Comscore Tracker

6 Olahan Kreasi Sosis, Sederhana dan Gak Membosankan

Dijadikan lauk atau teman ngemil, sama nikmatnya

Olahan daging yang satu ini hampir semua orang pasti mengenal, termasuk kamu pasti sering mengonsumsinya. Terlebih, sosis memiliki dua jenis yakni mentah dan siap dikonsumsi.

Terlepas apapun itu jenisnya, yang pasti sosis bisa dikreasikan menjadi kreasi menggugah selera. Berikut, sederet kreasi olahan sosis yang bisa kamu terapkan kalau bosan menikmati sosis. Dijamin, bikin terpikat berkat rasanya yang nikmat.

1. Sosis mie gulung

6 Olahan Kreasi Sosis, Sederhana dan Gak Membosankansosis mie gulung (instagram.com/suratiwawu)

Kalau kamu punya stok mi instan, telur, dan sosis; kreasi bernama sosis mi gulung bisa menjadi menu yang bisa kamu terapkan, nih.

Nah, buat kamu yang penasaran cara membuatnya, pertama-tama ialah campurkan telur dan bumbu mi instan lalu kocok rata. Selanjutnya, rebus mi instan sampai matang kemudian masukkan ke dalam kocokan telur dan biarkan beberapa saat hingga meresap.

Jika sudah, jangan lupa panaskan minyak lalu gulung sosis dengan mi, barulah digoreng sambil sesekali dibalik agar bisa matang secara sempurna dengan ciri khas kuning keemasan.

Sosis mi gulung siap kamu nikmati dengan cocolan saus sambal plus nasi putih hangat. Mantap!

2. Sosis saus pedas

6 Olahan Kreasi Sosis, Sederhana dan Gak Membosankansosis saus pedas barbeque (instagram.com/mrs.wijaya)

Dijadikan sebagai teman lauk nasi, sosis memang juaranya, deh. Apalagi, jika dimasak sosis saus pedas barbeque, beuh seketika dijamin bikin nambah nasi.

Siapkan sosis beberapa buah lalu kerat-kerat sesuai selera. Kemudian goreng hingga mekar tapi tak terlalu kering. Setelah diangkat dan ditiriskan, lanjut menumis bawang putih serta cabai rawit sampai harum.

Beri sedikit air, biarkan mendidih. Kemudian tambahkan saus barbeque, kecap manis, garam, gula pasir, dan penyedap jamur, aduk rata. Jangan lupa koreksi rasa.

Jika sudah pas lalu masukkan sosis serta daun bawang, aduk rata. Matikan api. Tambahkan biji wijen dan siap disajikan bersama nasi.

3. Sosis bakso saus asam manis

6 Olahan Kreasi Sosis, Sederhana dan Gak Membosankansosis bakso saus asam manis (instagram.com/yscooking)

Jika tadi ada olahan sosis dengan cita rasa saus pedas, kali ini ada sosis saus asam manis. Meski rasanya sedikit manis tapi tak kalah lezat, kok buat dijadikan sebagai lauk nasi.

Untuk pembuatannya, kamu bisa menambahkan bakso biar makin melimpah, lalu kerat-kerat antara bakso dan sosis. Setelahnya, goreng sampai matang tapi tidak terlalu kering dan tiriskan.

Tumis bawang putih hingga harum, tambahkan saus tomat, kecap inggris, gula pasir, serta garam, aduk rata. Masukkan kacang polong dan sedikit air, masak sampai mendidih. Jangan lupa koreksi rasa. Setelah dirasa sudah pas, tambahkan bawang bombay serta larutan tepung maizena.

Lanjutkan masak hingga meletup, lalu masukkan sosis dan bakso, aduk rata. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Membuat Sosis Cabai Garam untuk Lauk Makan, Enak dan Praktis! 

4. Sosis bakso saus mentega

6 Olahan Kreasi Sosis, Sederhana dan Gak Membosankansosis bakso saus mentega (instagram.com/yscooking)

Masih seputar olahan sosis memakai bumbu saus, berikut ini ada sosis saus mentega yang dipadukan dengan isian bakso. Tampilannya cenderung kering menjadi lauk pelengkap nasi paling mantap, nih.

Sebelum bisa dinikmati, tentu hal pertama yang dilakukan adalah dengan menggoreng sosis dan bakso yang sebelumnya telah dipotong serta dikerat.

Jika sudah digoreng, lanjut menumis bawang putih dengan menggunakan mentega hingga harum. Tambahkan kecap manis, saus tiram, kecap asin, saus inggris, saus tomat, aduk rata. Koreksi rasa, masukkan bakso, sosis, dan bawang bombay, aduk. Masak sampai matang meresap. Siap disantap bareng nasi hangat.

5. Sosis saus teriyaki

6 Olahan Kreasi Sosis, Sederhana dan Gak Membosankansosis saus teriyaki (instagram.com/yscooking)

Kalau sosis dimasak bumbu saus ternyata nikmat juga, ya? Pas buat lauk nasi, lho. Tenang, ada kreasi terakhir sosis dengan penambahan saus bumbu yang bisa kamu tiru. Bahannya simpel kok. Cukup membutuhkan bahan sosis seberapa banyak yang kamu mau. Lalu, jangan lupa kerat-kerat terlebih dahulu sosis kemudian goreng sampai matang.

Selanjutnya, masak semua bahan bumbu seperti saus tiram, kecap asin, gula pasir, merica bubuk, minyak wijen, bawang putih serta jahe yang telah dicincang. Koreksi rasa, masukkan sosis lalu aduk rata.

Sosis saus teriyaki siap dihidangkan bersama nasi.

6. Telur dadar gulung sosis

6 Olahan Kreasi Sosis, Sederhana dan Gak Membosankantelur dadar gulung sosis (instagram.com/mudji_astuti)

Ternyata dengan perpaduan telur dan sosis bisa menjadi sebuah lauk atau camilan yang mantap abis, lho. Bisa juga dijadikan sebagai ide lauk alternatif khususnya buat anak-anak yang susah makan.

Untuk membuatnya, pertama-tama, siapkan telur, sosis, dan bumbu. Di dalam wadah kocok lepas telur yang telah diberi merica, garam, dan kaldu ayam. Jangan lupa juga untuk merebus sosis sebentar, tiriskan.

Panaskan wajan anti lengket menggunakan api kecil, olesi dengan sedikit margarin. Tuang sebagian telur, letakkan sosis di pinggiran wajan lalu diamkan sebentar hingga telur terlihat matang kemudian gulung perlahan dan sisihkan di tepian wajan. Tuang kembali sisa telur, lalu gulung membungkus gulungan tadi kemudian masak sampai matang.

Telur dadar gulung sosis siap disajikan.

Identik dinikmati sebagai camilan atau pelengkap nasi goreng dan mi rebus, ternyata sosis juga tak kalah nikmat kalau dimasak seperti keenam rekomendasi kreasi di atas, ya. Cocok banget buat dijadikan ide lauk nasi, nih.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Kreasi Roti Sosis Sederhana ala Devina Hermawan 

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya