Comscore Tracker

5 Kreasi Crispy Tofu Buat Ide Masakan Simpel dan Kekinian

Cocok buat penggemar aneka hidangan renyah dan lembut, deh!

Tofu merupakan salah satu bahan masak populer yang paling sering disajikan dalam aneka masakan khas Asia. Bentuk komponen ini cenderung lebih rapuh dibandingkan tahu, dan sangat lembut ketika disantap.

Meski begitu, tofu juga bisa ditransformasikan sebagai makanan crispy yang bikin bahan ini jadi terasa lebih kekinian. Bahkan gak cuma satu macam, ada lima jenis tofu crispy yang bisa dijadikan ide masakan hari ini. Yuk, cari tahu!

1. Crispy tofu stick

5 Kreasi Crispy Tofu Buat Ide Masakan Simpel dan Kekinianilustrasi crispy tofu stick (pixabay.com/Kavinda F)

Kreasi tofu crispy yang pertama ini berlainan dengan bentuk asli makanan. Sebab masakan dibikin menyerupai stik memanjang, sehingga cocok banget buat teman ngemil atau lauk makan bersama nasi hangat.

Jadi, kamu tinggal pilih tofu dan potong-potong dengan rapi. Siapkan adonan basah dari tepung terigu dan adonan kering dari tepung roti. Balurkan secara bergantian, kemudian masak tofu sampai matang dan garing.

2. Crispy tofu honey glazed

5 Kreasi Crispy Tofu Buat Ide Masakan Simpel dan Kekinianilustrasi crispy tofu honey glaze (pixabay.com/Huahom)

Olahan krispi tofu berikutnya bisa dikombinasikan dengan saus manis yang bikin kamu kepingin nambah makanan ini secara terus-menerus. Terutama kalau disajikan hangat dengan nasi atau hidangan pendamping lainnya.

Demi menciptakan tofu yang renyah, bagian luar makanan bisa dilapisi memakai tepung maizena. Sedangkan saus dibikin dengan campuran madu, saus pedas, cuka, soy sauce, dan bawang-bawangan biar tambah wangi saat dimakan.

Baca Juga: Resep Membuat Kenus Mebase, Olahan Cumi Khas Bali yang Nikmat

3. Tofu nugget

5 Kreasi Crispy Tofu Buat Ide Masakan Simpel dan Kekinianilustrasi tofu nugget (pixabay.com/Julia)

Makanan ini sudah nggak diragukan lagi kekrispiannya, sehingga mampu menarik perhatian khalayak. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Jika dulu membuat nugget hanya pakai daging, maka sekarang kamu bisa menggunakan tofu yang melimpah.

Biar lebih gampang dibikin, kamu tinggal memotong-motong tofu dan celupkan pada adonan rempah dari susu, bubuk bawang, peterseli, mustard, ragi, serta bumbu perasa. Lalu balurkan nugget memakai tepung roti, maka adonan pun siap untuk digoreng.

4. Crispy tofu sweet chili sauce

5 Kreasi Crispy Tofu Buat Ide Masakan Simpel dan Kekinianilustrasi crispy tofu sweet chili sauce (pixabay.com/Jonathan Valencia)

Bila ingin mendapatkan kombinasi terbaik atas tofu krispi dengan saus pedas manis, maka hidangan bernama crispy tofu sweet chili sauce ini patut masuk daftar hidangan yang perlu kamu buat dalam waktu dekat ini.

Sama dengan olahan sebelumnya, tofu dapat dipotong-potong dan dilapisi memakai maizena sebelum digoreng. Kemudian buat sausnya dari perpaduan saus cabai, cuka, gula, garam, serta lada. Tinggal campur, maka hidangan siap dicicipi.

5. Tofu crispy ball

5 Kreasi Crispy Tofu Buat Ide Masakan Simpel dan Kekinianilustrasi crispy tofu ball (unsplash.com/Anton)

Bicara soal makanan krispi, belum lengkap rasanya kalau tidak menyertakan bola-bola goreng. Hidangan tersebut sudah begitu mendunia, dan bisa dikombinasikan dari beragam bahan, salah satunya bukan lain adalah tofu.

Karena hendak dibentuk sebagai bola-bola, maka tofu harus dilumatkan bersama daun bawang, bumbu perasa, dan telur. Kemudian bentuk, balurkan ke dalam tepung pelapis, maka bola-bola tofu krispi ini pun siap dimasak!

Crispy tofu ternyata nggak cuma memiliki satu jenis masakan saja. Melainkan terdapat cukup banyak ide olahan terbaik yang bisa kamu jadikan ide menu sehari-hari, biar tambah variatif dan juga enak!

Baca Juga: 5 Kreasi Hidangan Jepang Menggunakan Tofu, Mudah dan Menggugah Selera 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya