TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Olahan Terrine Cokelat yang Bikin Dessert Berbasis Krim Makin Disuka

Nikmatnya kudapan ini bisa dijadikan camilan sehari-hari

ilustrasi olahan cokelat terrine (taste.com.au/James Moffatt)

Terrine adalah sebutan untuk suatu makanan yang diletakkan dalam kontainer berbentuk persegi panjang. Makanan dari Prancis ini biasanya diolah menggunakan daging-dagingan sebagai bahan utama.

Namun dalam beragam kreativitasnya, terrine pun bisa diolah menjadi makanan manis berbahan baku krim. Ada juga yang dibuat dengan menghadirkan cokelat ke dalam adonan utama.

Bagi kamu yang ingin menikmati dessert manis berbentuk unik tersebut, berikut 5 olahan terrine cokelat yang dapat menambah panjang referensi kudapan penutup yang tak kalah nikmat.

1. Dark chocolate terrine

ilustrasi dark chocolate terrine (foodnetwork.com/Ina Garten)

Terrine berikut ini menjadi salah satu kudapan yang tidak banyak memiliki rasa tambahan. Sebab bahan baku yang digunakan terdiri dari cokelat batang dan cokelat bubuk yang memiliki rasa semi manis

Selain itu, bahan baku yang perlu ditambahkan untuk membuat hidangan ini lebih padat adalah heavy cream, telur, dan sedikit mentega. Bila semua komponen telah dimasak, tambahkan ke dalam kontainer lalu simpan dalam lemari es.

Baca Juga: Bikin Ngiler, 10 Dessert Cokelat Paling Populer dari Berbagai Negara

2. Peanut butter and choco terrine

ilustrasi peanut butter and choco terrine (tasteofhome.com/Taste of Home)

Dalam olahan terrine selanjutnya, rasa yang mendominasi hidangan tidak cuma manis, tapi juga gurih. Rasa gurih itu berasal penggunaan selai kacang, mascarpone, dan bubuk biskuit kacang.

Bahan-bahan tersebut dapat disusun sesuai selera dan ditambah menggunakan lelehan cokelat semi manis. Bila ingin lebih cantik dan tambah manis, kamu pun bisa menyisakan tempat untuk lapisan whipped cream.

3. Chocolate and caramel terrine

ilustrasi chocolate and caramel terrine (taste.com.au/Ian Wallace)

Karamel jadi salah satu bahan penting yang bisa ditambahkan ke dalam salah satu variasi terrine berikut ini. Bersama mascarpone, krim, gula, dan chocolate semi manis, adonan dapat dimasak sebentar hingga menyatu.

Bila sudah tercampur rata, pindahkan adonan ke dalam kontainer dan simpan di dalam lemari es beberapa saat. Ketika penyajian, jangan lupa untuk menambahkan ekstra karamel supaya hidangan semakin manis.

4. White chocolate terrine

ilustrasi white chocolate terrine (tasteofhome.com/Taste of Home)

Khusus dalam hidangan terrine berikut ini, warna yang dikeluarkan adalah putih. Sebab menggunakan white chocolate. Meski demikian, rupa dari kudapan tetap tak kalah cantik dan lezat.

Selain white chocolate, bahan lain yang perlu dipersiapkan untuk membuat makanan ini adalah krim, telur, dan gula. Jangan lupa memasak adonan di atas api kecil sebelum dipindahkan ke dalam cetakan, ya.

Baca Juga: Resep Brigadeiro, Dessert Cokelat Khas Brazil yang Siap Goyang Lidahmu

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya