TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kreasi Beef Tofu untuk Lauk Makan Sehari-hari yang Unik dan Enak

Bisa disajikan dengan beragam teknik

ilustrasi berbagai sajian dari beef tofu (unsplash.com/Sanju M Gurung)

Beef alias daging sapi merupakan salah satu lauk makan yang sudah sering kali diolah demi memaksimalkan santapan setiap harinya. Namun ada juga kolaborasi populer antara daging dengan tofu yang biasa disebut beef tofu.

Perpaduan kedua bahan itu bakalan bikin terkesima, karena sama-sama memiliki rasa khas tersendiri. Terlebih jika sudah dipertemukan dalam aneka bumbu bercita rasa tajam, seperti lima inspirasi masakan berikut ini.

1. Beef tofu rice bowl

ilustrasi beef tofu rice bowl (unsplash.com/reyvenshots)

Beef tofu rice bowl dapat dijadikan salah satu ide terbaik dalam menyuguhkan menu makan siang. Proses pembuatannya sangat simpel, tapi hasil akhir dari makanan terasa maksimal dan gak kalah enak dari versi restoran.

Persiapan pembuatan lauk makan bisa dimulai dengan menumis bawang-bawangan. Kemudian tambahkan tofu dan daging, lalu bumbui dengan jahe, saus tiram, kaldu, dan bumbu lainnya. Jika sudah matang, taruh di atas nasi dan nikmati selagi hangat.

Baca Juga: 5 Kreasi Crispy Tofu Buat Ide Masakan Simpel dan Kekinian

2. Mapo beef tofu

ilustrasi mapo beef tofu (pixabay.com/Frank Zhang)

Selanjutnya ada masakan yang cukup populer di dalam tradisi masakan tradisional Asia, nih. Namanya adalah mapo tofu. Hidangan dengan kuah aromatik dan kaya bumbu, serta bisa pula diisi menggunakan tambahan daging sapi.

Bahan-bahan bumbu pendulang masakan ini pun cukup sering dijumpai. Ada jahe, lada, bubuk cabai, bawang putih, saus pedas, daun bawang, minyak wijen, kaldu ayam, serta larutan maizena untuk membuat kuahnya lebih kental.

3. Beef tofu stir fry

ilustrasi beef tofu stir fry (pexels.com/Gunshe Ramchandani)

Lalu ada tumisan antara tofu beserta daging yang bisa kamu jadikan ide untuk lauk makan sehari-hari. Bahan tumisan dapat disesuaikan dengan selera, tapi bisa juga mengadaptasi beberapa bumbu populer di tradisi Chinese food.

Seperti dengan menghadirkan soy sauce, saus hoisin, minyak wijen, bawang-bawangan, jahe, aneka macam perasa, hingga daun bawang untuk dimasak bersama-sama sampai perpaduan bumbu ini meresap sempurna di dalam hidangan.

4. Kimchi tofu soup with beef

ilustrasi kimchi tofu soup with beef (pixabay.com/I. H Cho)

Siapa dari kamu yang gemar dengan salah satu olahan sayur fermentasi asal Korea Selatan atau kimchi? Tidak cuma sukses dijadikan pendamping, makanan dengan sensasi masam dan pedas ini juga cocok dibikin sebagai sup, lho.

Bahkan nggak sendirian, ada macam-macam isian yang turut ditambahkan ke dalam olahan, salah satunya adalah tofu serta daging sapi. Sisanya perlu dilengkapi memakai bawang putih, minyak wijen, gochugaru, hingga kaldu ayam sebagai kuah.

Baca Juga: 5 Kreasi Beef Wellington yang Tak Kalah Menggoda, Awas Ketagihan!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya