TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Superfood yang Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Imbangi dengan pola hidup sehat tentunya

Hindustantimes.com

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi di mana tekanan darah pada dinding arteri terlalu tinggi. Lama kelamaan tekanan darah tinggi dapat memicu kerusakan pembuluh darah yang menyebabkan sejumlah masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke, dan masalah lainnya.

Hipertensi kerap disebut sebagai silent killer, karena gangguan kesehatan ini tidak menimbulkan gejala yang berarti, sehingga masalah ini tidak diobati dan menjadi semakin parah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi tekanan darah tinggi adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti menjaga pola makan. 

Berikut daftar beberapa makanan sehat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Minyak zaitun

Unsplash/Roberta Sorge

Minyak zaitun merupakan salah satu contoh lemak sehat yang mengandung polifenol, yang berperan untuk mengatasi peradangan yang dapat membantu mengurangi tekanan darah. Minyak zaitun juga dapat dijadikan alternatif untuk menggantikan beberapa bahan masakan, seperti minyak, margarin, mentega, dan sebagainya.

2. Dark chocolate

unsplash.com/Charisse Kenion

Selain lezat, cokelat juga memiliki manfaat untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Salah satu bahan dasar cokelat, yaitu kakao mengandung flavonoid yang dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah, sehingga aliran darah lebih lancar dan tekanan darah juga menurun. Hal ini tentunya juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Akan tetapi, manfaat ini hanya bisa kamu dapatkan dari dark chocolate yang sebagian besar komposisinya terdiri atas kakao. Semakin tinggi kandungan kakao, semakin tinggi kandungan flavonoidnya.

Baca Juga: 7 Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin K Bagus untuk Tulang

3. Pistachio

https://unsplash.com/Joanna Kosinska

Pistachio mampu menurunkan tekanan darah dengan mengurangi resistensi pembuluh darah perifer, atau pengetatan pembuluh darah, dan detak jantung. Beberapa sumber juga mengatakan bahwa salah satu cara efektif menurunkan tekanan darah adalah dengan diet pistachio. Supaya tidak bosan, kamu bisa mengonsumsi dengan kombinasi bahan lainnya seperti salad, saus, dan sebagainya.

4. Salmon

unsplash.com/Caroline Attwood

Salmon merupakan salah satu sumber protein yang bagus. Salmon juga kaya akan kandungan asam lemak omega-3, yang berguna untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan trigliserida. Selain itu, ikan ini juga merupakan sumber vitamin D yang juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.

5. Bit

unsplash.com/FOODISM360

Bit mengandung oksida nitrat yang dapat membantu membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Hebatnya lagi, nitrat yang terkandung dalam bit ini mampu menurunkan tekanan darah hanya dalam waktu 24 jam. Tapi kamu perlu hati-hati ketika mengonsumsi bit, sebab buah ini mengandung pewarna merah yang sulit dihilangkan jika terkena pakaian.

Baca Juga: 6 Makanan Sederhana yang Nutrisinya Bikin Kamu Awet Muda

Verified Writer

Eka Ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya