TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Waspadai, 5 Makanan Ini Harus Dicuci Sampai Bersih Sebelum Dikonsumsi!

Jangan anggap enteng ya!

Pexels/Alex Favali

Pada umumnya kita sering menyepelekan soal kebersihan makanan sebelum menyantapnya dan seringnya tak peduli soal sanitasi makanan tersebut. Padahal seperti yang kita ketahui, sumber penyakit terbesar ada pada makanan yang kita makan dan bisa saja bakteri atau pestisida yang tertinggal pada makanan ikut masuk ke dalam tubuh juga.

Berikut lima makanan yang harus kamu cuci terlebih dulu sebelum dikonsumsi, jangan sampai meremehkannya ya!

1. Semua buah-buahan umumnya mengandung bakteri patogen oleh karena itu perlu dicuci

Pexels/Trang Doan

Entah buah-buahan tersebut akan dikupas maupun tidak, seyogyanya kita harus tetap membersihkannya sebelum dikonsumsi karena buah-buahan biasanya mengandung bakteri patogen dan pestisida.

Saat kita mengabaikan kebersihan, tentu saja bakteri patogen dan pestisida akan ikut termakan dan menyebabkan sakit perut. Selain itu jangan hanya dicuci dengan air saja karena air takkan menghilangkan bakteri dan sisa pestisida yang menempel pada buah-buahan.

Baca Juga: Kerap Dianggap Tidak Sehat, 5 Makanan Ini Ternyata Baik Untuk Tubuh

2. Jangan melupakan makanan kaleng juga karena luarnya sering dihinggapi bakteri

Pexels/Valeria Boltneva

Entah itu makanan yang berupa kornet sapi, sarden maupun makanan dan minuman kaleng lainnya harus juga kamu cuci sebelum mengkonsumsinya. Mungkin memang benar, isi kaleng tersebut bersih tetapi luarnya kan tetap saja kotor dan mengandung banyak bakteri yang kita tidak ketahui.

Nah oleh karena itu sebelum mengkonsumsinya, usahakan bersihkan kalengnya terlebih dulu setelah itu kalengnya bisa kamu buka untuk dikonsumsi.

3. Seafood

Pexels/Alex Favali

Makanan laut seperti kerang harus juga kamu bersihkan sebelum memakannya karena ada bakteri yang hinggap entah di cangkangnya maupun bagian dalam kerang yang akan dimakan.

Meski hanya bagian dalam yang kamu makan bukan berarti kamu hanya membersihkan bagian dalamnya saja karena bakteri bisa berpindah dari luar ke dalam. Bersihkan kerang dengan air garam sebelum akan dimasak untuk mengurangi kontaminasi bakteri berbahaya.

4. Jamur

Pexels/Engin Akyurt

Meski jamur tampak bersih, nyatanya jamur menyerap banyak kotoran saat tumbuh. Oleh karena itu kamu harus membersihkan jamur sebelum memasaknya untuk mengurangi kontaminasi bakteri dan zat berbahaya. Cukup dengan merendam jamur pada baskom yang berisi air, kamu sudah mengurangi kontaminasi bakteri pada jamur.

Baca Juga: 7 Kemasan Makanan yang Selama Ini Salah Menggunakannya

Verified Writer

Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya