Comscore Tracker

Meski Hitam, 7 Sajian Lezat Berbumbu Kluwak Ini Bikin Lidah Terpana

Sedap kan sajian yang dimasak bumbu kluwak ini? #LokalIDN

Kluwak dikenal sebagai bumbu rempah Nusantara yang memiliki bentuk seperti batu. Saat akan digunakan, kluwak terlebih dahulu dipisahkan dari kulit bagian luarnya yang keras.

Berbentuk kecil kehitaman inilah isi dari kluwak yang akan digunakan sebagai campuran bumbu masakan asli khas Nusantara. Nah, buat kamu yang penasaran apa saja sih masakan lezat berbumbu dasar kluwak, berikut beberapa sajian nikmat dari bumbu rempah kluwak!

1. Rawon

Meski Hitam, 7 Sajian Lezat Berbumbu Kluwak Ini Bikin Lidah TerpanaRawon (instagram.com/jensoee)

Dari sekian banyak masakan menggunakan bumbu rempah kluwak, rawon menjadi salah masakan khas Jawa Timur yang paling familiar. Satu porsi rawon disajikan berisi potongan daging sapi, taoge, kerupuk udang, sambal terasi, dan telur asin.

Meski memiliki warna kuah kehitaman, namun kluwak tidak merusak cita rasa. Justru malah menambah sensasi kenikmatan rawon. Jangan lupa menikmati rawonnya ditemani nasi putih hangat ya!

2. Sop konro

Meski Hitam, 7 Sajian Lezat Berbumbu Kluwak Ini Bikin Lidah TerpanaSop konro (instagram.com/hendrikpyong)

Selain rawon, hidangan asal Sulawesi Selatan ini juga gak kalah populer dan nikmat lho. Sop konro dibuat menggunakan bahan dasar iga sapi yang dimasak dengan aneka bumbu halus seperti kluwak, pala, merica, ketumbar, bawang merah, dan bawang putih hingga meresap.

Menghasilkan cita rasa kuah pedas gurih dengan warna kehitaman, sop konro biasanya dihidangkan bersama buras dan sambal.

3. Brongkos

Meski Hitam, 7 Sajian Lezat Berbumbu Kluwak Ini Bikin Lidah TerpanaBrongkos (instagram.com/dapur_makray)

Brongkos adalah sajian berkuah hitam khas Jogja yang dulunya hanya bisa dinikmati oleh kaum ningrat. Namun, kini brongkos bisa dinikmati oleh siapa saja khususnya buat kamu yang berkunjung ke Jogja.

Seporsi brongkos berisi potongan daging sapi, kacang tolo, tahu, dan telur. Rasanya gurih, makin sedap disantap dengan seporsi nasi putih pulen hangat dan kerupuk. Enak tenan!

Baca Juga: 6 Tempat Makan Brongkos di Jogja, Kuliner Khas yang Rasanya Enak

4. Sambal kluwak

Meski Hitam, 7 Sajian Lezat Berbumbu Kluwak Ini Bikin Lidah TerpanaSambal kluwak (windydj.wordpress.com)

Berwarna kehitaman bukan berarti gosong, melainkan sambal ini dibuat dari kluwak, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan kencur yang digoreng.

Bahan bumbu yang telah digoreng inilah lalu diulek sampai halus bersama garam, gula merah, serta air asam jawa. Voila! Sambal kluwak pun siap disajikan bersama nasi hangat plus aneka gorengan.

5. Pucung gabus

Meski Hitam, 7 Sajian Lezat Berbumbu Kluwak Ini Bikin Lidah TerpanaPucung gabus (instagram.com/lily_tazruni)

Makanan asal Betawi ini terbilang langka, berbahan utama ikan gabus goreng yang dimasak bersama bumbu khusus. Bumbu ini terdiri dari daun salam, serai, kemiri, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kencur, terasi, dan kluwak.

Kuah pucung gabus yang berwarna hitam pekat dipadu tekstur daging ikan yang juicy, nikmat banget disantap bareng hangatnya nasi putih.

6. Pindang tetel

Meski Hitam, 7 Sajian Lezat Berbumbu Kluwak Ini Bikin Lidah TerpanaPindang tetel (instagram.com/pekalonganpost)

Pindang tetel menjadi salah satu kuliner khas Pekalongan yang berbahan daging sapi tetelan. Sekilas mirip rawon, tapi pindang tetel memiliki kuah lebih encer dan warna hitam yang tidak terlalu pekat.

Untuk menikmati kelezatannya, pindang tetel diberi pelengkap kerupuk usek. Duh nikmatnya!

7. Nasi goreng kluwak

Meski Hitam, 7 Sajian Lezat Berbumbu Kluwak Ini Bikin Lidah TerpanaNasi goreng kluwak (instagram.com/myrecipefor)

Sajian berbumbu dasar kluwak yang terakhir adalah nasi goreng. Jika nasi goreng biasa berwarna cokelat dari kecap, kali ini nasi goreng diracik bersama bumbu kluwak dengan warna cokelat agak kehitaman.

Cita rasanya khas berbumbu rempah, nasi goreng kluwak bisa jadi pilihan buat kamu yang menginginkan sensasi nasi goreng lain dari biasanya.

Meski kluwak identik berwarna kehitaman, tapi cita rasa masakan yang dihasilkan dari campuran bumbu rempah ini tidak meninggalkan sensasi pahit kok. Justru ragam sajian ini dikenal dengan rasanya yang sedap. Dijamin, semua orang pasti suka sama aneka sajian ini!

Baca Juga: 5 Serba-serbi Rawon, 'Sup Hitam' dari Jawa Timur yang Menggugah Selera

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya