TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Jenis Rempah yang Manfaatnya Dipercaya Bisa Menurunkan Risiko Kanker

Kenali kondisi tubuh kamu sendiri, yuk!

pixabay/PDPics

Kanker atau biasa disebut juga neoplasma ganas adalah penyakit yang mematikan, di mana jaringan tubuh hancur tidak terkendali oleh sel-sel abnormal.

Kanker sendiri terdiri dari berbagai jenis seperti kanker payudara umumnya diderita oleh perempuan, kanker prostat, kanker kelenjar getah bening, dan lainnya. Kanker tentu bukan penyakit ringan dan harus ditanggapi dengan serius.

Namun di samping hal tersebut, beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang kesehatan telah memanfaatkan beberapa jenis makanan sebagai obat penangkal kanker, di antaranya.

1. Kapulaga

pixabay/Regenwolke0

Kapulaga ialah buah-buahan yang tergolong jahe-jahean, umumnya kapulaga dijadikan sebagai rempah. Rasanya yang khas serta wangi membuat aroma makanan menjadi enak. Dalam buah kapulaga terkandung anti-karsinogenik, zat tersebut berperan penting dalam mencegah penyakit kanker.

2. Bawang putih

pixabay/RitaE

Bawang putih atau dalam bahasa Inggris disebut garlic biasanya dijadikan sebagai bumbu dasar masakan, aromanya yang khas menambah cita rasa makanan. Bawang putih telah digunakan sejak zaman Mesir kuno.

Rempah yang mempunyai aroma wangi ini mengandung zat anti-bakteri allicin, dalam berbagai riset telah terbukti bahwa zat tersebut berfungsi dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit salah satunya kanker.

3. Daun serai

instagram/lihatkebunku1

Serai biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, agar masakan menjadi wangi. Tanaman yang termasuk kategori rumput-rumputan ini selain memanfaatkan batangnya sebagai bumbu dapur, daunnya ternyata bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya mengobati penyakit kanker.

Daun serai mengandung senyawa yang dinamakan citral, yaitu salah satu zat anti-kanker yang dapat membantu membunuh sel kanker dalam tubuh. Caranya, rebus daun serai 4-6 lembar dalam gelas dengan air panas.

4. Kunyit

pixabay/stevepb

Kunyit pun mempunyai fungsi yang sama, biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur agar masakan terlihat berwarna kekuningan atau tidak pucat. Di samping warnanya yang bikin cantik warna makanan, kunyit bermanfaat bagi kesehatan salah satunya mengobati penyakit kanker.

Kunyit mengandung zat anti-oksidan yang bernama curcumin, zat tersebut berfungsi sebagai anti-oksidan untuk menghancurkan dan membunuh sel-sel kanker yang berbahaya bagi tubuh. Kunyit pun bisa diolah dengan cara dimakan langsung atau diparut lalu diseduh dengan air.

Baca Juga: 5 Rempah yang Harganya Sangat Mahal, Ada yang Setara Motor!

Verified Writer

Ineu Nursetiawati

Menulis adalah bekerja untuk keabadian بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya