Comscore Tracker

Yummy, Ini Nih 10 Sajian Lontong dari Daerah Nusantara yang Sedap

Auto bikin keringetan juga, nih! #LokalIDN

Lontong terbuat dari beras putih yang dibungkus daun pisang, lalu dimasak dengan cara direbus. Itulah kenapa lontong identik berwarna sedikit kehijauan dan punya aroma yang khas. Memiliki cita rasa hambar, biasanya lontong dijadikan sebagai pelengkap sajian berkuah atau bumbu kacang.

Dengan dipadu beragam isian inilah, lontong punya sensasi rasa yang bikin ketagihan. Bahkan, di beberapa daerah di Indonesia juga ada beragam jenis olahan sajian lontong lho. Kira-kira, ada apa saja ya? Berikut ini kesepuluh jenis sajian lontong dari berbagai daerah di Nusantara yang terkenal rasanya sedap.

1. Lontong sayur betawi

Yummy, Ini Nih 10 Sajian Lontong dari Daerah Nusantara yang SedapLontong sayur betawi (instagram.com/dapoer_q)

Lontong sayur betawi bisa juga disebut sebagai ketupat sayur. Di dalam sajian ini, kamu akan dimanjakan dengan potongan ketupat/lontong, kuah, dan labu siam.

Gak hanya itu, sajian ini semakin komplit berkat adanya opor ayam, telur rebus, semur tahu, semur kentang, dan kerupuk. Rasanya yang terkenal sedap, masyarakat Betawi biasanya menyajikan lontong sayur saat perayaan Lebaran.

2. Lontong cap go meh

Yummy, Ini Nih 10 Sajian Lontong dari Daerah Nusantara yang SedapLontong cap go meh (instagram.com/foodgallerybdg)

Sekilas, lontong cap go meh agak mirip lontong sayur betawi ya? Lontong cap go meh dipengaruhi oleh budaya Tionghoa dan Nusantara sebagai pengganti yuanxiao, yakni hidangan berupa bola-bola beras.

Lontong cap go meh identik dihidangkan sebagai menu perayaan Imlek oleh masyarakat Tionghoa yang tinggal di Indonesia. Di dalam sajian ini berisi potongan lontong, kuah kuning, koya, telur rebus, sayur labu siam, opor ayam, potongan daging sapi, tahu, kerupuk udang, dan tak lupa sambal yang ciamik.

3. Lontong kupang

Yummy, Ini Nih 10 Sajian Lontong dari Daerah Nusantara yang SedapLontong kupang (instagram.com/dapoersikoko)

Baca Juga: Mengenal Lontong Sayur Medan, Tauco Jadi Pembeda dan Khas

Kamu bisa menemukan lontong kupang saat berada di daerah Sidoarjo, Jawa Timur. Kupang sendiri adalah jenis kerang berwarna coklat yang menjadi bahan dasar dalam pembuatan hidangan ini. Tahap membuatnya ialah kupang dimasak lebih dulu dengan bumbu rempah hingga matang.

Setelah itu disajikan bersama potongan lontong, lento, dan sate kerang. Meski dari segi tampilannya agak terlihat aneh, tapi cita rasa yang dimiliki lontong kupang sangatlah gurih dan nikmat. Jangan lupa ya, setelah menikmati lontong kupang minumnya es kelapa biar makin segar.

4. Lontong sayur padang

Yummy, Ini Nih 10 Sajian Lontong dari Daerah Nusantara yang SedapLontong sayur padang (instagram.com/sambaunirat)

Lontong sayur padang menjadi salah satu sajian yang wajib kamu coba setelah menikmati kuliner khas Minang lainnya nih.

Lontong sayur padang dipadu kuah rempah, gulai nangka, bihun, sayur kacang panjang, telur rebus, sambal lado, dan tak lupa kerupuk pink yang membuat sajian ini semakin ikonik.

5. Lontong tahu blora

Yummy, Ini Nih 10 Sajian Lontong dari Daerah Nusantara yang SedapLontong tahu blora (instagram.com/makandiblora)

Saat berkunjung ke Blora, jangan lewatkan untuk mencoba lontong tahu ya? Karena sajian lontong di sini cukup unik, lho. Yakni satu porsi lontong tahu blora terdiri dari potongan lontong, tahu goreng, telur rebus, dan tak lupa diberi siraman bumbu kacang serta taburan kacang tanah goreng.

Selain memiliki rasanya yang nikmat, lontong tahu blora juga disajikan menggunakan alas daun jati yang menambah kesan tradisional dan kenikmatan tersendiri. Mantul tenan!

6. Lontong mie

Yummy, Ini Nih 10 Sajian Lontong dari Daerah Nusantara yang SedapLontong mie (instagram.com/koh_aming)

Beralih ke daerah Surabaya yuk, sebab di sana juga terdapat sajian lontong yang diberi nama lontong mie. Lontong mie menjadi salah satu kuliner ikonik khas kota tersebut, lho.

Di dalam seporsinya terdiri potongan lontong, tahu goreng, mie kuning, taoge, udang goreng, bawang goreng, lento, kuah petis, dan sambal. Isian berlimpah dipadu cita rasa yang tidak mengecewakan, gak heran hidangan lontong satu ini jadi salah satu menu paling dicari saat berada di Surabaya. 

7. Lontong orari

Yummy, Ini Nih 10 Sajian Lontong dari Daerah Nusantara yang SedapLontong orari (instagram.com/sasmitaedo)

Kata siapa, sajian lontong hanya berasal dari Pulau Jawa dan Sumatera saja. Sebab, di Kalimantan juga ada menu lontong yang tak kalah nikmat lho. Dikenal dengan sebutan lontong orari, menu ini berisikan lontong berbentuk segitiga, kuah kuning, telur rebus, dan ikan haruan masak merah.

Kenikmatannya yang berlapis-lapis, biasanya masyarakat Banjarmasin menyajikan lontong orari sebagai menu harian. Dijamin deh, pasti membuat semangat untuk beraktivitas!

8. Lontong balap

Yummy, Ini Nih 10 Sajian Lontong dari Daerah Nusantara yang SedapLontong balap (instagram.com/arifbarokah)

Selain lontong mie, hidangan lontong asal Surabaya ini juga gak kalah terkenal. Namanya lontong balap.

Di dalam sajian ini berisikan potongan lontong, kuah kaldu gurih, taoge, tahu goreng, lento, bawang goreng, sambal petis, dan sate kerang. Terkenal cita rasanya yang lezat, kamu sudah pernah mencicipi lontong balap belum nih?

9. Lontong tuyuhan

Yummy, Ini Nih 10 Sajian Lontong dari Daerah Nusantara yang SedapLontong tuyuhan (instagram.com/reginakdewi)

Bingung harus mencoba kuliner apa saat berkunjung ke Rembang, Jawa Tengah? Tak perlu dipikirkan, karena di sini kamu bisa mencicipi lontong tuyuhan.

Sajian ini memiliki ciri khas diberi potongan lontong, daging ayam, dan kuah kuning. Sekilas hidangan ini mirip seperti opor, namun cita rasa yang ditawarkan lontong tuyuhan identik terasa lebih gurih dan tekstur kuah yang lebih kental pula.

10. Lontong kari

Yummy, Ini Nih 10 Sajian Lontong dari Daerah Nusantara yang SedapLontong kari (instagram.com/mrkulinerjkt)

Sudah biasa banget menikmati seblak atau baso aci, cobalah cicipi kelezatan lontong kari ketika kamu main-main di Bandung.

Satu mangkuk lontong kari, kamu akan akan dimanjakan dengan kuah santan kuning, potongan lontong, kentang, emping, telur rebus, dan tambahan kacang tanah goreng. Cita rasa kuah yang medok berpadu gurih, terasa sedap banget berkat diberi kucuran sambal rawit.

Beraneka ragam sekali kan sajian lontong dari berbagai daerah Indonesia ini? Meski ada yang diberi isian sederhana hingga melimpah, tapi itulah yang menjadi ciri khasnya masing-masing. Namun, kalau berbicara soal cita rasa sih deretan sajian lontong di atas terasa nikmat semua. Mana nih, yang paling bikin kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 10 Olahan Lontong Khas Indonesia yang Wajib Masuk List Kulineranmu

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya