih.

Apalagi, ditambah kue bandros di sini memiliki berbagai macam varian rasa seperti orginial, keju, cokelat, hingga vanilla. Duh, ngeunah pisan euy!

11. Kue jahe

11 Makanan Khas Sukabumi yang Wajib Kamu Coba, Ngeunah Pisan!Kue jahe (instagram.com/sagala.aya1711)

Untuk makanan khas Sukabumi yang terakhir masih berupa camilan ringan juga, adalah kue jahe. Bentuknya unik kecil sedang serta dipadu sensasi rasa pedas manis, kue jahe cocok diburu dan dikudap dengan udara daerah Sukabumi yang cenderung dingin.

Jangan lupa, menikmati kue jahe paling worth it bareng secangkir kopi maupun teh hangat biar makin top.

Bagaimana, makanan khas Sukabumi di atas sangat menggugah selera bukan? Jadi, ketika berkunjung ke sana jangan lupa buat dicobain ya. Selamat berwisata kuliner!

Baca Juga: 7 Foto Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi yang Eksotis, Pernah ke Sini?

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya