Comscore Tracker

8 Makanan Khas Surabaya yang Bikin Kamu Betah Berkunjung, Enak Sih!

Nikmatnya sampai bikin ketagihan! #LokalIDN

Sudah pernah berkunjung ke Surabaya? Kalau belum, di Surabaya ada hal yang menarik buat kamu jajal, nih. Selain panorama alamnya yang indah, kkamu bisa mencoba kuliner khasnya yang wajib banget dicicipi.

Surabaya memiliki beragam kuliner khasnya yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya beberapa rekomendasi kuliner seperti di bawah ini. Yuk, langsung saja disimak!

1. Rujak cingur

8 Makanan Khas Surabaya yang Bikin Kamu Betah Berkunjung, Enak Sih!instagram.com/surabaya_eatery

Berbeda dengan rujak pada umumnya, rujak cingur khas Surabaya dibuat dari cingur sapi rebus. Ada beragam varian rujak cingur yang bisa kamu coba lho yakni rujak cingur matengan dan mentahan.

Rujak cingur matengan terdiri dari lontong, taoge, kangkung, tahu goreng, tempe goreng, dan cingur. Sedangkan rujak cingur mentahan menggunakan pelengkap buah seperti nanas, mangga muda, bengkoang, dan mentimun. Jadi, kamu pilih yang mana?

2. Sate klopo

8 Makanan Khas Surabaya yang Bikin Kamu Betah Berkunjung, Enak Sih!instagram.com/rayhomecooking

Sate klopo jadi kuliner wajib saat berkunjung ke Surabaya. Sate klopo terbuat dari daging sapi yang sebelum dibakar dicampur dengan kelapa parut yang sudah diolah olahan bumbu. Perpaduan inilah yang menghasilkan aroma dan cita rasa khas yang menambah kelezatan, ditambah bumbu yang meresap ke dalam daging sapi.

Biasanya sate klopo disajikan dengan lontong ataupun nasi. Gurih sekaligus mengenyangkan!

3. Lontong balap

8 Makanan Khas Surabaya yang Bikin Kamu Betah Berkunjung, Enak Sih!instagram.com/kokodiett

Kurang afdal rasanya jika berkunjung ke Surabaya tidak mencicipi lontong balap. Makanan yang satu ini terdiri dari lontong, taoge, tahu, daging sapi, dan lento. Biasa disajikan dengan pelengkap siraman bumbu petis yang nikmat.

4. Tahu tek

8 Makanan Khas Surabaya yang Bikin Kamu Betah Berkunjung, Enak Sih!instagram.com/e_ndro

Sesuai namanya, makanan khas Surabaya ini terbuat dari tahu yang dicampur dengan kocokan telur kemudian digoreng sampai matang. Tahu tek biasa disajikan dengan pelengkap tambahan taoge, kentang, kerupuk, dan tentunya diberi siraman bumbu kacang serta petis khas Surabaya yang gurih.

Baca Juga: 10 Lokasi Bersejarah di Surabaya yang Dikenal Angker, tapi Estetik 

5. Tahu campur

8 Makanan Khas Surabaya yang Bikin Kamu Betah Berkunjung, Enak Sih!instagram.com/the.lucky.belly

Untuk kamu pencinta makanan berkuah, tahu campur bisa jadi pilihan yang pas. Karena tahu campur disajikan dengan kuah kaldu beserta isian di antaranya sayuran, tahu goreng, perkedel, daging, taoge, mie kuning, dan tambahan bumbu petis.

Untuk menambah sensasi menyantap tahu campur, kamu juga bisa menambahkan pelengkap sambal serta kerupuk udang yang renyah gurihnya berpadu.

6. Sego sambel

8 Makanan Khas Surabaya yang Bikin Kamu Betah Berkunjung, Enak Sih!instagram.com/ericekos

Sego sambel atau biasa disebut dengan nasi sambal ini memang punya cita rasa pedas, sehingga kuliner ini diperuntukkan buat kamu pencinta makanan pedas. 

Dalam penyajiannya, sego sambel diberi lauk sambal, tempe, telur dadar, ikan, dan suwiran daging. Nah, buat kamu pencinta makanan pedas, kamu wajib banget menjajal sego sambel khas Surabaya yang pedasnya nampol!

7. Rawon

8 Makanan Khas Surabaya yang Bikin Kamu Betah Berkunjung, Enak Sih!instagram.com/mama_fya

Kuliner khas Surabaya yang selanjutnya bisa dibilang makanan legendaris, terutama untuk rasa dan warnanya yang khas, yaitu rawon.

Rawon memiliki kuah berwarna hitam pekat karena dibuat dari buah kluwak serta perpaduan daging sapi yang gurih dan empuk. Nah, meskipun rawon banyak ditemui di daerah lain, namun rawon khas Surabaya ini memiliki sensasi rasa yang khas dan gak bisa ditiru daerah lain.

8. Soto gubeng

8 Makanan Khas Surabaya yang Bikin Kamu Betah Berkunjung, Enak Sih!instagram.com/elisaiskandar

Soto gubeng sudah ada sejak jaman Hindia Belanda, tepatnya di stasiun Gubeng. Soto yang diambil dari nama sebuah kecamatan di Surabaya ini dibuat dari perpaduan daging dan jeroan sapi.

Biasanya soto gubeng disajikan dengan pelengkap kuah kaldu yang gurih dan nikmat serta tambahan pelengkap lain yang gak kalah menggoyang lidah.

Nah, dari ketujuh kuliner khas Surabaya ini, mana yang akan kamu coba saat berkunjung ke sana?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner Malam Surabaya, Semuanya Enak dan Murah

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Menyukai hal baru

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya